Nissan NV400 Jadi Ambulans Listrik Pertama di Jepang

19/05/2020

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Nissan NV400 Jadi Ambulans Listrik Pertama di Jepang
Bekerjasama dengan Departemen Pemadam Kebakaran Kota Tokyo, Nissan menjadikan mobil listrik terbarunya Nissan NV400 sebagai ambulans listrik pertama di Jepang.

Inovasi teknologi terus berkembang di Jepang dalam segala bidang. Tak terkecuali otomotif. Jepang menjadi negara penghasil merek-merek mobil ternama di dunia seperti Toyota, Mazda, Nissan dan yang lain. Dari tahun ke tahun beragam model muncul menyusul dari mobil penumpang, mobil niaga komersial, hingga mobil untuk keperluan utilitas.

Yang terbaru Nissan menyulap mobil listrik terbarunya NV400 menjadi ambulans. Dalam rilisnya, Nissan mengklaim langkah ini adalah yang pertama sebuah mobil listrik digunakan untuk utilitas kesehatan.

Proyek ambulans listrik Nissan NV400 merupakan hasil kerjasama Nissan Motor Co., Ltd, Departemen Pemadam Kebakaran Tokyo dan Pemerintah Metropolitan Tokyo.

"Nissan sangat percaya pada mobilitas yang berkelanjutan dan berusaha untuk berkontribusi pada dunia dengan nol emisi dan nol kematian," tutur Ashwani Gupta, perwakilan pejabat eksekutif dan chief operating officer di Nissan dalam pernyataan resminya, (18/5/2020). “Proyek ini adalah contoh hebat dari upaya kami untuk meningkatkan aksesibilitas kendaraan ramah lingkungan kepada masyarakat setempat.” lanjutnya.

>>> Nissan Care Siap Layani Pelanggan Selama Pandemi Covid-19

Foto menunjukkan Ambulans listrik Nissan NV400

Nissan NV400 jadi ambulans listrik pertama di Jepang

Inisiatif pemerintah

Pengenalan ambulans listrik pertama dalam armada Pemadam Kebakaran Tokyo adalah inisiatif Pemerintah Metropolitan Tokyo sekaligus bagian dari kampanye “Zero Emission Tokyo”. Sebagaimana ambulans yang lain, ambulans Nissan NV400 dilengkapi beragam peralatan medis seperti tandu listrik yang memungkinkan kemudahan pengoperasian bagi para staf.

Kelebihan ambulans listrik Nissan NV400

Ada sejumlah kelebihan sehingga mobil listrik Nissan NV400 dipilih pemerintah sebagai ambulans.

  • Pertama; dibekali powertrain EV, tingkat kebisingan dan getaran dalam kendaraan secara signifikan lebih rendah dibandingkan dengan kendaraan berbahan bakar minyak.
  • Kedua; membantu mengurangi dampak negatif pada pasien serta staf yang menangani peralatan sensitif.
  • Ketiga; Dua paket baterai lithium-ion mendukung kemampuan EV-nya (33 kilowatt-jam) dengan baterai tambahan (8 kWh) memungkinkan penggunaan peralatan listrik dan sistem pendingin udara yang lebih lama. Keempat; Ambulans juga dapat berubah menjadi sumber daya bergerak jika terjadi pemadaman listrik atau bencana alam.
  • Kelima; Berkat sifat EV-nya, Nissan EV Ambulance adalah solusi hemat biaya dari sudut pandang biaya pengisian dan perawatan.
  • Keenam; ramah lingkungan dikarenakan tidak menghasilkan sisa pembakaran atau emisi.

Sebagai informasi, Nissan NV400 bukanlah line up mobil listrik yang dijual Nissan di Jepang, melainkan mobil ini dipasarkan di Eropa.

>>> Cari dan temukan mobil Nissan favoritmu di sini!

Foto menunjukkan Interior ambulans listrik Nissan NV400

Ambulan listrik Nissan NV400 dilengkapi peralatan medis

>>> Jangan lewatkan berbagai berita otomotif terbaru di Cintamobil.com

Share this post:
Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.

Berita lain

Toyota Kijang Innova Ambulance: Pahlawan Virus Corona

18/05/2020

Mobil baru

4 menit

Mobil Toyota Kijang Innova Ambulance ini mengambil basis dari Innova bermesin bensin dengan transmisi manual, mari lebih dekat dengan pahlawan virus Corona ini

Lihat juga

Wuling Motors Serahkan Lima Unit Wuling Confero Ambulans dan Mobil Klinik Untuk Rumah Zakat

12/11/2019

Event - Promosi

2 menit

Wuling serahkan lima unit Wuling Confero ambulans dan mobil klinik kepada Rumah Zakat di dealer Wuling Arista Bintaro, Tangerang Selatan, Selasa (12/11) lalu.

Lihat juga

Beragam Harga Ambulance dari Suzuki APV Baru dan Bekas, Apa Saja Keunggulannya?

04/08/2019

Jual beli

4 menit

Suzuki APV yang memiliki daya tampung yang besar seringkali dijadikan sebagai ambulance maupun mobil angkut jenazah. Dengan modifikasi dari rekanan karoseri lengkap dengan perlengkapan medis di dalam mobil, harga ambulance bergantung dengan tipe mobil yang digunakan.

Lihat juga
 
back to top