Komparasi Honda BR-V vs Suzuki XL7, Siapa Yang Lebih Unggul?  

02/09/2021

Pasar mobil

5 menit

Share this post:
Komparasi Honda BR-V vs Suzuki XL7 menandai persaingan ketat dalam segmen pasar low SUV yang saat ini menjadi salah satu volume maker di pasar Indonesia

Dalam segmen pasar low SUV di Indonesia, Honda BR-V dan Suzuki XL7 sama-sama menjadi kuda hitam yang unik. Disebut kuda hitam yang unik karena keduanya berstatus sebagai varian tambahan yang pada dasarnya dikembangkan dari platform MPV untuk mengisi segmen pasar SUV sesuai kebutuhan pasar.

Alhasil, cita rasa dasarnya adalah MPV Honda Mobilio untuk Honda BR-V) dan Suzuki Ertiga untuk Suzuki XL7. Dalam komparasi Honda BR-V vs Suzuki XL7 ini, keduanya menawarkan berbagai karakter yang layak dipertimbangkan oleh konsumen. Siapa yang lebih unggul di antara keduanya dalam komparasi Honda BR-V vs Suzuki XL7 ini?

>>> Rekomendasi Pilihan 5 SUV Bekas dari Cintamobil.com

Desain 

Aspek penampilan menjadi salah satu daya tarik utama bagi konsumen. Ketika konsumen terpikat pada pandangan utama, maka aspek lain akan mengikuti. Begitu juga mobil. Jika desainnya sudah mampu membuat konsumen tertarik, urusan berikutnya dengan wiraniaga akan berlanjut semisal pembicaraan soal pembayaran.    

Honda BR-V

Walau memakai platform Mobilio, hanya tersisa garis samping dan garis bahu untuk BR-V. Sisanya seperti fascia depan belakang dirombak total sehingga terlihat perbedaan mendasar antara Mobilio dan BR-V.

gambar honda br-v

Tampil dengan sejumlah pembeda untuk menghilangkah identitas Mobilio

Lalu ada tambahan body cladding hitam dan skid plate untuk menegaskan kesan maskulin khas SUV. Walau secara kasat mata maupun proporsional mobil ini memang terlihat lebih pendek ground clearance-nya bila dibandingkan XL7.

Suzuki XL7

Memanfaatkan platform Ertiga, tampilan luar XL7 berbeda pada fascia depan melalui  lampu,  grille, front guard, body cladding, over fender dan side skirt. Bodi dibuat two-tone dengan pilar A sampai atap dilabur hitam untuk menegaskan kesan gagah.

gambar suzuki xl7

Kesan gagah ditampilkan oleh panel bodi over fender yang gembung

Sisanya sama seperti  Ertiga. Velg 16 inci pada XL7 menghasilkan ground clearance 200 mm, jadi beda 1 mm dengan BR-V. Secara umum memang desain XL7 ini lebih maskulin bila dibandingkan dengan BR-V.  

Kabin

Memakai basis platform MPV—Mobilio untuk BR-V dan Ertiga untuk XL7—mengharuskan Honda dan Suzuki memberikan sentuhan berbeda. Tujuannya agar keduanya tampil dengan karakter tersendiri yang berlainan dengan platform dasarnya serta memberikan kesan yang lebih mewakili  segmen pasarnya.  

Honda BR-V

Menghapus kesan sebagai Mobilio yang sekadar ganti pakaian, Honda menambahkan kemudi  Honda Civic untuk BR-V. Kabin BR-V dilengkapi lapisan peredam  lebih tebal untuk menyerap suara luar.

gambar honda br-v

Bukan sekadar Mobilio ganti baju

Jok berbalut kulit disertai striping dan jahitan merah. Ruang dalam Honda BR-V lebih lapang karena jok tipis yang sudah menjadi ciri khas mobil berlogo H sejak dulu. Tapi jangan khawatir, posisi mengemudinya masih jadi salah satu yang paling ergonomis dibanding para rivalnya.

Suzuki XL7

Memakai platform Ertiga, nuansa ruang dalam XL7 dibuat lebih berkelas melalui paduan warna hitam yang terkesan elegan walau jok belum berlapis fabric (belum kulit).

  gambar suzuki xl7

Hadir dengan nuansa mewah dan sporty

Agar sedikit berbeda (dengan Ertiga), panel interior XL7 menganut model serat karbon sehingga berkesan sporty. Dimensi kursi XL7 terasa lebih ramping namun sedikit tebal sehingga lebih nyaman diduduki.  

Harga dan Fitur 

Perbandingan antara harga dan fitur menjadi penentu nilai (value) sebuah produk. Disebut value for money jika nilai fiturnya melebihi nilai harganya  dengan cara meneliti  fitur  yang tersedia. Kalau harganya mahal namun minim fitur, maka value-nya kalah dengan produk lain yang harganya sama tetapi banjir fitur. Atau fitur berlimpah dan harga lebih kompetitif. 

