Meski Bodinya Mirip, Toyota Alphard dan Lexus LM Tak Saling Senggol

17/06/2020

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Meski Bodinya Mirip, Toyota Alphard dan Lexus LM Tak Saling Senggol
Lexus akhirnya secara resmi mengumumkan harga MPV premiumnya LM 350 di Indonesia. Punya bodi yang persis dengan Toyota Alphard, keduanya punya konsumen berbeda.

Lexus akhirnya resmi memboyong MPV anyarnya LM 350 ke Indonesia. Mengusung platform yang sama dengan Toyota Alphard wajar bila bodi Lexus LM 350 identik dengan saudaranya itu. 

Sama-sama mengisi segmen MPV premium, Toyota mengklaim tak akan ada kanibalisasi antara Alphard dan Lexus LM 350.

>>> Penjualan Lexus Tahun Lalu Melonjak Secara Global

Tak Saling Senggol di Segmen MPV Premium

Disebut Direktur Marketing PT Toyota Astra Motor Anton Jimmi Suwandy Alphard dan Lexus LM punya konsumennya sendiri-sendiri. 

"Segmen Lexus tidak hanya produk premium tapi juga layanan premium segmennya juga berbeda dengan Toyota dan kita yakin Alphard dan LM memiliki segmen yang berbeda juga karena produk, fitur, layanan premium Lexus dan Toyota kita bedakan," ungkap Anton saat sesi wawancara virtual belum lama ini. 

MPV Lexus LM

LM  350 dibanderol mulai Rp 2 miliaran

Perbedaan segmentasi antara Alphard dan Lexus LM 350 sebenarnya bisa terlihat jelas dari harga. Toyota Alphard memiliki banderol di kisaran Rp 1 miliar, sementara LM 350 lebih mahal dua kali lipatnya. 

>>> Toyota Imbau Pemilik Alphard dan Vellfire untuk Melakukan Penggantian Seat Belt

Desain eksterior dan interior dari LM 350 juga menjadi pembeda dengan Alphard. 

"Jadi Toyota sudah ada dengan Alphardnya masuk di segmen Rp 1 miliaran ya sedangkan Lexus masuk di Rp 2 miliaran, bahkan yang 4-seater masuk hampir Rp 3 miliar jadi segmennya berbeda. Saya rasa masih bisa kita diferensiasi dan memiliki customer sendiri-sendiri lah," jelas Anton. 

Sekadar informasi Lexus LM 350 dijual dengan harga resmi Rp 2,39 miliar untuk tipe tujuh penumpang. Lalu versi empat penumpang berbanderol Rp 3,035 miliar (OTR Jakarta).

Interior Lexus LM

Tampilan interior Lexus LM

Sedangkan Alphard, pada situs resmi Toyota Astra Motor punya harga termurah Rp 1,025 miliar dan yang termahal Rp 1,952 miliar. 

>>> Modal Rp 50 Juta Bisa Dapat Sedan Bekas Murah Honda Ini

Penjualan MPV Ikut Terkena Imbas Covid-19

Bicara penjualan, mobil di segmen premium diakui Anton juga tak kebal akan penyebaran virus corona. Dijelaskan Anton, penjualan Alphard dan Vellfire yang biasa menyentuh angka 300 unit dalam waktu sebulan, kini rata-rata hanya 78 unit. 

Toyota Alphard

Ini Desain Alphard yang mirip dengan LM 350

"Tapi kalau kita bandingkan penurunannya dengan MPV secara umum, MPV secara umum penurunannya lebih banyak dibandingkan Alphard-Vellfire," sebut Anton.

"Di bulan ini pembeli Alphard sudah banyak menanyakan jadi kita yakin di bulan ini akan naik," katanya. 
 

>>> Simak juga berita otomotif terkini dari dalam dan luar negeri di sini 

Share this post:
Penulis
Berpengalaman sebagai jurnalis otomotif sejak 2016 di media mainstream ternama di Indonesia, Dina juga pernah menguji beragam jenis mobil dan mengunjungi pameran otomotif dunia. Saat ini Ia dipercaya sebagai Editor redaksi Cintamobil sejak awal 2020
 
back to top