Mobil Listrik Toyota Pecahkan Rekor Jarak Terjauh Tanpa Refuel

25/10/2021

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Toyota Mirai berhasil memecahkan rekor dunia di Guiness World Records sebagai mobil listrik dengan jarak tempuh terjauh dalam satu kali pengisian hidrogen.

Meski PT Toyota Astra Motor (TAM) tak kunjung memperkenalkan mobil listrik murni di Indonesia. Secara global, pabrikan asal Jepang ini terus mendorong teknologi dan efisiensi mobil listrik mereka sampai ke batasnya.

Baru-baru ini, Toyota Mirai (yang tentu saja belum dipasarkan di Indonesia) memecahkan rekor dunia di Guiness World Records sebagai mobil listrik hidrogen dengan jarak tempuh terjauh.

Menempuh Jarak 1.359,9 Kilometer

Mirai tersebut dikendarai oleh Wayne Gerdes dan Bob Winger sebagai co-pilot. Nama keduanya memang tak asing dalam hal eco-driving. Mereka adalah pemilik rekor dunia konsumsi bahan bakar paling irit menggunakan mobil non-hybrid.

>>> Toyota Mirai 2021 Launching Di Jepang, Generasi Kedua Mobil FCEV

Gambar Wayne Gerdes dan Bob Winger

Pasangan Wayne Gerdes dan Bob Winger dikenal sebagai salah satu eco-driver terbaik

Mereka memecahkan rekor tersebut menggunakan VW Passat TDI dengan mencatatkan rata-rata 33,97 kilometer per liter dalam jarak 13.071 kilometer. Jujur saja kami mindblown melihat angka tersebut mengingat Toyota Corolla Cross Hybrid di Indonesia saja belum mampu mencatat 30 kilometer per liter dalam berbagai pengetesan.

Oke, kembali ke rekor terbaru Wayne dan Bob bersama Toyota Mirai, mereka berhasil menempuh jarak 1359,9 kilometer dalam sekali pengisian hidrogen. Sebagai referensi, jarak Jakarta - Bali saja hanya sekitar 1100 kilometer. Mobil listrik tersebut tak mengisi ulang hidrogen sepanjang perjalanan.

Gambar Rekor Toyota Mirai

Rekor Toyota Mirai ini dinyatakan sah!

Apabila Anda mengira bahwa mereka hanya melewati jalur tol sepanjang perjalanan, Anda salah besar. Pasangan ini melewati lalu lintas rush hour di sekitar San Diego, California. Mereka juga berkendara keluar-masuk Pacific Coast Highway untuk membuat pemecahan rekor ini senyata mungkin.

>>> Ford Mustang Mach-E Pecahkan Rekor Mobil Listrik Paling Efisien

Apakah Hidrogen Lebih Baik Ketimbang Baterai?

Selama dua hari melakukan perjalanan dengan Toyota Mirai tersebut, mereka hanya menghabiskan 5,65 kilogram hidrogen. Tentu hasil ini menjadi sesuatu yang positif bagi perkembangan mobil listrik di masa depan.

Gambar Hidrogen

Berbeda dengan baterai yang perlu diisi dayanya, hidrogen hanya butuh diisi seperti mobil bensin

Selama ini, mobil listrik masih mengalami kendala perkara jarak tempuh yang rendah dan pengisian daya yang terlalu lama. Tetapi, penggunaan fuel cell hidrogen membuktikan bahwa mobil-mobil tersebut punya potensi jangkauan yang tinggi. Apalagi hidrogen merupakan energi yang lebih bersih ketimbang baterai dan lebih praktis untuk diisi kembali.

Apakah ini menjadi pembuktian bahwa sesungguhnya masa depan elektrifikasi justru terletak pada hidrogen? Well, kita tunggu saja perkembangannya. Yang pasti, transisi ini semakin dekat dan nyata.

>>> Simak Harga dan Promo Mobil Toyota Baru di Sini

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com.

Taufan merupakan lulusan Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya. Lulus di tahun 2017, ia langsung mengejar passion dan ketertarikannya sebagai seorang jurnalis otomotif.

Tak butuh waktu lama, Taufan diterima bekerja di GridOto.com. GridOto.com merupakan kanal berita yang mengulas berbagai hal yang berkaitan dengan otomotif, dari mulai review dan test, berita dalam dan luar negeri, serta tips & trick sebagai panduan bagi para pengguna kendaraan bermotor.

Selama dua tahun bekerja di GridOto.com, Taufan diplot untuk menjadi jurnalis yang serba bisa. Dari mulai mengisi artikel news, tips & trick, test drive & review, menjadi host untuk kanal YouTube GridOto.com, hingga menjadi editor pengganti.

Mengunjungi berbagai pameran otomotif nasional dan internasional, menemui narasumber ATPM, dealer mobil bekas, hingga ke bengkel-bengkel spesialis sudah pernah ia jabani. Taufan pun kerap dipercaya menghadiri ajang media test drive untuk mencoba mobil-mobil baru. Dari LCGC seperti Datsun Go, hingga ke Supercar seperti McLaren 720S.

Di sela-sela pekerjaannya, Taufan adalah petrolhead tulen yang gemar mengoleksi mobil (baik dalam bentuk die cast atau mobil asli) dan mengikuti dunia motorsport roda empat. Hobi membacanya juga membuat Taufan memiliki pengetahuan yang cukup dalam terhadap sejarah dan perkembangan mobil di dunia.

Setelah dua tahun berkarya di GridOto.com, Taufan pun memutuskan untuk rehat di tahun 2019. Selama vakum menjadi jurnalis, ia sempat membuka bisnis detailing dan cuci mobil bersama dengan sahabatnya. Selama berbisnis, ia pun memperdalam pengetahuannya terhadap perawatan mobil.

Di tahun 2021, ia memutuskan untuk kembali ke industri yang ia cintai dengan bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer. Anda akan banyak menemukan tulisan Taufan mengenai berita otomotif dalam dan luar negeri, tips & trick, ulasan teknis mengenai mobil, serta hal-hal yang berkaitan dengan dunia motorsport di website ini.

 
back to top