Review Volkswagen Arteon 2019: Peluncuran Mid-Sedan VW Tercanggih Di Amerika

29/05/2019
editor rate: 4,8 user rate: 4,5
Produk apa saja yang Anda kenali dari Volkswagen? Apakah Arteon salah satu di antaranya? Bagi kami yang menggeluti dunia otomotif, tentu sudah mendamba-dambakan kehadiran Volkswagen Arteon di tahun 2019 ini. Pasar sedan yang sedang meredup, tampaknya terlihat akan sedikit menggiur kembali jika mengamati produk terbaru besutan Volkswagen ini. Penasaran? Yuk langsung kita simak review Volkswagen Arteon 2019.

PENGANTAR Volkswagen Arteon 2019

Review Volkswagen Arteon 2019 - Satu kata yang pantas untuk mobil ini yakni “Spektakuler”. Ya, kami berani mengucapkan hal tersebut. Tepat pada tanggal 8 Februari 2019, Volkswagen memberikan ubahan All-New pada Arteon. Kehadirannya diberikan selebrasi besar-besaran di arena Chicago Auto Show dan berakhir memperoleh penghargaan bergengsi berkat Modular Transverse Matrix (MQB) Platform.
Jujur saja, Volkswagen memang tengah meramu rangka bodi terbaru yang mereka sebut Platform MQB. Platform ini adalah sebuah desain Sleek Fastback yang diterapkan pada All-New Volkswagen Arteon 2019. Daripada pendahulunya yakni Volkswagen CC, Arteon justru dikemas lebih garang, bertenaga serta memiliki kabin lebih luas. Semua semata-mata dirancang khusus supaya terlihat lebih dinamis dan dramatis ketimbang CC.

Volkswagen CC merupakan mobil sedan Premium yang diciptakan mulai 2008

Wajah rupawan dari pendahulu Arteon, yakni Volkswagen CC

Hal paling spesial menurut Cintamobil.com, justru bukan terletak dari segi desain saja. Kami menyadari, urusan desain lebih tergantung selera masing-masing. Lantas, apa yang menarik? Perlu Anda ketahui bahwa mobil sedan menengah ini bukan dikemas dalam mode penggerak 2 Wheel Drive (2WD), malahan tersedia 4Motion All Wheel Drive (AWD). Tentu, hal ini menjadi sebuah kemajuan, mengingat laju Arteon akan menjadi lebih adaptif terhadap cuaca khususnya hujan serta salju. Wah-wah, sepertinya akan ada hal unik dari segi sedan. Mari kita simak lebih mendalam dalam review Volkswagen Arteon 2019.

Volkswagen Arteon  2019 berdiri sebagai sedan Premium yang menawarkan mode penggerak AWD

Futuristik, Premium dan modern, adalah impresi kami melihat Volkswagen Arteon

EKSTERIOR Volkswagen Arteon 2019

Mobil ini sejatinya hadir lebih dulu dalam bentuk konsep, yang diperkenalkan kepada publik di acara Geneva Motor Show 2016. Memang, mobil konsep memberi dua Ending yakni diciptakan dalam versi massal atau malah tak ada kabarnya lagi hingga masa mendatang. Namun mengamati mobil satu ini, nyatanya hanya butuh 3 tahun untuk merealisasikannya. Bahkan, desain eksterior Volkswagen Arteon 2019 tak banyak berubah dari versi Concept-nya.

Volkswagen Arteon Concept awalnya diciptakan sebagai mobil konsep saja belum ada rencana lebih lanjut untuk diproduksi

Inilah sosok dari Volkswagen Arteon Concept yang diperkenalkan di pagelaran Geneva Motor Show 2016

Review Volkswagen Arteon 2019: Eksterior Depan

Memang, banyak media menyatakan bahwa Arteon akan menjadi ancaman serius di kelas sedan menengah. Anda bisa membuktikan sendiri dengan melihat wajah depannya yang terkesan serba futuristik, seakan layak untuk dinobatkan sebagai kendaraan masa depan. Namun pendapat kami, desainnya terasa agak kaku di sisi yang lain, banyak patahan dan garis-garis tegas sehingga kami menyimpulkan pendapat tersebut.

Eksterior Depan Volkswagen Arteon 2019 menghadirkan fitur lampu LED dengan sensor khusus

Pendapat kami, wajah depannya terlihat agak sedikit kaku kurang fleksibel sebagai mobil bergaya futuristik

Selayaknya peribahasa, “Don’t Judge The Book From Its Cover”, rasanya benar. Jika mengamati lebih detail dari segi fitur, Arteon sudah dilengkapi hal menarik seperti lampu LED Headlight serta sensor kamera yang nantinya dapat mengaktifkan teknologi keselamatan canggih. Memang tak dipungkiri, sedan satu ini sudah dilengkapi hal menarik yang akan dibahas lebih lengkap di segmen fitur.

