Ford Mustang Mach-E Pecahkan Rekor Mobil Listrik Paling Efisien

15/07/2021

Pasar mobil

3 menit

Ford Mustang Mach-E memecahkan Rekor Dunia Guinness untuk efisiensi mobil listrik. Mobil ini menempuh rata-rata 10,5 kilometer per kWh pada rute 1352 km.

SUV performa listrik ini dikemudikan oleh koresponden transportasi BBC, Paul Clifton, Fergal McGrath, dan Kevin Brooker, yang telah memegang rekor efisiensi mesin bensin dan diesel di antara mereka.

Mereka berangkat pada tanggal 3 Juli dan berkendara sepanjang malam untuk menghindari kemacetan. Ketiganya menyelesaikan perjalanan dalam 27 jam dengan kecepatan rata-rata sekitar 50 km/jam.

Dua Kali Mengisi Daya

Hebatnya, mereka berhenti hanya dua kali untuk mengisi daya. Yang pertama di stasiun pengisian daya BP Pulse di Wigan, Lancashire, dan yang kedua di Cullompton, Devon. Kedua perhentian tersebut hanya menghabiskan waktu 45 menit untuk mengisi daya Ford Mustang Mach-E.

>>> Mazda Tunda Luncurkan Mesin Rotary Range Extender MX-30, Ada Apa?

Gambar Ford Mustang Mach-E

Mustang Mach-E mampu menempuh jarak 1352 km dengan dua kali pengisian daya yang dilakukan dalam 45 menit

"Rekor ini tentang menunjukkan bahwa mobil listrik sekarang layak untuk semua orang. Tidak hanya untuk perjalanan singkat ke kota untuk bekerja atau ke toko atau sebagai mobil kedua, tetapi untuk penggunaan di dunia nyata dalam perjalanan lintas negara yang panjang," ungkap tim pemecah rekor ini.

Mereka mengungkapkan bahwa Ford Mustang Mach-E akan cocok menjadi mobil sehari-hari untuk mengatasi pola perjalanan yang tidak terduga. Saat melakukan pengujian sehari penuh dengan total 402 km, mobil tersebut masih menyisakan memiliki daya baterai 45%.

Range Anxiety Jadi Momok Bagi Mobil Listrik

Range anxiety atau kecemasan jarak tempuh menjadi salah satu kekhawatiran terbesar pengemudi ketika harus beralih dari mobil bermesin konvensional ke mobil listrik.

Prestasi terbaru dari tim BBC ini mengikuti eksploitasi Renault Zoe, yang baru-baru ini mencapai jarak tempuh 684 km (289 km lebih jauh angka WLTP resminya) dalam upaya pemecahan rekor yang diselenggarakan oleh Mission Motorsport di sirkuit Thruxton.

Gambar Renault Zoe

Sebelumnya, Renault Zoe juga sempat berusaha memecahkan rekor mobil listrik paling efisien

Mustang Mach-E yang digunakan di sini adalah versi Extended Range penggerak roda belakang dengan baterai 88kWh. Dengan mengemudi sesuai kemampuan mobil, jangkauan efektifnya ditingkatkan hingga lebih dari 804 km, lebih jauh dari 610 km yang dicapai mobil ini pada uji WLTP.

>>> Apa Itu F1 Sprint di Grand Prix Inggris?

"Efisiensi Mustang Mach-E meminimalkan pengisian di sepanjang rute terpanjang Inggris dan membuktikan dirinya sebagai 'game changer'," ungkap Tim Nicklin, Manajer Elektrifikasi Ford Inggris.

Laporan Ford Go Electric tentang persepsi konsumen sendiri mengungkapkan bahwa kisaran rata-rata yang menurut publik dapat ditempuh oleh mobil listrik yang terisi penuh adalah di bawah 241 km.

Gambar Ford Mustang Mach-E

Dengan rekor ini, Ford berharap untuk bisa menghapus kekhawatiran konsumen mobil listrik

Pencapaian Ford Mustang Mach-E dalam memecahkan rekor ini mencapai lebih dari tiga kali jarak tersebut di tangan para pengemudi professional, Ford pun berharap bahwa ini bisa menjadi sinyal positif bagi para calon konsumen dalam menghilangkan kecemasan jarak tempuh sebelumnya.

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com.

Taufan merupakan lulusan Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya. Lulus di tahun 2017, ia langsung mengejar passion dan ketertarikannya sebagai seorang jurnalis otomotif.

Tak butuh waktu lama, Taufan diterima bekerja di GridOto.com. GridOto.com merupakan kanal berita yang mengulas berbagai hal yang berkaitan dengan otomotif, dari mulai review dan test, berita dalam dan luar negeri, serta tips & trick sebagai panduan bagi para pengguna kendaraan bermotor.

Selama dua tahun bekerja di GridOto.com, Taufan diplot untuk menjadi jurnalis yang serba bisa. Dari mulai mengisi artikel news, tips & trick, test drive & review, menjadi host untuk kanal YouTube GridOto.com, hingga menjadi editor pengganti.

Mengunjungi berbagai pameran otomotif nasional dan internasional, menemui narasumber ATPM, dealer mobil bekas, hingga ke bengkel-bengkel spesialis sudah pernah ia jabani. Taufan pun kerap dipercaya menghadiri ajang media test drive untuk mencoba mobil-mobil baru. Dari LCGC seperti Datsun Go, hingga ke Supercar seperti McLaren 720S.

Di sela-sela pekerjaannya, Taufan adalah petrolhead tulen yang gemar mengoleksi mobil (baik dalam bentuk die cast atau mobil asli) dan mengikuti dunia motorsport roda empat. Hobi membacanya juga membuat Taufan memiliki pengetahuan yang cukup dalam terhadap sejarah dan perkembangan mobil di dunia.

Setelah dua tahun berkarya di GridOto.com, Taufan pun memutuskan untuk rehat di tahun 2019. Selama vakum menjadi jurnalis, ia sempat membuka bisnis detailing dan cuci mobil bersama dengan sahabatnya. Selama berbisnis, ia pun memperdalam pengetahuannya terhadap perawatan mobil.

Di tahun 2021, ia memutuskan untuk kembali ke industri yang ia cintai dengan bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer. Anda akan banyak menemukan tulisan Taufan mengenai berita otomotif dalam dan luar negeri, tips & trick, ulasan teknis mengenai mobil, serta hal-hal yang berkaitan dengan dunia motorsport di website ini.

 
back to top