Indahnya Tol Cipularang, Tapi Butuh Waspada saat Melintasinya

22/06/2020

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Indahnya Tol Cipularang, Tapi Butuh Waspada saat Melintasinya
Inilah Tol Cipularang, jalur tercepat dari ibu kota menuju Kota Bandung hingga Tasikmalaya Jawa Barat yang tak hanya sarat keindahan alam tapi juga penuh misteri.

Tak ada jalur tercepat dari Kota Jakarta menuju Kota Bandung selain jalan tol Cikampek-Purwakarta-Padalarang alias Tol Cipularang. Tol yang membentang dari Simpang Susun Cikampek jalan Tol Jakarta-Cikampek hingga Simpang Susun Padalarang jalan Tol Padalarang-Cileunyi ini menjadi alternatif utama bagi pengendara yang tidak ingin ke Bandung atau Tasikmalaya tanpa melewati Kota Bogor, Cianjur, dan Cimahi.

Selain mempersingkat waktu perjalanan, pengendara akan disuguhi pemandangan pegunungan dan bukit yang luar biasa indah di sisi kiri maupun kanan jalan tol. Ini pula yang membuat perjalanan tidak terasa membosankan.

>>> Pemerintah Proyeksikan Tol Trans Jawa Tersambung Dengan Tol Bali

Wajib berhati-hati

Foto menunjukkan Ruas Tol Cipularang dari udara

Pengendara wajib berhati-hati melewati jalan tol

Meski menyenangkan pengendara perlu ekstra hati-hati dan tetap fokus. Jalan Tol Cipularang memiliki kontur naik turun hingga menikung tajam. Sedikit terlena bisa saja berakibat celaka. Sudah banyak kasus kecelakaan terjadi di jalan tol ini, bahkan dibanding jalan tol-jalan tol yang lain bisa dikatakan sangat tinggi.

Sebut saja kecelakaan mobil Saiful Jamil beserta istrinya, Virginia Anggraeni pada 3 September 2011 silam. Kecelakaan itu terjadi di KM 96+800 Tol Purbaleunyi dan menewaskan sang istri. Empat hari kemudian kecelakaan terjadi di KM 93 atau 4 Km dari titik kecelakaan Saiful Jamil. Sebuah mobil berisikan 18 orang menabrak truk. Akibatnya 6 orang meninggal dunia dan 3 lainnya terluka.

Yang terdahsyat dan teranyar kecelakaan terjadi di KM 92 tanggal 2 September 2019. Kecelakaan yang dipicu 2 truk kelebihan muatan itu melibatkan 20 kendaraan, mengakibatkan 9 orang meninggal dunia dengan 4 korban diantaranya hangus terbakar di lokasi kejadian.

>>> Inilah Alasannya Mengapa Mobil Terbakar Ketika Kecelakaan Beruntun di Cipularang

Akses penting di Jawa Barat

Foto menunjukkan Gerbang Tol Kalihurip 2

Akses dimulai dari GT Kalihurip

Terlepas dari berbagai insiden yang terjadi, jalan Tol Cipularang berperan besar terhadap kegiatan ekonomi di Jawa Barat. Jalan ini mempercepat distribusi berbagai kebutuhan dari ibu kota ke Kota Bandung dan sejumlah kota yang lain, atau sebaliknya dari wilayah Jawa Barat ke Jakarta.

Tol Cipularang juga salah satu jalur terbaik untuk mengunjungi sejumlah destinasi wisata di Jawa Barat, seperti Paskal Food Market di Bandung, Kampung Toga di Sumedang, Pasar Nostalgia, dan yang lain.

  • Paskal Food Market. Destinasi kuliner favorit ini berada di Jalan Pasir Kaliki. Untuk sampai ke sini bisa melalui Ruas Tol Cipularang dan keluar di Gerbang Tol Pasteur. ⁣
  • Kampung Toga. Tempat wisata populer ini berada di Sumedang. Berbagai macam hiburan yang disediakan seperti paralayang, pemancingan dan penginapan. Bagi yang mau liburan ke Kampung Toga dapat melalui Ruas Tol Cipularang dan keluar melalui Gerbang Tol Cileunyi.

Foto menunjukkan aksi paralayang di Kampung Toga

Kampung Toga, surganya pecinta paralayang

  • ⁣Pasar Nostalgia. Berada di Kota Bandung, Pasar Nostalgia merupakan pasar yang menjual barang-barang antik terbesar di Indonesia dan harganya relatif terjangkau. Untuk sampai ke tempat ini dapat mengakses Ruas Tol Cipularang dan keluar di Gerbang Tol Buah Batu.

⁣Spesifikasi

Jalan Tol Cipularang Tol membentang lebih dari 54 Km dari Simpang Susun Cikampek jalan Tol Jakarta-Cikampek hingga Simpang Susun Padalarang jalan Tol Padalarang-Cileunyi. Secara keseluruhan jalan tol ini berada di wilayah Provinsi Jawa Barat, meliputi 3 Kabupaten, yaitu Karawang, Purwakarta, dan Bandung Barat.

Tol ini selesai dibangun bulan April 2005 dan dikelola PT Jasa Marga (Persero) Tbk. hingga saat ini. Untuk memudahkan akses warga tersedia 5 akses yaitu Simpang Susun Kalihurip (SS Cikampek), Simpang Susun Sadang, Simpang Susun Jatiluhur, Ramp Cikamuning, dan Simpang Susun Padalarang.

>>> Temukan informasi mobil menarik lainnya hanya di Cintamobil.com

Share this post:
Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top