Review Volkswagen Arteon 2019: Eksterior Samping

Merambah ke bodi samping, hal yang mendapat perhatian khusus dari kami adalah kacanya. Mengapa begitu? Jika diamati lebih detail, kaca sampingnya dikemas dengan Frameless Side Windows, memberi nuansa sporty nan elegan. Ya, dalam hal ini panel kaca tidak diberikan Frame khusus seperti mobil-mobil pada umumnya. Perlu Anda ketahui, rancangan desain semacam ini mengingatkan kami pada mobil Luxury Gran Turismo.

Eksterior Samping Volkswagen Arteon 2019 menerapkan Wheelbase lebih panjang 5 inci ketimbang pendahulunya

Bodi sampingnya dikemas dengan sentuhan elegan, dipadu dimensi proporsional

Sedangkan jika berbicara masalah dimensi, tentu ada perubahan signifikan berkat penerapan Platform MQB. Dalam hal ini, dimensi Wheelbase bertambah panjang 5 inci dari Volkswagen CC. Hal tersebut juga dipadukan dengan Overhangs yang lebih pendek sehingga proporsi bodi menjadi lebih dinamis daripada sebelumnya.

Review Volkswagen Arteon 2019: Eksterior Belakang

Lantas bagaimana sektor buritannya? Kesan Premium lebih terasa pada sisi ini. Khusus pada All-New Volkswagen Arteon 2019, sudah dipersenjatai dengan Dual Trapezoidal Exhaust Tips dan Rear Decklid Spoiler. Hal ini sukses menyiratkan tema awalnya yakni Sleek Fastback, tajam di satu sisi dan sporty di sisi yang lain.

Eksterior Belakang Volkswagen Arteon 2019 menggunakan Dual Trapezoidal Exhaust Tips

Bodi belakangnya terasa sangat elegan dan sporty, berkat Rear Decklid Spoiler

>>> Informasi menarik:

INTERIOR Volkswagen Arteon 2019

Penambahan dimensi Wheelbase hingga 111,9 inci, tentu memberi esensi lapang pada kabin interior Volkswagen Arteon 2019. Tentu jika dibandingkan dengan model CC yang hanya memiliki dimensi Wheelbase 106,7 inci, kami justru lebih menyukai kelebihan dari Platform MQB ini.

Review Volkswagen Arteon 2019: Dashboard

Modern dan elegan, adalah kesan pertama ketika merasakan kabinnya. Penunjang utama terletak pada desain dashboard yang dikemas minimalis serta dihias menarik oleh aksen krom. Ini sesuatu yang kami anggap modern, ketimbang desain kabin mobil-mobil di Indonesia saat ini.

Dashboard Volkswagen Arteon 2019 sudah dilengkapi dengan fitur hiburan lengkap

Sajian dashboard dirancang penuh unsur elegan dan minimalis

Masalah fitur? Sudah pasti sangat lengkap, mulai dari Infotainment, penyejuk AC hingga fitur keselamatan, semua tertata rapi pada lini dashboard. Bagi kami, tak ada kekurangan sedikit pun, nyaris sempurna untuk sebuah mobil sedan bergaya elegan.

Review Volkswagen Arteon 2019: Setir

Kemudi setirnya menerapkan model tiga palang namun sedikit menyiku pada sisi bawah. Terkesan ergonomis dan memiliki ciri khas mobil VW. Paling menarik adalah panel Multi Information Display (MID) yang dikemas apik, bergaya Digital sehingga terkesan modern serta futuristik. Semua dirancang praktis, tombol-tombol multifungsi di sematkan rapi di kedua sisi samping setirnya.

Setir Volkswagen Arteon 2019 menerapkan model setir tiga palang

Semua informasi penting seputar mobil, bisa diamati pada sisi Digital MID

Review Volkswagen Arteon 2019: Kursi

Khusus pada masalah kursi, rasanya kita semua tak perlu mempertanyakan akan kualitasnya. Dari catatan resminya, Volkswagen menawarkan balutan kulit Nappa yang nyatanya sudah diakui oleh berbagai perusahaan otomotif ternama. Belum lagi, tersedia total lima pilihan warna yang bisa dipilih yakni Titan Black, Grigio, Raven Grey, Valencia Brown dan Black OH. Bagi kami, ini adalah sajian mewah bagi seluruh penumpang.

