Jelang Standar Emisi Euro4, Produsen Disarankan Mulai Stop Bikin Mobil Euro2

24/07/2018

Pasar mobil
Share this post:
Jelang Standar Emisi Euro4, Produsen Disarankan Mulai Stop Bikin Mobil Euro2
Mulai September 2018 mendatang semua produk mobil baru bermesin bensin harus memenuhi standar emisi Euro4. Secara otomatis, bahan bakar yang digunakan juga harus memenuhi standar tersebut.

Gambar Mitsubishi Xpander sedang dirakit

Mitsubishi menambah investasi menyambut regulasi baru Euro4

Atas dasar tersebut, disarankan seluruh manufaktur di Indonesia harus berhenti memproduksi mobil baru di bawah Standar Emisi Euro4. Hal tersebut disampaikan Putu Juli Ardika, Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan Kementerian Perindustrian (Kemenperin).

"Jadi gini ada dua jalur produksi, (Euro 2 domestik dan Euro 4 untuk ekspor). Dan nanti jalur Euro4 dan yang Euro2 ditutup," tutur Putu di Kawasan Jakarta Selatan belum lama ini.

Untuk itu bagi produsen yang sudah masuh rencana produksi mobil dengan standar emisi Euro2 diberi kesempatan untuk menghabiskan sehingga saat aturan baru diterapkan semua sudah siap dan tidak ada yang sia-sia.

"Jadi intinya nantinya sektor industri sudah siap," tambah Putu.

>>> Temukan daftar mobil baru dijual segera di Cintamobil.com

Gamabr Pabrik DongFeng Sokon Cikande Banten tampak dari atas

Produk terbaru pabrik Sokonindo Automobile (Sokon) Banten sudah berstandar Euro4

Sesuai dengan Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan No. P.20/MENLHK/SETJEN/KUM.1/3/2017 tentang Standar Emisi Euro4, semua mobil bermesin bensin yang diproduksi mulai September 2018 harus sudah memenuhi standar emisi Euro4. Sedangkan untuk mobil baru bermesin diesel baru akan diterapkan mulai Maret 2021.

>>> Gaikindo Siap Dukung Implementasi Standar Emisi Euro4

>>> Dapatkan berita otomotif paling lengkap hanya di Cintamobil!

Share this post:
Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top