Lebih Dekat Dengan Mitsubishi Triton HDX

18/06/2020

Pasar mobil

5 menit

Share this post:
Lebih Dekat Dengan Mitsubishi Triton HDX
Mitsubishi Triton HDX berhasil menjadi produk terlaris bulan Mei 2020 berdasarkan data yang dihimpun Gaikindo, yuk kenal lebih dekat dengan produk yang satu ini

Mitsubishi Triton menjadi produk terlaris Mitsubishi Motors sepanjang bulan Mei 2020. Hal ini Cintamobil.com simpulkan berdasarkan data wholesales (penjualan dari pabrik ke diler) yang dihimpun Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo). Uniknya dari sekian banyak varian dan tipe Triton yang ada, yang paling banyak terjual adalah Mitsubishi Triton HDX model Dual Cabin sebanyak 163 unit.

Gambar menunjukkan tampilan belakang Mitsubishi Triton HDX D-Cab 4x4 MT 2019

Mitsubishi Triton HDX merajai penjualan mobil bulan Mei 2020

Mitsubishi Triton HDX adalah versi heavy duty dari Triton, HDX sangat digemari oleh perusahaan pertambangan. Secara total penjualan Triton HDX dengan model kabin ganda ini sudah terjual 929 unit dari bulan Januari hingga Mei 2020. Perolehan tersebut jauh meninggalkan rival-rivalnya semisal Toyota Hilux tipe E, Isuzu D-Max Double Cabin Standard maupun Nissan Navara SL yang hanya mampu terjual 140 unit (Hilux E), 13 unit (D-Max Std) dan 12 unit (Navara SL).

Gambar menunjukkan layout dashboard Mitsubishi Triton HDX D-Cab 4x4 MT 2019

Dasbor sederhana namun tetap modern untuk sebuah mobil pekerja

Mitsubishi Triton varian HDX ini juga dilengkapi dengan transfer case mekanikal. Yang memungkinkan mobil ini berjalan dengan sistem full time 4WD, karena sudah mencakup fungsi-fungsi dari 4WD bersistem full time seperti 2 High (2H), 4 High (4H), dan 4 Low (4L). Sistem mekanikal via tuas diyakini lebih badak (bandel) bila dibandingkan dengan sistem kenop elektronik seperti Super Select 4WD di New Triton varian lebih mahal.

Gambar menunjukkan tuas transfer case Mitsubihi Triton HDX 2019

Tuas transfer case mekanikal jauh lebih bandel dari elektrik untuk penggunaan di pertambangan

"Kami memiliki pengalaman selama 40 tahun jika ditotal dalam memperkenalkan generasi mobil ini, populasi Mitsubishi Triton sendiri sudah beredar 80.000 unit di Indonesia, dan 4,9 juta konsumen di seluruh dunia telak menikmati mobil Mitsubishi L200/Triton ini sejak pertama kali diluncurkan. dan mobil ini sangat diterima di tambang, perkebunan, oil & gas, logistik dan juga konstruksi. Ini menandakan mobil ini sangat diterima di konsumen lokal," tukas Naoya Nakamura, selaku Presiden Direktur PT MMKSI.

>>> Inilah merek mobil terlaris bulan Mei 2020

Data penjualan wholesales Mitsubishi Triton dari bulan Januari hingga Mei 2020:

Tipe Model Penggerak Transmisi Penjualan Bulan Mei 2020
Mitsubishi Triton 2.5L HDX Singel Cabin 4x4 Manual 51 Unit
Mitsubishi Triton 2.5L GLX Single Cabin 4x2 Manual 6 Unit
Mitsubishi Triton 2.5L Exceed Double Cabin 4x2 Automatic 0 Unit
Mitsubishi Triton 2.5L Exceed Double Cabin 4x4 Manual 15 Unit
Mitsubishi Triton 2.5L DC Ultimate Double Cabin 4x4 Automatic 42 Unit
Mitsubishi Triton 2.5L DC GLS Double Cabin 4x4 Manual 59 Unit
Mitsubishi Triton 2.5L HDX Double Cabin 4x4 Manual 163 Unit

Sekilas Sejarah Kehadiran Mitsubishi Triton HDX

Gambar menunjukkan Mitsubishi Triton HD-X 2008

Mitsubishi Triton varian HDX pertama kali muncul tahun 2008

Kelahiran Triton HDX dipicu oleh tingginya permintaan mobil dual cabin dobel gardan alias 4x4. Hal ini membuat PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) sebagai agen tunggal pemegang merek dagang Mitsubishi di Indonesia memutar otak. Pasalnya, mereka harus menelurkan varian khusus yang diperuntukkan untuk melalui medan yang sangat berat seperti di pertambangan. Sejak 2008 PT MMKSI memiliki varian Mitsubishi Triton yang bernama HD-X.

Gambar menunjukkan Mitrsubishi Triton HDX generasi kedua

Kesuksesan penjualan HDX membuat Mitsubishi meneruskan Triton HDX pada Triton generasi kedua

Mitsubishi Triton HDX yang beredar antara tahun 2008 hingga 2014 menggunakan pennggerak empat roda, ban tipe M/T serta menggendong unit mesin berkode 4M40 berkubikasi 2,835 cc 4 silinder segaris non turbo dengan tenaga 97 Ps dan torsi 215,7 Nm. Alasannya untuk penggunaan off-road di jalan hancur pengemudi HD-X hanya perlu torsi besar di putaran bawah dan yang terpenting mesin diesel tersebut mampu menenggak solar busuk alias solar berkualitas jelek.

Gambar menunjukkan mesin 4D56 Mitsubishi Triton HDX 2019

Mesin 4D56 dipercaya menggantikan mesin 4M40 untuk HDX

Tahun 2015 Mitsubishi Triton berganti model, tak terkecuali untuk varian HDX. Mitsubishi Triton HDX di tahun tersebut kini menggendong unit mesin legendari 4D56 dengan konvigurasi 4 silinder segaris dengan isi silinder total 2,477 cc. Dilengkapi dengan turbocharger dan common rail direct injection menghasilkan tenaga sekitar 110 ps dan torsi 200 nm. Mesin yang sama kembali digunakan oleh Mitsubishi New Triton HDX D-Cab 4WD M/T 2019.

Share this post:
Penulis
Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, Kini ia menjadi andalan Cintamobil dalam menguji mobil baru di Indonesia
 
back to top