Kursi Volkswagen Arteon 2019 mampu menampung hingga 5 orang sekaligus

Kursi Volkswagen Arteon dikemas dengan balutan kulit Nappa

>>> Baca juga:

FITUR Volkswagen Arteon 2019

Saking bahagianya, di segmen fitur Volkswagen Arteon 2019, kami seakan ingin membahas seluruh fungsi dari fiturnya. Perlu dimaklumi memang, mengingat mobil ini memiliki teknologi super lengkap. Berikut ulasannya.

 Review Volkswagen Arteon 2019: Fitur Keselamatan

“An Intelligent Driving Experience”, adalah tema yang diusung oleh Volkswagen di halaman resmi Arteon. Ya, memang begitu adanya. Fitur bernama Lane Assist misalnya yang memiliki fungsi supaya lajur kendaraan berada tetap di marka jalan. Nantinya, apabila lajur kendaraan melewati marka yang salah, sistem akan mengeluarkan notifikasi audio dan kemudi setir bergetar, hingga akhirnya kendaraan berada di marka jalan yang benar. Cukup pintar, bukan?

Fitur keselamatan Volkswagen Arteon 2019 hadirkan Lane Assist dengan fungsi menjaga laju kendaraan supaya tetap berada di marka jalan

Ilustrasi mengenai teknologi Lane Assist

Fitur menarik lainnya adalah Area View dan Rear-View Camera. Teknologi canggih ini lebih menonjolkan kemudahan parkir kendaraan, memberi pantauan 360 derajat dengan 4 kamera di semua sisi kendaraan. Tentu, tak ada lagi kasus parkir tertabrak atau tersenggol dengan kendaraan lainnya.

Fitur Area View Volkswagen Arteon 2019 mampu mempermudah proses parkir kendaraan Anda

Ilustrasi mengenai teknologi Area View dan Rear-View Camera

Hal paling menarik berikutnya adalah fitur Adaptive Cruise Control (ACC) dengan metode prediktif. Dalam hal ini, ketika fitur diaktifkan maka mobil akan melaju tanpa perlu pengendara menginjak pedal gas. Mobil akan berjalan otomatis dan seketika berhenti jika sistem mendeteksi adanya kendaraan di depan Anda. Semua hal di-monitor dengan baik, sehingga laju berkendara masih dalam tahap aman.

Fitur Cruise Control Volkswagen Arteon 2019 bekerja mengandalkan sensor supaya kendaraan dapat melaju otomatis tanpa harus khawatir akan kecelakaan

Ilustrasi mengenai teknologi ACC

Di sisi lain juga tersedia banyak fitur tambahan seperti Emergency Assist, LED Headlights with Dynamic Light Assist, Dynamic Chassis Control, Pedestrian Monitoring hingga Traffic Jam Assist. Semua hal tersebut, menekankan pentingnya aspek keselamatan bagi sebuah kendaraan masa depan. Nyatanya, Volkswagen Arteon menawarkan hal tersebut.

Review Volkswagen Arteon 2019: Fitur Hiburan

 Hiburan sendiri ditunjang oleh panel Head Unit berukuran 8 inci Touchscreen yang memiliki berbagai fungsi. Sebut saja, 2D/3D navigasi, memutar musik, YouTube hingga mengoperasikan Podcast, sudah tersedia apik pada panel Head Unit-nya.
Paling spesial terletak pada Panoramic Sunroof yang menghiasi kabin interior-nya. Panel satu ini mampu memberikan pencahayaan menarik pada kabin mobil serta memberi keleluasaan bagi penumpang untuk menikmati pemandangan alam. Bagi kami, ini adalah hal Premium yang pernah ditawarkan untuk sebuah mobil sedan.

Fitur Hiburan Volkswagen Arteon 2019 sudah dilengkapi dengan Panoramic Sunroof sehingga kabin menjadi lebih bercahaya dan menguatkan kesan Premium

Panoramic Sunroof tentu adalah fitur Premium yang nyatanya sudah dihadirkan pada Arteon

>>> Jangan lupa untuk membandingkan dengan mobil sedan terbaru lainnya di sini

OPERASI Volkswagen Arteon 2019

Lantas bagaimana dengan jantung pacunya? Tak perlu khawatir, operasi mesin Volkswagen Arteon 2019 sudah dilengkapi dengan kapasitas 2.0 Liter Turbocharged TSI. Daya yang mampu dihasilkan berada di angka 268 HP dengan torsi puncak sebesar 258 Pound.ft. Menariknya lagi, mobil ini menawarkan dua mode penggerak yakni Front Wheel Drive (FWD) dan 4Motion All-Wheel Drive (AWD).

