Pemerintah Proyeksikan Tol Trans Jawa Tersambung Dengan Tol Bali

26/01/2020
Sukses dengan pembangunan jalan Tol Trans Jawa, pemerintah berencana menyambungkan tol terpanjang di Jawa tersebut dengan jalan Tol Bali. Kapan waktunya?

Jalan Tol Trans Jawa menjadi jalur tercepat yang menghubungkan ujung barat pulau Jawa, pelabuhan Merak, Banten hingga ujung timur, pelabuhan Ketapang, Banyuwangi, Jawa Timur. Sebagian besar pembangunan sudah selesai dan tol sudah beroperasi. Tinggal beberapa ruas lagi yang masih tahap pembangunan, seperti Tol Probolinggo-Banyuwangi yang menjadi ujung dari jalan Tol Trans Jawa di wilayah timur.

Foto menunjukkan salah satu ruas tol Trans Jawa

Dari Sumatera hingga Bali bakal tersambung melalui jalan tol

Terkoneksi dengan Tol Bali

Untuk ruas tol terakhir ini sepertinya memang masih lama sampai tol benar-benar selesai dikarenakan masih tahap pembebasan lahan. Meski demikian rencana besar sudah direncanakan pemerintah. Ke depan, Tol Trans Jawa Bakal terkoneksi dengan Tol Gilimanuk-Tabanan di pulau Bali. Tidak akan jauh terpisah karena tol juga bakal terintegrasi dengan pelabuhan Gilimanuk sehingga pengendara dari Jawa bisa langsung masuk tol usai menyeberang menggunakan kapal.

Dituturkan Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Danang Parikesit, koneksi ini penting selain mempersingkat jarak tempuh pelabuhan hingga Tabanan, tol juga bakal berpengaruh terhadap peningkatan trafik Tol Mandara yang sudah beroperasi sejak lama.

>>> Tak Mau Bayar Mahal Tiket Pesawat, Jalan Tol Jadi Primadona

Foto menunjukkan Jalan Tol Bali Mandara

Tol Mandara, tol di ata air terpanjang di Indonesia

"Ya kira-kira akan begitu logikanya kan. Apalagi kita juga mengharapkan dia juga nyambung dengan Tol Bali Mandara," tutur Danang, seperti dikutip dari CNBC Indonesia, (21/1/20). "Karena kan Bali Mandara ini jalan tol yang sangat tergantung pada proyek-proyek pemerintah ya. Kalau jalan alternatif tidak diperbaiki kan traffic-nya drop," tambahnya.

Masih studi

Rencana besar di atas masih bersifat rencana. Detail jalurnya pun belum ditentukan. Yang pasti tol bakal melewati wilayah Denpasar dulu sebelum tersambung dengan Tol Mandara. Sementara untuk saat ini studi kelayakan sedang dilakukan Ditjen Pembiayaan Infrastruktur dengan perkiraan waktu 8 bulan sampai studi selesai. Baru kemudian diputuskan apakah pembangunan mendapatkan izin atau tidak mempertimbangkan berbagai kondisi, termasuk trase yang akan dilalui.

Targetnya, jika akhir 2020 ini mendapat kepastian dan diizinkan, proyek segera masuk proses tender. Kalau memang itu disetujui nanti pasti tugas kami untuk kita tenderkan," kata Danang.

>>> Kena Denda Besar Karena E-Toll Hilang, Begini Proses Penanganannya!

Foto menunjukkan saat Sosialisasi Tol Probowangi

Pembangunan Tol Probolinggo-Banyuwangi masih tahap sosialisasi

>>> Temukan informasi mobil menarik lainnya hanya di Cintamobil.com

Fatchur Sag

Ulasan anda

Apakah artikel ini bermanfaat untuk Anda?
0

berita lain