Lamborghini Telah Memproduksi 10.000 Aventador

12/09/2020

Pasar mobil

4 menit

Lamborghini Telah Memproduksi 10.000 Aventador
Jika sebuah mobil terjual sebanyak 10.000 unit dalam 10 tahun, tentu itu bukan angka yang menggembirakan. Namun tidak bagi Lamborghini Aventador, supercar bermesin V12 yang jadi raja Nurburgring.

Percaya atau tidak, produksi Lamborghini Aventador sudah berjalan sejak 2011. Dan selama 9 tahun ini, model yang diplot sebagai suksesor Murcielago ini sudah didevelop sedemikian rupa, dan baru saja menorehkan pencapaian baru, yakni 10.000 unit terjual.

>>> Jual mobil bekas & Baru terbaik dan termurah

Unit untuk pasar Thailand

Lamborghini Aventador ke-10.000 tersebut hadir dalam model SVJ Roadster dengan warna Grigio (Abu-abu) dengan aksen merah dan hitam untuk pasar Thailand.

Sosok Lamborghini Aventador ke 10.000 yang akan dikirim ke Thailand

Sosok Aventador ke-10.000 yang akan dikirimkan ke Thailand

Lamborghini Aventador adalah sebuah mahakarya dengan performa tinggi, sasis monokok carbon fibernya meliputi lantai, kokpit, dan atap menghadirkan struktur yang rigid.

Sasis tersebut menjadi rumah dari mesin V12 6.5 liter dengan keluaran tenaga 700 HP. Kombinasi keduanya membuat mobil ini dapat melesat dari 0-100 km/jam dalam waktu 2,9 detik dengan top speed 350 km/jam.

>>> Berita pasar mobil terbaru 2020 di Indonesia dan Global bisa Anda lihat di sini

Raja Nurburgring, akan segera gugur?

Salah satu varian paling menarik adalah Lamborghini Aventador SVJ (Superveloce Jota), yang diperkenalkan tahun 2018 dan memecahkan rekor sebagai mobil terkencang di Nurburgring Nordschleife dengan catatan waktu 6 menit 44 detik.

Lamborghini Aventador SVJ saat memecahkan rekor Nurburgring

Aventador SVJ masih memegang rekor sebagai mobil produksi tercepat di Nurburgring

Salah satu fitur menarik Aventador SVJ adalah sistem ALA (Aerodinamica Lamborghini Attiva), yang bisa mengatur komponen aerodinamika mobil seperti spoiler secara otomatis saat menikung dan lurusan.

Sayangnya, era Aventador diyakini sudah tidak lama lagi. Dengan semakin ketanya standar emisi, belum diketahui sampai kapan mesin V12 khas Lambo akan terus bertahan.

Tampilan belakang Lamborghini Aventador SVJ

Masa depan Aventador terancam karena mesin V12 yang tidak sesuai dengan regulasi emisi yang semakin ketat

Tentu, sebagai salah satu mobil yang menjadi tolok ukur untuk sebuah Supercar Italia, tugas berat diemban Lamborghini untuk menghadirkan Aventador yang sama menariknya dengan mesin yang lebih rendah emisi, atau bahkan model yang benar-benar baru.

Terlepas bagaimana kelanjutan Supercar V12 satu ini, Aventador adalah salah satu model paling penting yang pernah dijual Lamborghini, apalagi dengan angka 10.000 unit terjual.

>>> Berita mobil baru, event, promosi, informasi pasar mobil baru 2020

Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.
 
back to top