Drifter Jepang Pakai Toyota GR Supra Bermesin 2JZ

13/03/2019

Pasar mobil
Share this post:
Drifter Jepang Pakai Toyota GR Supra Bermesin 2JZ
Daigo Saito, drifter senior Jepang, mengumumkan tunggangannya untuk kejuaraan D1 Grand Prix 2019, yakni Toyota GR Supra.

Proses pengerjaan Toyota GR Supra drift

Toyota Supra kembali memakai mesin 2JZ

D1 GP merupakan salah satu kejuaraan drift cukup populer selain Formula Drift. Beberapa nama terkenal dari ajang balap di Jepang tersebut antara lain Nobuteru Taniguchi, juara musim 2001 yang kini berlaga di Super GT, serta Daigo Saito, peraih poin tertinggi di klasemen akhir musim 2008 dan 2016.

Selain di Negeri Sakura, Saito juga memperlebar sayap ke Amerika Serikat melalui Formula D. Selama tiga musim membalap (2012-2014), ia meraih satu juara pada debutnya menggeber Lexus SC430 UCF30.

>>> Lihat juga modifikasi Suzuki Swift 2018 menjadi mobil balap!

Menghadapi D1 GP musim ini, Saito bakal memakai Toyota GR Supra dengan spesifikasi balap drift. Hal menarik dari mobil tersebut adalah penggunaan mesin jenis 2JZ (dipakai di Supra generasi keempat) dengan spek 6 Silinder Segaris 3.352cc Turbocharged, menggantikan tipe stok 3.0 Liter 6 Silinder Segaris Twin Scroll Turbocharged yang bekerja sama dengan BMW untuk model Z4 teranyar.

Drifter berusia 38 tahun tersebut juga memperlihatkan proses pengerjaan Toyota GR Supra drift di bengkel Fat Five Racing. Selain ganti mesin, mobil tersebut juga mendapat pembaruan di area bodykit, ban, serta penambahan radiator berupa kipas di bagian belakang.

Kipas belakang Toyota GR Supra drift

Kipas radiator ganda!

Saito akan unjuk kebolehan Toyota GR Supra untuk pertama kali lewat seri D1 GP All Star Shoot-Out di Odaiba, Jepang, 23 hingga 24 Maret 2019. Selain D1 GP, Saito berencana tampil di Polandia dalam acara Gymkhana Grid 2019, 7 September 2019.

>>> Sedang mencari mobil pilihan Toyota? Cintamobil.com punya daftarnya!

Ini merupakan kali kelima Toyota GR Supra mendapat sentuhan balap. Sebelumnya telah hadir GR Supra Racing Concept pada Maret 2018 sebelum akhirnya Toyota memperlihatkan wujud akhir model A90 Januari lalu lewat pameran Detroit Motor Show. Selain itu hadir pula varian GR Supra Super GT, mengisyaratkan kembalinya merek Toyota ke ajang balap siluet Jepang itu, Toyota Supra NASCAR, pemenang balapan Xfinity Series 2019 di Atlanta, serta Toyota GR Supra GT4. Nampaknya embel-embel GR (Gazoo Racing) pada varian Supra teranyar menyiratkan ambisi balap cukup besar. 

Lihat kembali aksi spektakuler Daigo Saito saat melompat di trek Ebisu!

>>> Ikuti berita otomotif terkini lainnya di Cintamobil.com!

Share this post:
 
back to top