Sejarah & Modifikasi Ban Truk yang Inovatif

01/04/2021

Pasar mobil

2 menit

Share this post:
Saat ini, ada tren modifikasi ban truk yang unik dan inovatif untuk membuat tampilan mobil jenis truk menjadi berbeda dan lain dari yang lain.

Kreasi manusia memang tidak akan ada habisnya, termasuk dalam dunia otomotif. Berbagai jenis kendaraan termasuk truk, dapat dimodifikasi dengan kreatif oleh para penggemar otomotif. Modifikasi truk cenderung mengarah kepada modifikasi ban dengan ukuran super besar atau yang biasa kita kenal dengan monster truck. Adalah sebuah modifikasi ban truk dengan suspensy heavy-duty, 4 wheel drive, dengan menggunakan ban yang sangat besar yang biasanya digunakan untuk balapan ataupun kebutuhan hiburan.

Modifikasi Truk dari Zaman ke Zaman

Awalnya monster truck sendiri merupakan modifikasi ban truk yang  terinspirasi dari truk pick up dan SUV. Kemudian berubah menjadi truk custom dengan rangka sasis tabung dengan bodi jenis fiberglass.

Pada era tahun ’70, Budaya modifikasi ban pada truk dengan ukuran ban besar mulai populer di Amerika Serikat. Sejumlah pemilik mulai modifikasi ban pada truk mereka dengan ukuran ban truk besar untuk bersaing dalam pentas gelaran otomotif, yang akhirnya mengarah pada satu tujuan. Yaitu meraih gelar “The Biggest Truck”.

Terciptanya panggilan “Monster Truck” mulai populer di awal tahun 1980. Ajang modifikasi ban pada truk kian ramai di Amerika Serikat, ajang otomotif yang biasanya menggelar balap Motocross, balap traktor ataupun mud bogging kini berubah menjadi ajang pamer modifikasi ban truk ukuran jumbo. Bob George yang merupakan salah satu pemilik promosi Motosport Truck-a-Rama atau kini yang dikenal dengan Hot Rod Association merupakan penggagas dari kata “Monster Truck” ini.

Ajang pamer modifikasi ban pada truk ukuran jumbo berkembang menjadi ajang balap Monster Truck. Dimulai dengan Bob Chandler yang melindas tumpukan mobil rongsok secara massal dengan “Bigfoot” miliknya  hingga menjadi sebuah ajang balapan Monster Truck. Di tahun 1982, diikuti dengan berbagai peserta baru. Tahun 1988 TNT Motorsport secara resmi menayangkan kompetisi balap Monster Truck untuk skala tv nasional. Kompetisi balap Monster Truck ini sendiri terus berkembang mulai dari tahun 1991-2000 bahkan hingga sekarang.

>>> Toyota Gandeng Isuzu Kembangkan Truk Listrik dan Otonom

Dimulainya Sebuah Tren Modifikasi Baru?

Jika tren modifikasi ban truk dimulai dengan ukuran yang besar pada akhir 1970-an, maka kali ini sebaliknya, modifikasi ban pada truk dengan ukuran ban yang kecil.

1. Truk Tinggi dengan Ban Kecil 

truk tinggi dengan ban kecil

Gambar truk tinggi yang memiliki ban kecil 

Apabila truk monster telah menyediakan tangga untuk naik, maka pemilik mobil ini pasti selalu membawa tangga portable setiap kali membawa mobil ini, bagaimana tidak? Truk ini dimodifikasi menjadi truk ban kecil namun dengan kerangka sasis yang tinggi tanpa adanya tangga untuk memasuki truk tersebut.

2. Truk dengan Ban Kereta Kuda

truk dengan ban kereta kuda

Truk yang memiliki ban kereta kuda

Malioboro terkenal dengan kereta kudanya yang ada dimana saja, namun ban ini tidak ditenagai dengan kuda melainkan dengan mesin truk, diharapkan ban-ban tersebut mampu menopang berat dari truk ini.

3. Bodi Besar, Ban Minimalis

body besar dengan ban minimalis

Truk yang memiliki body besar, tapi bannya kecil

Siapa yang tak ingin memiliki mobil mewah? Tentu memiliki mobil mewah akan terlihat sangat elegan. Namun,. Pemilik dari mobil ini mengubah tampilan mobil Yukon Denali yang ia miliki menjadi lain dari yang lain dengan ban kecil sehingga kemewahannya berganti menjadi keunikan.

4. Truk Monster dengan Ban Duri

truk besar ban duri

Truk besar dengan ban duri

Apabila kendaraan dengan konsep extreme cross akan dipasangkan rantai pada bannya untuk bisa menaklukan medan berlumpur dan tanah, maka modifikasi ban truk ini bertujuan untuk membajak sawah. Konsep modifikasi menggunakan ban berduri ini dirasa mampu untuk membajak sawah dengan baik, tentunya sang pemilik harus berhati-hati saat menggunakan truk ini.

>>> 3 Pengemudi Truk Wanita Berbagi Cerita di Fuso Festival

Menyukai dunia menulis di bangku SMP hingga serius menggeluti dunia SEO sejak tahun 2011. Penggemar berat FC Barcelona, konser musik, dan eksplorasi alam, kini menulis SEO di Cintamobil.com sejak Maret 2021.
 
back to top