Pabrik Tutup Tak Pengaruhi Layanan Purna Jual Nissan di Indonesia

02/06/2020

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Pabrik Tutup Tak Pengaruhi Layanan Purna Jual Nissan di Indonesia
Pasca penutupan pabrik Nissan di Indonesia, memunculkan kekhawatiran diantaranya mengenai program purna jual Nissan di Tanah Air, apakah tidak akan terganggu?

Pasca pengumuman mengenai penutupan pabrik Nissan di Indonesia, memunculkan kekhawatiran sejumlah pihak yang diantaranya adalah mengenai program purna jual Nissan di Tanah Air. Maklum saja, Nissan di Indonesia adalah salah satu pabrikan mobil yang besar serta memiliki banyak konsumen maupun penggemar. Tak heran, para konsumen ini mempertanyakan purna jual merek ini kedepannya, akankah terus berlanjut?

Purna Jual Nissan Tidak Akan Terganggu

Gambar menunjukkan Nissan X-Trail T32 sedang di servis di bengkel resmi Nissan

Jangan khawatir layanan after sales Nissan tetap hadir di Indonesia

Untunglah, hal ini kembali ditegaskan oleh pihak PT Nissan Motor Indonesia (NMI) selaku pemegang merek dagang Nissan di Tanah Air.

"Nissan tetap beroperasi di Indonesia, mengembangkan merek dan akan membawa produk-produk baru, (penutupan pabrik) tidak ada impact-nya terhadap layanan purna jual merek Nissan. Layanan dealer baik penjualan dan purna jual tetap sama," tegas Hana Maharani selaku General Manager Communications PT NMI.

>>> Pabrik Nissan-Datsun di Indonesia akhirnya tutup

Foto Nissan Livina VE AT 2019

Nissan Livina tetap rakitan Indonesia

Lebih lanjut, wanita berparas manis ini juga menambahkan, jika sebenarnya konsumen tidak perlu khawatir, karena dari sisi konsumen untuk sales dan aftersales tetap sama. Bahkan jika diperhatikan, mendatangkan mobil secara CBU dari luar negeri bukanlah hal baru bagi Nissan. 

"Sebetulnya dari tahun-tahun lalu, semua model Nissan (kecuali Livina) di Indonesia itu Completely Built Up (CBU) lho," tambah Hana.

Foto Nissan Terra di GIIAS 2018

Terra merupakan produk unggulan Nissan yang diimpor dari Thailand

Ambil contoh Nissan X-Trail dengan kode bodi T32 yang merupakan generasi major facelift dari X-Trail yang sudah ada, itu merupakan produk yang diimpor langsung dari Jepang. Begitu juga dengan Nissan Serena yang sama-sama didatangkan utuh dari negeri matahari terbit tersebut. Berbeda dengan Nissan Terra, SUV bersasis monokok yang jadi rival Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero Sport tersebut didatangkan bulat-bulat dari Thailand.

Siapkan Produk Baru

Gambar menunjukkan, All New Nissan Kicks e-POWER 2020

Nissan Kicks siap masuk Indonesia

Bukti eksistensi Nissan di pasar Tanah Air juga akan dibuktikan melalui peluncuran produk-produk baru yang akan segera mengaspal di Indonesia. Beberapa diantaranya adalah Nissan Kicks dan Nissan Serena dengan powertrain e-POWER. Begitu pula dengan Nissan Leaf yang tim Cintamobil.com sudah tes langsung di Indonesia, juga akan diboyong namun dengan syarat pembelian khusus. Meski begitu Hana masih enggan untuk membocorkan kapan deretan produk tersebut bakal diluncurkan. 

"Tunggu saja ya (tanggal mainnya), hehe," tutup Hana mengakhiri pembicaraan dengan tim Cintamobil.

Share this post:
Penulis
Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, Kini ia menjadi Managing Editor Cintamobil.com
 
back to top