OperasI Mesin Volkswagen Arteon 2019 mampu menghasilkan daya hingga 268 HP

Performa mesinnya didukung dengan mesin 2.0 Liter Turbocharged TSI

Bagi Anda yang ingin segala sesuatunya sempurna, disarankan untuk mulai menyukai mode penggerak 4Motion AWD. Mengapa begitu? Nantinya, daya yang dihasilkan oleh mesinnya akan disalurkan ke keempat roda menggunakan transmisi 8 tingkat percepatan otomatis. Bukan saja lebih bertenaga, namun sajian ini akan memudahkan Anda bergerak dinamis di area licin atau bahkan jalanan bersalju.
Tentu sebuah mobil sedan lebih dinilai akan masalah akselerasi dan juga Handling. Setidaknya, kedua hal tersebut berada di atas rata-rata ketimbang segmen mobil lainnya. Bagi Volkswagen, Arteon 4Motion AWD sudah menjadi jawaban mutlak terkait masalah akselerasi lebih bertenaga serta Handling mumpuni meski di medan licin sekali pun. Itulah setidaknya yang ditawarkan oleh Arteon.

>>> Tertarik dengan mobil-mobil Volkswagen? Simak ulasan menariknnya di sini

spesifikasi Volkswagen Arteon 2019

Untuk informasi seputar spesifikasi Volkswagen Arteon 2019, Anda bisa mengamatinya pada tabel di bawah ini.

SPESIFIKASI VOLKSWAGEN ARTEON 2019

DIMENSI

Panjang x Lebar x Tinggi

4.862 mm x 1.871 mm x 1.450 mm

Jarak Poros Roda

2.837 mm

Ground Clearance

138 mm

MESIN

Tipe Mesin

2.0 Liter Turbocharged TSI 4 Silinder 16 Katup

Kapasitas Silinder

1.984 cc

Daya Maksimum

268 HP / 5.500 Rpm

Torsi Maksimum

258 Lb.ft / 1.950 Rpm

Sistem Transmisi

8 Tingkat Percepatan Otomatis

Mode Penggerak

FWD / 4Motion AWD

HANDLING

Suspensi Depan

Strut-Type dengan Lower Control Arms, Coil Springs, Telescopic Damper, Anti-Roll Bar

Suspensi Belakang

Multilink dengan Coil Springs, Telescopic Dampers, Anti-Roll Bar

Rem Depan

Vented Discs

Rem Belakang

Vented Discs

BAHAN BAKAR

Tipe Bahan Bakar

Bensin

Kapasitas Tangki Bahan Bakar

66 Liter

kelebihan & kekurangan Volkswagen Arteon 2019

Di setiap review Cintamobil.com, Anda akan selalu dihadapkan pada sisi positif dan negatif pada suatu kendaraan. Bukannya mengapa, mengingat semua hal tak ada yang sempurna. Begitu juga pada Arteon. Berikut kelebihan dan kekurangan Volkswagen Arteon 2019.

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Dilengkapi dengan fitur keselamatan canggih dan sangat lengkap

Tidak ada kabar pasti mengenai kehadirannya di Indonesia

Menawarkan mode penggerak 4Motion AWD sebagai penunjang performa serta Handling-nya

Harganya tergolong mahal untuk sekelas mobil sedan

Kabin benar-benar dikemas sangat Premium

Desain eksterior terasa lebih kaku ketimbang Volkswagen CC

daftar harga Volkswagen Arteon 2019

Dari informasi yang kami dapatkan, daftar harga Volkswagen Arteon 2019 akan dilepas mulai $35.845 hingga $37.645, di kisaran Rp. 519 jutaan hingga Rp. 545 jutaan. Namun perlu menjadi catatan bahwa harga tersebut untuk pasar Amerika dan diprediksi akan meningkat jika ditawarkan di Tanah Air, perihal biaya impor, pajak dan berbagai hal lainnya. Diprediksi angkanya bisa menjadi Rp. 1 miliar lebih untuk memilikinya.

Video Volkswagen Arteon 2019

KESIMPULAN Volkswagen Arteon 2019

Bagi pecinta sedan dengan nuansa masa depan, Volkswagen Arteon berdiri di baris terdepan khususnya dalam bidang teknologi. Di Amerika yang mana infrastruktur berkembang pesat, membuat para industri otomotif juga turut berinovasi. Sama halnya dengan Volkswagen Arteon yang kini hadir dengan kelengkapan menarik, menunjang keselamatan pengendara dan penumpang. Menariknya lagi, Volkswagen merancang Arteon dengan performa mesin 2.0 Liter Turbocharged serta mode penggerak 4Motion AWD. Sehingga, mobil kini tak lagi dimaknai sebagai kendaraan biasa namun juga merambah ke aspek kenyamanan berkendara bagi pemiliknya.

>>> Jangan lupa untuk menyimak ulasan mobil terbaru dan terlengkap lainnya, hanya di situs Cintamobil.com

Franky Pratama
 

Ulasan anda

Rate
0,0/ 5,0

review lain

Cari review mobil