HKS Lakukan Pengetesan Pada Toyota GR Supra A90, Libatkan Drifter Ternama Asal Jepang

22/05/2019

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
HKS Lakukan Pengetesan Pada Toyota GR Supra A90, Libatkan Drifter Ternama Asal Jepang
Peluncuran Toyota GR Supra A90 di Jepang ternyata kembali memanaskan persaingan antara tuner ternama Jepang dalam pengembangan part aftermarket untuk Toyota GR Supra A90. Setelah TRD, tuner ternama Jepang lainnya, HKS, terlihat sedang lakukan pengetesan beberapa prototipe part aftermarket untuk Toyota GR Supra A90.

Setelah peluncuran beberapa waktu lalu di Jepang, Toyota GR Supra A90 mendulang banyak perhatian, khususnya di kalangan car enthusiast di Jepang. Setelah TRD menghadirkan part aftermarket berupa aero kit dan pelek, Toyota GR Supra A90 terlihat sedang menjalani serangkaian pengetesan bersama produsen atermarket ternama asal Jepang lainnya, HKS. Pengetesan berlangsung di trek drift legendaris yang kerap dikenal dengan nama Gunsai Touge yang terletak di prefektur Gunma, Jepang.

HKS sedang lakukan pengetesan pada Toyota GR Supra A90 di Gunsai Touge, Jepang

HKS memilih trek drift legendaris, Gunsai Touge untuk lakukan pengetesan beberapa prototipe part aftermarketnya untuk Toyota GR Supra A90

>>> Drifter Jepang Pakai Toyota GR Supra Bermesin 2JZ

HKS memang serius dalam mengembangkan part aftermarket untuk Toyota GR Supra A90, dengan melibatkan drifter dan pembalap ternama, Manabu Orido alias Max Orido. Pengembangan bersama Orido-san ini bukan tanpa alasan, lantaran drifter berusia 50 tahun ini terkenal lantaran menggunakan Toyota Supra A80 baik di ajang drift D1GP hingga balap turing prestisius Jepang, Super GT. Sehingga diharapkan Max Orido dapat memberikan masukan yang berharga untuk pengembangan part aftermarket HKS untuk Toyota GR Supra A90.

Foto Manabu Orido di depan dua generasi Toyota Supra

Kedekatan Manabu Orido dengan Toyota Supra membuatnya di juluki sebagai Supra Man, yang merupakan plesetan dari toko superhero Superman

>>> Temukan mobil idaman dengan harga terbaik di sini

Pada kali ini, HKS fokus pada pengembangan suspensi aftermarketnya yang dibuat khusus untuk sports car hasil kerjsama Toyota dan BMW tersebut. HKS membawa prototipe per aftermarket untuk dipasangkan suspensi Toyota GR Supra A90. Prototipe per HKS ini memiliki kemampuan untuk diatur tingkat kekerasan dan ketinggiannya meski tetap dipasangkan dengan sokbreker aktif (active damper) yang dikontrol secara elektronik bawaan Toyota GR Supra A90. Pengetesan prototipe per HKS ini akan menjadi awal pengembangan coilover Hipermax yang dibuat khusus untuk suspensi Toyota GR Supra A90. Hipermax sendiri merupakan coilover buatan HKS yang sangat populer untuk digunakan keperluan balap maupun harian.

Foto per adjustable HKS untuk Toyota GR Supra A90

Prototipe per adjustable HKS yang disesuaikan dengan sokbreker aktif Toyota GR Supra A90 yang dikontrol secara elektronik

>>> Selalu update kabar pasar mobil Anda di sini

Prototipe per HKS untuk Toyota GR Supra A90 ini dirancang untuk mengoptimalkan karakter redaman suspensi dan handling dari Toyota Supra generasi kelima ini. Saat pengetesan, HKS juga memasangkan pelek Advan GT berukuran 19 inci yang terlihat sangat harmonis dengan tubuh sintal dari Toyota GR Supra A90. Selama pengetesan terlihat jelas, HKS menurunkan tingkat ketinggian dari settingan per (ride height) agar mampu memberikan pengendalian lebih optimal sekaligus tampilan yang lebih agresif.

Foto prototipe muffler HKS untuk Toyota GR Supra A90

Prototipe muffler HKS untuk Toyota GR Supra A90 yang berhasil tertangkap kamera

Tak hanya prototipe per, HKS ternyata juga membawa prototipe knalpot atau muffler untuk Toyota GR Supra A90. Prototipe muffler untuk Toyota GR Supra A90 ini menganut twin tipe dengan dua corong yang menjadi standar dari desain muffler pada Toyota GR Supra A90. Namun sayang belum ada detail spesifikasi maupun kenaikan tenaga yang diharapkan dari prototipe muffler HKS untuk Toyota GT Supra A90.

>>> Kumpulan artikel dunia otomotif terkini lainnya di Cintamobil.com

Share this post:

Berita lain

Diam-Diam Toyota Supra Generasi Terbaru Bakal Dijual Di Indonesia

18/03/2019

Mobil baru

Toyota Supra generasi terbaru belum lama ini diperkenalkan ke publik, tepatnya di pameran otomotif bergengsi Detroit Auto Show 14-27 Januari 2019 dan dilanjutkan di pameran Geneva Motor Show 7-17 Maret 2019. Sepertinya mobil ini juga bakal segera mengaspal di Indonesia melengkapi deretan mobil sedan Toyota yang lain.

Lihat juga

Sebelum di Jalanan, Toyota Supra 2019 Sudah Bisa Dikendarai dalam Game Ini

28/02/2019

Pasar mobil

Penggemar game balap Gran Turismo Sport akhirnya bisa mengendarai Toyota Supra 2019 dengan tambahan Mazda MX-5 Miata versi asli dalam pemutakhiran versi PlayStation 4.

Lihat juga

Review Nissan GT-R Nismo 2020: 'Godzilla' Tumbangkan Euphoria Toyota Supra

28/04/2019

Editor rate:

Selepas kehadiran Toyota Supra di beberapa bulan lalu, tampaknya Nissan tak mau kalah dengan memberikan pembaruan pada model legendarisnya yakni GT-R. Performanya kini benar-benar bertambah garang yang digadang-gadang menjadi kandidat terberat dari Toyota Supra. Mari kita simak informasinya dalam review Nissan GT-R Nismo 2020.

Lihat juga

Review Toyota GR Supra GT4 Concept 2019

09/04/2019

Editor rate:

Meramaikan persaingan kelas GT4, Toyota Gazoo Racing (TGR) menghadirkan varian balap dari generasi Supra teranyar, yakni Toyota GR Supra GT4 Concept 2019. Seperti apa tampilan salah satu bakal calon penantang kategori balap grand touring (GT) entry-level ini?

Lihat juga

Review Toyota Supra 2019: Legenda Toyota Tiba ke Indonesia

22/07/2019

Editor rate:

Setelah sekian banyak tahun menunggu, para penggemar Toyota Supra bisa berbangga hati di tahun 2019. Pasalnya, Detroit Auto Show menjadi saksi sejarah akan hadirnya generasi kelima dari Toyota Supra. Semua hal dibuat baru mulai dari eksterior hingga performa mesin yang diklaim menawarkan sensasi berkendara luar biasa nyaman. Dan kali ini, Toyota membawa legendanya ke Tanah Air. Seperti apa penampakannya?

Lihat juga
 
back to top