Menengok 'Keajaiban' Di Pabrik Hyundai Cikarang

14/01/2022

Pasar mobil

2 menit

Share this post:
Tim Cintamobil.com mendapat kesempatan istimewa dari PT Hyundai Motor Manufucturing Indonesia untuk mengunjungi pabrik Hyundai di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat

Tim Cintamobil.com mendapat kesempatan istimewa yang diberikan oleh PT Hyundai Motor Manufucturing Indonesia (HMMI) dan PT Hyundai Motor Indonesia untuk berkunjung ke pabrik Hyundai yang berlokasi di Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

Kunjungan media ke pabrik Hyundai Cikarang

Kami mendapat kesempatan melihat langsung pabrik Hyundai ini

Yes, di pabrik mobil Hyundai inilah kendaraan jenis Sport Utility Vehicle (SUV) Hyundai CRETA lahir. Hyundai CRETA di sini dibuat menggunakan peralatan mutakhir dengan dukungan berbagai fasilitas otomatis. Lantas apa saja keajaiban di pabrik ini yang membedakan dengan pabrik perakitan mobil lainnya?

1. Teknologi Ramah Lingkungan

Pabrik Hyundai ini mengusung teknologi ramah lingkungan, seperti menggunakan solar panel yang dapat memenuhi 30% kebutuhan energi listrik untuk operasional area Assembly Shop. Selain itu, pada proses pengecatan kendaraan menggunakan cat berbasis air atau waterborne.

Pabrik Cikarang Hyundai

Pabrik Hyundai ini terletak di Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat

Cat berbasis air ini memiliki kandungan Volatile Organic Compound (VOC) lebih rendah ketimbang jenis cat lain. Sebagai informasi, VOC dapat merusak kesehatan dan lingkungan. Selain itu, bau tak sedap dari larutan thinner yang menusuk juga dapat dikurangi akibat dari penggunaan waterborne ini.

2. Ramah Terhadap Pekerja

Kejaiban kedua di pabrik Hyundai ini adalah pabrik yang ramah terhadap pekerja. Jadi PT HMMI berusaha semaksimal mungkin agar para pekerja di sini merasa aman dan manusiawi.

Pabrik Mobil Hyundai Cikarang

Jajaran direksi Hyundai Indonesia mejeng di depan pabrik Hyundai

Sebagai contoh Hyundai memasang fasilitas AC (Air Conditioning) di hampir seluruh bangunan area pabrik, sehingga menjadikan pabrik manufaktur ini sebagai yang pertama di Indonesia memasang fasilitas tersebut.

3. Didukung Pekerja Handal Untuk Produk yang Terjamin

Pabrik yang memiliki nilai investasi sekitar USD 1,55 miliar hingga tahun 2030 ini juga didukung oleh kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang mumpuni dan terampil. Suasana kerja yang nyaman dan aman serta karyawan yang berdedikasi tinggi tutut membantu membuat mobil dengan kualitas yang terjamin

Sekadar informasi beberapa waktu lalu Hyundai juga menyelenggarakan pelatihan bagi siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang ada di Bekasi dan sekitarnya melalui program magang. Sekitar 80% dari siswa magang tersebut sekarang telah direkrut Hyundai Motor sebagai staff tetap.

Varian Hyundai Creta

Hyundai CRETA jadi produk pertama yang dibuat langsung di pabrik Hyundai ini

Selain itu, Hyundai Motor telah menyediakan berbagai fasilitas dan tenaga penunjang di area pabrik manufaktur agar dapat memaksimalkan kenyamanan, keamanan, dan
keselamatan para pekerja. 

Di antaranya: fasilitas kesehatan dengan ruang UGD dan dokter jaga 24 jam, ruang laktasi untuk ibu menyusui, psikolog, transportasi antarjemput, kantin nyaman bersertifikat halal, dan Masjid berarsitektur unik yang didesain oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil.

4. Komitmen Jangka Panjang

Di atas lahan seluas 77,7 hektar dengan luas bangunan 18,8 hektar ini pula, Hyundai Indonesia berencana akan menjadikan Indonesia sebagai negara Asia Tenggara pertama untuk R&D Center atau yang Hyundai sebut sebagai Mobility Innovation Center.

