20 Mobil Terlaris 2021 di Indonesia, Avanza dan Rush Di Puncak

13/01/2022

Pasar mobil

4 menit

Share this post:
Daftar mobil terlaris di Indonesia pada tahun 2021 kembali didominasi oleh Toyota Avanza. Toyota Avanza menduduki posisi teratas mobil paling laku di Indonesia.

Kehadiran ragam model baru sepanjang tahun 2021 tak banyak membuat perubahan dalam daftar mobil terlaris di Indonesia. Posisi mobil terlaris 2021 pun masih dipegang oleh Toyota Avanza. Avanza masih betah duduk di posisi teratas mobil paling laris se-Indonesia sepanjang tahun 2021. 

>>> Kenapa Banyak Orang Indonesia Kepincut Toyota Avanza Dkk?

Toyota Avanza Jadi Mobil Terlaris 2021 di Indonesia

Toyota Avanza
Wajah baru Avanza beri kontribusi terhadap penjualan sebagai mobil terlaris 2021

Mengutip data distribusi Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) tahun 2021, sepanjang tahun 2021 ada 56.349 unit Avanza terdistribusi ke seluruh dealer Toyota di Tanah Air. Perlu digarisbawahi, perhitungan Avanza sebagai mobil terlaris ini termasuk model Veloz saat masih tergabung dalam keluarga mobil sejuta umat itu. 

Sekadar pengingat, sejak November 2021 Veloz sudah tak lagi menjadi varian dari keluarga Avanza. Peluncuran model baru Avanza pada bulan kesebelas itu juga sekaligus menjadi penanda bahwa Veloz kini berdiri sendiri. 

Namun demikian, Toyota Veloz masih mengisi segmen Low MPV berkapasitas tujuh penumpang yang menawarkan tampilan lebih mewah satu kelas di atas Avanza. Untuk mesinnya, bila Avanza masih menawarkan pilihan 1.3L dan 1.5L sedangkan seluruh varian Toyota Veloz hanya ada mesin 1.5L. 

Toyota Veloz
Toyota Veloz kini tak lagi bawa embel-embel nama Avanza

Pun demikian produksinya juga ikut berpisah. Toyota Avanza masih diproduksi bersama dengan kembarannya sejak lahir yakni Daihatsu Xenia di pabrik PT Astra Daihatsu Motor. Sementara Toyota Veloz kini menghuni lini produksi pabrik PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia. 

Dengan begitu, penjualan Toyota Avanza dan Veloz kini juga tak lagi dihitung sebagai satu model yang sama. Veloz meski belum masuk jajaran mobil terlaris di Indonesia tahun 2021, dalam dua bulan penjualannya sudah mencapai 9.760 unit. Meski demikian, itu tak lantas mengurangi minat masyarakat Indonesia akan Avanza. Avanza terbukti masih diminati pun demikian dengan Veloz. 

Gambar menunjukkan tampilan depan All New Toyota Rush G 2019 warna silver
Rush cukup konsisten dari segi penjualan

Beralih ke Toyota Rush yang pada tahun 2021 membukukan penjualan sebanyak 52.553 unit. Walaupun tak berada di posisi puncak nyatanya Rush masih cukup konsisten untuk mengisi daftar mobil terlaris di Indonesia dari tahun ke tahunnya. 

Mungkin pernyataan yang menyebut bahwa kondisi pasar otomotif Indonesia sudah mulai pulih perlahan-lahan ada benarnya. Hal itu tercermin dari penjualan mobil niaga yang sekaligus menjadi mobil terlaris ketiga di Tanah Air pada tahun 2021. Pada tahun 2021, Suzuki Carry Pick-up terdistribusi sebanyak 52.012 unit. 

Gambar mobil All New Honda Brio RS reli berwarna kuning
Produksi Brio sempat terganjal chip semikonduktor

Berlanjut ke tempat keempat, diisi oleh Toyota Kijang Innova. Distribusi Kijang Innova pada tahun 2021 sebanyak 49.745 unit. Meski banyak gempuran di segmen MPV, Innova masih punya tempat tersendiri di hati masyarakat Indonesia. 

Di posisi kelima mobil terlaris 2021 ada Honda Brio (RS dan Satya) yang distribusinya mencapai 44.995 unit. Bagi Brio, bisa jadi ini menjadi prestasi tersendiri. Pasalnya pada tahun 2021, Brio merupakan salah satu model Honda yang mengalami gangguan akibat krisis chip semikonduktor. Dengan begitu, distribusi dan penjualannya ikut terhambat. Konsumen yang menginginkan Brio pun harus rela menunggu hingga dua bulan hingga mobil sampai ke garasi rumah. Kini kondisi tersebut perlahan sudah mulai pulih dan distribusi Brio juga kembali normal. 

Selain model yang mengisi posisi lima teratas, berikut 20 daftar mobil terlaris 2021 di Indonesia. 

