GM dan Honda Beraliansi di Amerika Utara

04/09/2020

Pasar mobil

3 menit

GM dan Honda Beraliansi di Amerika Utara
GM dan Honda beraliansi untuk tingkatkan bisnis kedua perusahaan khusus di pasar Amerika Utara. Aliansi ini memungkinkan keduanya untuk berbagi platform.

General Motors (GM) dan Honda mengumumkan bahwa keduanya telah menandatangani nota kesepahaman yang tidak mengikat untuk beraliansi di Amerika Utara. Ruang lingkup aliansi yang diusulkan mencakup berbagai kendaraan yang akan dijual di bawah merek masing-masing perusahaan yang berbeda, serta kerja sama dalam pembelian, penelitian dan pengembangan, dan layanan terkait.

>>> KIA Giat Kejar Target Penjualan Mobil di Indonesia

Gamabar menunjukan Roadmap aliansi honda dan gm

Roadmap hubungan antara GM dan Honda

Aliansi yang Menguntungkan Bagi Keduanya

Melalui kerjasama ini Honda dan GM akan berkolaborasi dalam berbagai segmen di Amerika Utara, serta berbagi platform kendaraan umum, termasuk sistem propulsi pembakaran internal dan listrik yang selaras dengan platform kendaraan. Diskusi perencanaan pengembangan bersama akan segera dimulai, dengan pekerjaan teknik dimulai pada awal 2021.

“GM dan Honda beraliansi untuk membantu kedua perusahaan mempercepat investasi dalam inovasi mobilitas masa depan dengan membebaskan sumber daya tambahan. Mengingat rekam jejak kolaborasi kami yang kuat, perusahaan akan mewujudkan sinergi yang signifikan dalam pengembangan portofolio kendaraan saat ini, ”kata Mark Reuss, presiden General Motors dalam keterangan resminya.

Sementara itu Honda mengatakan melalui aliansi baru dengan GM ini, Honda diyakin dapat mencapai efisiensi biaya yang substansial di Amerika Utara yang akan memungkinkan produsen mobil asal Jepan ini untuk berinvestasi dalam teknologi mobilitas masa depan, sambil mempertahankan penawaran yang berbeda dan kompetitif. 

"Menggabungkan kekuatan masing-masing perusahaan, dan dengan hati-hati menentukan apa yang akan kami lakukan sendiri dan apa yang akan kami lakukan dalam kolaborasi, kami akan berusaha untuk membangun hubungan yang saling menguntungkan untuk menciptakan nilai baru bagi pelanggan kami. Dengan cara ini, Honda akan terus membuat kemajuan yang stabil dalam memperkuat bisnis yang ada dengan mewujudkan produk yang kuat, kemampuan manufaktur yang kuat, dan struktur bisnis yang kuat.” kata Seiji Kuraishi, wakil presiden eksekutif Honda.

>>> Promo Biaya Perbaikan Kopling, Aki, dan Shock Absorber di Auto2000

Gambar menunjukan Platform mobil

Keduanya akan berbagi platform yang sama

GM dan Honda beraliansi Memungkinkan Keduanya untuk Berbagi Platform

Aliansi Honda dan GM di Amerika Utara ini akan memanfaatkan teknologi terbaik dan menghasilkan efisiensi biaya yang substansial dari platform kendaraan bersama dan sistem propulsi, pembelian bersama, potensi efisiensi produksi, dan upaya kolaborasi lainnya. Ini akan memungkinkan GM dan Honda melakukan investasi yang lebih besar dalam teknologi maju dan generasi mendatang.

GM dan Honda juga berencana untuk membagi biaya R&D dan rekayasa untuk platform kendaraan dan propulsi yang dikembangkan bersama di masa depan. Ini akan menciptakan efisiensi yang substansial dan membebaskan modal, memungkinkan kedua perusahaan memenuhi persyaratan yang semakin meningkat untuk berinvestasi dalam berbagai tren mobilitas masa depan dan peluang pertumbuhan tambahan untuk kedua perusahaan.

>>> Klik sini untuk baca berita otomotif terbaru lainnya 

Sejak kuliah, Rahmat telah bercita-cita menjadi seorang jurnalis. Sarjana Sastra Indonesia ini mulai menjadi jurnalis sejak 2013 dan terjun di media otomotif setahun kemudian. Rahmat bergabung dengan tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top