Model  Harga
Honda BR-V S MT  Rp 239.500.000
Honda BR-V E MT  Rp 254.600.000
Honda BR-V E CVT   Rp 263.800.000
Honda BR-V Prestige Rp 279.600.000
Suzuki XL7 ZETA MT Rp 224.050.000
Suzuki XL7 ZETA AT Rp 233.700.000
Suzuki XL7 BETA MT   Rp 239.400.000
Suzuki XL7 BETA AT Rp 249.200.000
Suzuki XL7 ALPHA MT Rp 249.400.000
Suzuki XL7 ALPHA AT Rp 259.200.000

Honda BR-V 

Fitur terlengkap terdapat pada varian teratas (Honda BR-V Prestige), contohnya hill start assist dan vehicle stability control. Sedangkan fitur airbag, ABS/EBD dan teman-temannya sudah menjadi kelengkapan standar pada semua varian.

gambar honda br-v

Pilih varian tertinggi yang lengkap fiturnya

Begitu pula fitur teknologi nano untuk menjaga kebersihan udara dalam kabin. Pada sisi lain, lampu depan (head lamp) Honda BR-V menganut model proyektor, belum menerapkan LED. 

Suzuki XL7

SUV berbasis platform Ertiga ini menawarkan fitur keselamatan ABS/EBD, hill start assist dan kontrol stabilitas untuk varian tengah dan atas. Selain itu, tersedia cup holder dengan pendingin dari saluran AC dan power outlet pada kursi-kursi.

gambar suzuki xl7

Kenyamanan menjadi nilai jual kabin Suzuki XL7

Tidak ketinggalan fitur E-Mirror berupa dashcam untuk  mengawasi area belakang tanpa  terhalang kepala penumpang atau barang. O iya terdapat sandaran tangan untuk kenyamanan penumpang kursi baris kedua.   

Mesin dan Pengendalian

Masing-masing merek sudah mempunyai karakter khas tersendiri. Merek Honda identik dengan karakter sporty dan mantap  pada kecepatan tinggi yang menjadikan Honda  BR-V terasa fun to drive.

Pada sisi lain, merek Suzuki lebih fokus kepada kenyamanan penumpang sepanjang perjalanan.. Walau mungkin kenyamanan suspensi XL7 belum bisa dibandingkan dengan Xpander Cross.

Honda BR-V

Gelar low SUV  paling bertenaga menjadi nilai jual Honda BR-V. Segenap output mesin  118 hp dan 145 Nm disalurkan menuju roda depan melalui transmisi manual 6-speed atau CVT.

gambar honda br-v

Mesin dengan karakter sport yang kental

Pilihan transmisi manual berarti memanjakan kesenangan mengemudi secara maksimal. Sedangkan pilihan transmisi CVT memberikan kenyamanan tanpa mengabaikan aspek efisiensi  Jangan lupa, karakter dasar mobil Honda adalah penguasa jalan aspal.

Suzuki XL7

Mesin, sistem penggerak dan pengendalian memang bukan menjadi nilai jual unggulan Suzuki XL7. Sebaliknya, low SUV andalan Suzuki ini  menawarkan kenyamanan peredaman suspensi dan efisiensi mesin (konsumsi bahan bakar) yang cukup baik.

gambar suzuki xl7

Bukan mengejar performa, melainkan efisiensi

Walau mungkin nilai efisiensi dan performanya belum sehebat Honda. Pilihan transmisi manual 5-speed dan otomatis 4-speed menandakan Suzuki XL sebagai "the ordinary SUV" karena tidak ada  karakter  yang menonjol.  

Kesimpulan

Dalam komparasi Honda BR-V vs Suzuki XL7 ini semakin menegaskan perbedaan mendasar terkait karakter dari setiap produk. Jika Anda membutuhkan people mover dengan keasyikan dan kesenangan mengemudi yang optimal, maka Honda BR-V menjadi pilihan utama.

Suzuki XL7 Alpha 2020

XL7 lebih kami unggulkan di komparasi ini

Pada sisi lain, Suzuki XL7 menjawab kebutuhan people mover yang mengutamakan kenyamanan selama perjalanan tanpa mengorbankan efisiensi (konsumsi) bahan bakar.

Sudah makan asam garam jadi wartawan, mulai dari wartawan kampus sejak 1988, dan jadi wartawan bidang otomotif sejak 1995. Pernah menulis untuk beberapa media top mulai dari koran, majalah dan tabloid. Tahun 2021 ia menulis untuk Cintamobil.com.

Sejak usia 3 tahun sering diajak ayah untuk membantu mengurus mobil dinas semisal membawakan alat kerja, minyak, fluida dan suku cadang. Akhirnya otomotif menjadi bagian hidup. 
Selepas kuliah dan sebelum wisuda, bergabung menjadi reporter tabloid Otomotif yang berada dalam naungan Kelompok Kompas Gramedia dengan bidang utama penulisan roda empat. Kemudian pindah ke Liputan6 dan mengisi berita untuk desk internasional. Lalu tahun 1998 bergabung dengan majalah Mobil Motor, majalah otomotif tertua di Indonesia (terbit sejak tahun 1970). 
Kemudian tahun 2003, pindah ke majalah Motor Trend (edisi Indonesia). Tahun 2009 kembali ke majalah Mobil Motor dan tahun 2014 mudik ke majalan Motor Trend. Pada tahun 2020 mengisi Otoblitz.net dan mulai tahun 2021 menulis untuk Cintamobil.com. 

Awards

  • 2003: Juara 1, Lomba Menulis General Motors Indonesia (Review Produk) 
  • 2007:  Juara 1, Lomba Menulis General Motors Indonesia (Review Teknologi)
 
back to top