 Model   Total Penjualan Wholesales 
Toyota Avanza 56.349 unit
Toyota Rush 52.553 unit
Suzuki Carry Pick-up 52.012 unit
Toyota Kijang Innova 49.745 unit
Honda Brio (RS dan Satya) 44.995 unit
Daihatsu Gran Max Pick-up 41.367 unit
Daihatsu Sigra 40.283 unit
Toyota Calya 35.375 unit
Mitsubishi Xpander 30.283 unit
Mitsubishi L-300 Pick-up 25.010 unit
Mitsubishi Xpander Cross 24.341 unit
Toyota Fortuner 23.430 unit
Toyota Raize 22.923 unit
Daihatsu Ayla 21.384 unit
Daihatsu Terios 18.996 unit
Mitsubishi Pajero Sport 16.996 unit
Toyota Agya 16.992 unit
Suzuki XL7 16.090 unit
Honda HR-V 15.721 unit
Daihatsu Xenia 15.555 unit

>>> Review Toyota All New Avanza 2022: Kado Terindah Untuk Konsumen Indonesia

Mobil Terlaris di Dunia

Kalau di Indonesia Avanza boleh jadi yang mobil terlaris 2021 dan beberapa tahun sebelumnya. Tapi bagaimana dengan di dunia? Ya selera masyarakat Indonesia dan di sejumlah negara tentu berbeda. Namun kalau melihat daftar dari tahun ke tahun, nama Avanza justru tak pernah masuk daftar mobil terlaris di dunia. 

Sebagai gambaran pada kuartal 1 tahun 2021, Toyota Corolla menjadi pemuncak mobil terlaris di dunia. Kemudian setelahnya diisi oleh Toyota RAV4. Menyusul tempat ketiga terdapat Ford F Series. Sisanya masih didominasi mobil-mobil jenis sedan sampai SUV dan beberapa juga ada yang dijual di Indonesia seperti Honda CR-V, Toyota Yaris, Toyota Camry, hingga Honda Civic.  

Sementara di Indonesia mobil-mobil jenis MPV masih tetap diminati. Dari 20 daftar mobil terlaris di Indonesia enam model diantaranya berjenis MPV baik itu di segmen LCGC maupun medium. Dalam catatan Gaikindo, mobil MPV punya porsi hingga 51% dari total penjualan sejak 2018 hingga November 2021. Artinya setengah dari penjualan mobil di Indonesia modelnya adalah MPV. 

Mitsubishi Xpander
Bodi Xpander kokoh layaknya SUV membuatnya menjadi salah satu mobil terlaris 2021

Kemudian untuk SUV ada delapan model. Model SUV juga belakangan tengah naik daun di Indonesia. Tak heran kalau sekarang model yang terlaris juga banyak berasal dari SUV. Di sisi lain, jajaran model MPV juga punya tampilan layaknya SUV. Contohnya saja Avanza dan Veloz terbaru yang kompak punya tampang eksterior menyerupai SUV.

Sebelum Avanza dan Veloz, Mitsubishi Xpander sudah lebih dulu menyajikan sekaligus menawarkan MPV bercitarasa SUV. Patut dinanti keberlangsungan 'nafas' MPV di Tanah Air. Apakah bakal tergantikan dengan SUV yang tengah digandrungi masyarakat? Atau MPV sanggup mempertahankan posisinya menjadi yang terfavorit untuk menemani keluarga di Indonesia?

Yang jelas, untuk bisa menarik hati masyarakat di Tanah Air tak hanya model berpengaruh melainkan konsumsi BBM juga jadi pertimbangan. Belum lagi biaya perawatan juga turut masuk dalam perhitungan. 

>>> Tertarik Membeli Mobil Terlaris 2021 di Indonesia? Cek Harga Avanza Terbaru di Sini

Pertanyaan Sering Diajukan

Apa mobil terlaris di Indonesia pada tahun 2021?
Toyota Avanza menjadi mobil terlaris di Indonesia dengan penjualan sebesar 56.349 unit dan diikuti oleh Toyota Rush dengan penjualan 52.553 unit sepanjang 2021.
Berapa harga All New Avanza terbaru di Indonesia?
All New Avanza 2022 dibanderol dengan harga mulai dari Rp 228 jutaan untuk tipe terendah.
Apakah All New Avanza sama dengan All New Veloz?
Jika sebelumnya ditempatkan dalam satu model, All New Veloz saat ini merupakan model tersendiri yang terpisah dari All New Avanza.

Menjadi jurnalis otomotif di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2016 dan telah memiliki ragam pengalaman menguji mobil hingga mengunjungi pameran otomotif tingkat dunia. Bergabung sebagai Editor di Cintamobil sejak tahun 2020.

Lulusan Universitas Trisakti ini mengawali karir sebagai jurnalis di kanal ekonomi di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2015. Kemudian pada tahun 2016, dipercaya untuk mengisi kanal otomotif. Sebagai jurnalis di bidang otomotif, tentu dituntut untuk mengetahui ragam informasi yang berkaitan dengan mobil, motor, hingga lalu lintas kendaraan. Pun demikian dengan aturan lalu lintas yang berlaku saat ini. 

Tidak cuma memiliki pengetahuan soal industri otomotif Tanah Air, bekerja di media mainstream artinya dituntut juga untuk menyajikan berita secara cepat dan akurat. 

Dengan kemampuan yang dimiliki, sejak saat itu pula mulai dipercaya untuk mengetes ragam mobil baru di Indonesia maupun luar negeri. Adapun ragam mobil yang pernah dicoba antara lain di kelas LCGC, Low MPV, SUV, mobil listrik murni hingga Supercar sekelas Ferrari.

Tak cuma itu, aneka pameran otomotif berskala nasional dan internasional di berbagai negara juga telah dihadirinya. Pada tahun 2020, memutuskan untuk bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Editor.

Experience

  • Tokyo Auto Salon 2019
  • Geneva International Motor Show 2017
  • GIIAS 2016, 2017, 2018, 2019
  • IIMS 2017, 2018, 2019
  • IMOS 2016, 2018
 
back to top