Investasi Volkswagen, Presiden Turki Instruksikan Bawahannya Kendarai Volkswagen Passat

12/10/2019

Pasar mobil

2 menit

Share this post:
Investasi Volkswagen, Presiden Turki Instruksikan Bawahannya Kendarai Volkswagen Passat
Kedatangan Volkswagen ke Turki menjadi bagian baru dari daya tarik produsen Jerman ini. Menyusul keputusan VW Group membangun pabrik baru, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menyuruh pejabat tingginya untuk mulai mengendarai Volkswagen Passat.

Erdogan dilaporkan memerintahkan pejabat tinggi Partai AK untuk ‘ganti mobil’ dan mengendarai Volkswagen Passat pada 1 Oktober. Pengalihan ini dilakukan setelah masa penyewaan kendaraan dinas berakhir dua bulan lagi, sebagaimana dilaporkan oleh dua pejabat resmi Turki yang tak ingin disebutkan namanya.

Petinggi Partai AK saat ini menggunakan 19 unit Audi, yang juga diproduksi oleh Volkswagen Group. Kontrak sewa untuk sebagian besar mobil ini akan berakhir dalam waktu sekitar dua bulan. Pergeseran ke Passat kemungkinan akan menjadi preseden bagi ribuan penjabat partai dan lembaga negara.

 presiden Recep Tayyip Erdogan yang sedang berorasi
Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan perintahkan pejabatnya untuk beralih ke VW Passat

Lembaga negara Turki menggunakan lebih dari 110.000 kendaraan pada 2018, menurut surat kabar Sozcu pada Februari silam. Berdasarkan pernyataan dari politisi oposisi, Gursel Tekin, pemerintah Turki telah membelanjakan lebih dari 537 juta lira (sekitar Rp1.3 Miliar) tahun lalu untuk menyewa kendaraan dinas.

>>> Ingin membeli Volkswagen baru atau bekas? Dapatkan daftarnya di sini

Turki memiliki tingkat kepemilikan mobil rendah, hanya 150 mobil per 1.000 penduduk. Bandingkan dengan 130.000.000 kepemilikan kendaraan di Indonesia. Dalam tujuh bulan pertama tahun ini, pasar domestik Turki turun hampir setengah menjadi 212.605 kendaraan dari 481.982 kendaraan yang terjual selama periode yang sama dua tahun sebelumnya.

Fasilitas Volkswagen baru di Turki akan memproduksi Passat dan Skoda Superb generasi berikutnya mulai tahun 2022. Pabrik yang berlokasi 40 km timur laut Imzir di pantai barat Turki memiliki kapasitas produksi maksimum tahunan 300.000 unit. Dilansir dari Bloomberg, investasi untuk pabrik baru Volkswagen ini mencapai $1.4 Miliar.

>>> Review Volkswagen Arteon 2019: Peluncuran Mid-Sedan VW Tercanggih Di Amerika

 pekerja yang sedang merakit mobil di pabrik Volkswagen
Volkswagen akan membuka pabrik baru dengan kapasitas produksi 300.000 unit

Keputusan Volkswagen untuk membuka pabrik baru akan menciptakan sekitar 5.000 lapangan pekerjaan, berdasarkan lapora seorang pejabat senior Turki. Sebagian besar model Passat dan Superb yang dibangun di pabrikan ini akan diekspor secara internasional.

>>> Simak juga berita otomotif terkini lainnya di sini

Share this post:
Padli Nurdin
Penulis
Padli Nurdin
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Berita lain

Volkswagen Group Siap Saingi Tesla Sebagai Pemimpin Mobil Listrik Premium

09/10/2019

Pasar mobil

3 menit

Volkswagen Group menaungi beberapa produsen mobil utama seperti Audi, Bentley, Bugatti, Lamborghini hingga Porsche.

Lihat juga

Volkswagen Luncurkan Logo “R” Baru untuk Mobil Performa Tinggi

09/10/2019

Pasar mobil

3 menit

Sebagai bagian dari upaya rebranding seluruh perusahaan, Volkswagen meluncurkan logo “R” baru menegaskan mobil performa tinggi milik perusahaan asal Jerman ini.

Lihat juga

Tak Menyerah, Ini Dia Kisah Jatuh Bangun Mobil Volkswagen "Made In Indonesia"

07/10/2019

Pasar mobil

5 menit

Sempat diproduksi lokal di awal kehadirannya, Volkswagen dalam beberapa tahun terakhir harus menelan pil pahit berjuang di pasar otomotif Tanah Air mengandalkan mobil VW impor. Kini berbekal fasilitas pabrik baru dan independen, Volkswagen siap buktikan keseriusan dalam memasarkan mobil baru dengan harga terjangkau dan kualitas standar global

Lihat juga

VW ID.3 Baru Rilis, Volkswagen Siapkan Varian Kencangnya?

14/09/2019

Pasar mobil

3 menit

Sepertinya Volkwagen tidak main-main masuk ke ranah elektrfikasi, usai memperkenalkan Volkswagen ID.3 yang diplot sebagai penerus Beetle dan Golf, mereka udah menyiapkan varian kencang dari hatchback listrik tersebut.

Lihat juga

Setelah ID.3, Volkswagen Siapkan Crossover Listrik

11/09/2019

Pasar mobil

5 menit

Usai peluncuran hatchback listrik Volkswagen ID.3, VW masih menyiapkan model lain, yakni sebuah crossover listrik yang akan memulai debutnya pertengahan tahun depan.

Lihat juga