>>> Tanggung Jawab Ke Konsumen, Hyundai Palisade Direcall

Fasilitas tersebut melengkapi Mobility Innovation Center yang saat ini berlokasi di Korea Selatan, Jepang, China, dan India. Nantinya Mobility Innovation Center di pabrik manufaktur Hyundai Motor di Indonesia akan membantu operasional bisnis Hyundai di kawasan Asia Pasifik menjadi lebih efektif dan efisien.

>>> Hyundai Tengah 'Racik' MPV untuk Saingi Avanza-Xpander di Indonesia?

Selain itu, Mobility Innovation Center juga memiliki misi untuk bertumbuh kembang bersama dengan mitra lokalnya di Indonesia, yaitu dengan cara menyelenggarakan kegiatan pelatihan untuk saling bertukar pengetahuan dan teknologi.

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, kini ia menjadi Managing Editor Cintamobil.com

About Arfian

Lulusan kampus Trisakti angkatan 2009 ini sebenarnya salah jurusan saat kuliah. Karena ia mengambil jurusan Ekonomi Akuntansi mengikuti kemauan ayahnya dibanding mengambil kuliah teknik maupun komunikasi yang menjadi minatnya. Namun, passion menulis dan ketertarikannya akan mobil membawanya melamar menjadi jurnalis otomotif.

Gayung pun bersambut, pada tahun 2014 di mana sebelum Arfian wisuda, ia sudah diterima bekerja di Motorplus Weekly. Motorplus Weekly adalah sebuah tabloid dwi mingguan yang mengulas tentang sepeda motor. Lho kok sepeda motor? Yes, karena saat Arfian melamar pekerjaan di anak grup Kompas Gramedia tersebut, hanya posisi itu yang tersedia.

Setelah lulus kuliah Arfian bekerja di sana selama tiga tahun sebagai reporter. Bekerja menjadi jurnalis khusus sepeda motor Arfian jalani dengan semangat dan senang hati. Tak terhitung berapa kali ia menemui narasumber, berkunjung ke bengkel maupun sekadar mencoba sepeda motor baru dari jenis scooter hingga motor besar.

Di tengah perjalanan karirnya, Motorplus Weekly memiliki satu anak usaha lagi yakni Otoplus weekly yang berpusat di Surabaya, Jawa Timur. Melihat potensi dan passion yang dimiliki Arfian, Editor in Chief Motorplus saat itu, Alm Achmad ‘Feol’ Riswan menugaskan secara khusus Arfian untuk mengisi kolom otomotif roda empat.

Arfian ditugaskan untuk test drive mobil di tabloid Otoplus tersebut mulai tahun 2016. Sampai saat ini sudah ratusan kendaraan baik berjenis truk, bus, hingga mobil sport yang Arfian coba. Kegemarannya menulis dengan detail, terstruktur dan teknis membuat ia memiliki pembaca setia dan dipercaya untuk menjadi test driver di tabloid tersebut. 

Sejak tahun 2018 Arfian bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer dan menjadi Senior Content Writer setahun kemudian. Di tahun 2021 ia dipromosikan menjadi Editor, dan dengan kinerja yang baik di tahun 2021 ini pula ia dipromosikan kembali menjadi Managing Editor untuk website ini.

Roles

Managing Editor, Cintamobil.com

Workplace

Jakarta, Indonesia

Education

2009 - 2014 Trisakti University, Bachelor Degree, Accounting

2006 - 2009 54 Senior High School

2003 - 2006 109 Junior High School

Experience

2014 - 2016 Motorplus & Otoplus, Kompas Gramedia

2018 Content Writer Cintamobil.com

2019 Senior Content Writer Cintamobil.com

2021 Managing Editor Cintamobil.com

Awards

2020 - 3rd Winner, Best Online Write Up Activity & Industry News, Warta Citra Adiwahana

2020 - 2nd Winner, Mitsubishi Journalist Writing Competition - Artikel Online Terbaik

2021 - 1st Winner, Best Online Product Review, Warta Citra Adiwahana

 
back to top