Jenis Bus Ini Paling Banyak Diproduksi Karoseri Laksana

19/11/2019

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Dari banyak jenis bus yang diproduksi Karoseri Laksana, bus AKAP benar-benar mendominasi. Persentasenya mencapai 80 persen dari keseluruhan produksi.

Karoseri Laksana bukanlah nama baru dalam industri bus di Indonesia. Karoseri bus yang berbasis di Ungaran Jawa Tengah tersebut sudah lebih dari 40 tahun hadir di Indonesia dan eksistensinya masih terjaga. Laksana sudah memproduksi banyak jenis bus baik untuk kebutuhan pasar domestik maupun di ekspor ke mancanegara seperti Fiji, Bangladesh dan Timor Leste.

Foto bus buatan Karoseri Laksana, All New Legacy SR2 XHD Prime

All New Legacy SR2 XHD Prime, salah satu unggulan Karoseri Laksana di segmen AKAP

Menempati area seluas 11 hektar, Karoseri Laksana terbagi menjadi beberapa line. Dua line untuk produksi body rangka, dan empat line untuk finishing. Fasilitas ini terus ditingkatkan guna mendapatkan produk yang benar-benar berkualitas dan kekinian. Dengan area seluas itu kapasitas produksinya mencapai 1.500 unit per tahun.

>>> Trik Mendahului Bus yang Aman di Jalan Raya

Di tahun 2019 ini Karoseri Laksana sudah memproduksi sekitar 1.000 unit bus dari target 1.200 unit yang dicanangkan awal tahun. Modelnya bus-nya beragam mulai minibus, medium bus, big bus hingga double decker. Namun yang paling banyak dibuat adalah big bus alias bus besar untuk keperluan transportasi Antar Kota Antar Provinsi (AKAP). Menurut Direktur Komersial Laksana, Alvin Arman, hal cukup maklum mengingat Laksana lebih fokus pada jenis bus besar.

“Saat ini produksi kami cukup baik, sudah mencapai kisaran 1.000 unit. Kami optimistis dapat memproduksi lagi 200 unit hingga akhir tahun untuk mencapai target, jadi sebulan 100 unit,” tutur Alvin, seperti dikutip dari Tempo, (15/11/2019).

Pencapaian di atas terbilang positif mengingat tren penjualan mobil secara nasional sedang menurun. Bahkan untuk Laksana hasil tersebut lebih baik dibanding tahun sebelumnya. Menurutnya pertumbuhan bus di Indonesia tak lepas dari berbagai kebijakan pemerintah seperti gencarnya pembangunan infrastruktur jalan raya seperti jalan Tol Trans Jawa, Trans Sumatera dan jalan raya yang lain.

Foto progress Pembangunan Jalan Tol Balikpapan Samarinda

Pembangunan infrastruktur jalan turut mempengaruhi pertumbuhan industri bus

Selain itu peningkatan juga dipengaruhi makin mahalnya tiket pesawat. Untuk daerah tujuan yang bisa dijangkau dengan transportasi darat, banyak konsumen kini beralih ke moda transportasi bus dibanding harus membayar mahal tiket pesawat. Meski memakan waktu lebih lama, konsumen bisa berhemat lebih banyak. Soal kenyamanan bisa dipilih, sekarang jasa travel atau PO saling berlomba menghadirkan armada dengan kenyamanan terbaik.

>>> Bus Tingkat Legacy SR2 Double Decker Hadir Berlimpah Kemewahan

Foto bus tingkat PO Harapan Jaya menggunakan Legacy SR2 Double Decker buatan Karoseri Laksana

Bus tingkat modern Legacy SR2 Double Decker buatan Karoseri Laksana diperkenalkan pertama di pameran GIIAS 2018

>>> Berita informatif dunia otomotif terlengkap hanya ada di Cintamobil.com

Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top