Nissan Stop Produksi di Indonesia, Datsun Tinggal Tunggu Waktu

24/03/2020

Pasar mobil

2 menit

Share this post:
Nissan Stop Produksi di Indonesia, Datsun Tinggal Tunggu Waktu
Nissan secara resmi mengumumkan bahwa tak lagi memproduksi mobilnya di Indonesia termasuk Datsun. Penjualan Datsun hanya tinggal menanti stoknya habis.

Nissan secara resmi mengumumkan bahwa tak lagi memproduksi mobilnya di Indonesia. Dalam data produksi yang dirilis Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), memang pabrik Nissan di Karawang tak lagi memproduksi mobil berlogo Nissan sejak Februari 2019. 

Namun rupanya, penghentian produksi mobil di pabrik Nissan juga turut diikuti dengan penyetopan produksi mobil Datsun. 

>>> Dikabarkan Segera Tutup, Ini Angka Penjualan Datsun Dari Tahun Ke Tahun

"Kita sudah tidak produksi Datsun lagi," ungkap Head of Communication PT Nissan Motor Indonesia, Hana Maharani saat dihubungi Cintamobil.com, Selasa sore (23/3/2020). 

Gambar sebuah mobil Datsun Go+

Go+ yang kini sudah memiliki pilihan transmisi CVT

>>> Perhatikan Bagian Ini Saat Akan Beli Datsun GO Bekas

Tinggal Menghabiskan Stok Datsun

Terakhir diketahui pabrik Nissan memproduksi merek mobil murah Datsun hingga Januari 2020. Tercatat pada Januari 2020 Go+, GO, Go Live masih diproduksi di pabrik Nissan. Meski begitu, mobil-mobil Datsun masih dapat dibeli di dealer-dealer Nissan. 

"Jualan sampai stocknya habis," lanjut Hana. 

Datsun Cross diluncurkan pada awal 2018

 Cross merupakan mobil pertama dari Datsun yang menggunakan transmisi CVT

>>> Harga Datsun Redi Go Diklaim Paling Murah, Tapi Sayang Belum Masuk Indonesia

Penghentian produksi mobil di pabrik Nissan merupakan bagian dari rencana optimasi yang mencakup rightsizing, optimasi produksi, dan reorganisasi operasi bisnisnya di Tanah Air. 

Tapi tak perlu khawatir, walaupun sudah tidak lagi memproduksi mobil di Indonesia Nissan menegaskan masih akan melayani layanan purnajual yang berkaitan dengan servis dan perawatan mobil. 

Nissan Pastikan Tetap Eksis

"Nissan tetap eksis di Indonesia, kita terus menyediakan rangkaian produk (termasuk nantinya meluncurkan produk-produk baru), dan layanan sales & aftersales buat konsumen di Indonesia," jelas Hana lagi. 

Saat ini, Nissan memanfaatkan aliansinya dengan Mitsubishi dalam memproduksi mobil teranyarnya, Livina. Seperti diketahui, Livina merupakan buah aliansi Nissan dan Mitsubishi di Indonesia. Karena itu wajah Livina sangat identik dengan Mitsubishi Xpander. Hanya ada sedikit perbedaan misalnya di bagian eksterior dan juga fitur-fitur di dalamnya. 

>>> Nissan Tak Lagi Produksi Mobilnya di Indonesia

Sedangkan untuk model lain, seperti X-trail dan juga Serena didatangkan oleh Nissan langsung dari Jepang. 

Rumor seputar penghentian produksi di pabrik Nissan sebenarnya sudah berhembus setahun belakangan hingga akhirnya terkonfirmasi baru-baru ini. Penjualan mobil-mobil merek Nissan dan juga Datsun dalam tiga tahun terakhir memang mengalami penurunan bahkan sempat tersalip dengan pendatang baru seperti Wuling. Salat satu hal yang memicu penurunan penjualan Nissan di Indonesia adalah minimnya model baru. 

>>> Berita otomotif terlengkap ada semua di Cintamobil.com

Share this post:
Dina Rayanti
Penulis
Dina Rayanti
Berpengalaman sebagai jurnalis otomotif sejak 2016 di media mainstream ternama di Indonesia, Dina juga pernah menguji beragam jenis mobil dan mengunjungi pameran otomotif dunia. Saat ini Ia dipercaya sebagai Editor redaksi Cintamobil sejak awal 2020

Berita lain

Bengkel Seroja Motor, Spesialis Tangani Datsun Klasik di Jakarta

11/02/2020

Perawatan dan service

5 menit

Bengkel Seroja Motor sejak 1983 telah menangani masalah Datsun klasik. Bengkel di kawasan Jakarta Selatan itu pun sudah memiliki konsumen di seluruh Indonesia

Lihat juga

Mobil Langka Datsun ini Jadi Mobil Jepang Termahal yang Pernah Dijual

22/01/2020

Pasar mobil

2 menit

Bukannya Toyota atau Honda, tetapi Datsun 240Z ini menjadi mobil Jepang termahal yang pernah dijual. Dalam pelelangan, harganya bahkan mencapai Rp11 miliar.

Lihat juga

Review Datsun GO Live 2019: Tampil Lebih Memikat Dan Cerdas Dengan Penambahan Fitur Terkini

30/07/2019

Editor rate:

Hadir dengan tampilan lebih atraktif plus penambahan fitur terkini, membuat Datsun GO Live 2019 dinilai pas bagi calon konsumen yang datang dari kalangan anak muda yang ingin tampil beda dan lebih ekspresif.

Lihat juga

Review Datsun GO+ Panca 2014: Mobil Keluarga Pertama Di Kategori LCGC

14/09/2019

Editor rate:

Ketika kebijakan Low Cost Green Car (LCGC) dicetuskan oleh Pemerintah Indonesia, sontak para perusahaan otomotif juga turut berpartisipasi. Salah satunya yang sempat ramai adalah Datsun GO+ Panca, menjadi mobil Multi Purpose Vehicle (MPV) pertama di segmen LCGC. Tertarik untuk membelinya? Berikut review Datsun GO+ Panca 2014.

Lihat juga

Wow, Wabah Virus Corona di Tiongkok Justru Bisa Tingkatkan Penjualan Mobil?

03/02/2020

Pasar mobil

3 menit

Akibat penyebaran wabah virus Corona yang begitu masif, penjualan mobil di Tiongkok malah justru diprediksi dapat meningkat. Bagaimana bisa?

Lihat juga