GIIAS 2021: Jalur Komunikasi Ke Industri Karoseri Makin Dipermudah Isuzu

15/11/2021

Pasar mobil

2 menit

Share this post:
PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) punya cara tersendiri di GIIAS 2021 untuk mempermudah jalur komunikasi dengan para pelaku industri karoseri, ini caranya

Segmen kendaraan niaga tumbuh begitu pesat, seiring dengan pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Maka dari itu, seiring dengan berkembangnya zaman dan teknologi maka perlu menghadirkan aplikasi untuk konsumen. Hal ini jadi perhatian Isuzu Indonesia di GIIAS 2021.

Karoseri Jadi Kunci

Makanya, PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) pun langsung bergerak cepat dengan menghadirkan aplikasi sesuai dengan kebutuhan konsumen, terutama dari sisi karoseri. 

“Isuzu memastikan chassis yang dibuat dapat memnuhi kebutuhan customer termasuk dengan potensi aplikasinya yang dapat diinstall dengan mudah dan cepat oleh karoseri. Nanti setelah product ini dipakai oleh customer Isuzu juga akan menjaga aftersales service product tersebut," ujar Attias Asril selaku Marketing Division Head Isuzu Indonesia di ajang GIIAS 2021.

Isuzu Karoseri

Launching Isuzu Karoseri Portal di GIIAS 2021

Pria yang akrab disapa dengan nama Pak Aat ini juga mengatakan pastinya Isuzu dan karoseri menginginkan customer mendapatkan product yang fit (pas), proses yang cepat dan mudah serta kompetitif biaya kepemilikian dan operasionalnya. 

Untuk menyediakan kebutuhan customer tersebut tentunya Isuzu dan karoseri harus berkolaborasi dengan karoseri dalam membuat end product. End product ini merupakan kolaborasi antara chassis dan aplikasi.

>>> Isuzu 'Nyaman' Dengan Posisi Traga

Lebih lanjut Att juga menjelaskan, salah satu syarat untuk dapat memproduksi suatu aplikasi pada kendaraan niaga, karoseri membutuhkan SKRB (Surat Keterangan Rancang Bangun) yang harus diajukan kepada Kementerian Perhubungan.

Information Sharing

Dalam proses pembuatan aplikasi tersebut, APM dan Karoseri perlu bertukar informasi dan dokumen teknis, misalnya dari Isuzu untuk Karoseri, seperti Surat Uji Tipe (SUT), Gambar 2D, Body Builder Guide (BBG) untuk memberikan panduan dalam pembuatan aplikasi, informasi terkait regulasi dan lainnya.  

“Harapan kita adalah kebutuhan customer dapat terpenuhi. Karoseri juga ikut ambil peran dalam memenuhi kebutuhan customer jadi kita harus saling bekerja sama. Saat ini hal yang dibutuhkan karoseri dari kami sebagai APM adalah SUT, Drawing, Body Builder Guide dan surat rekomendasi SKRB sebagai syarat untuk pembuaatan SKRB-nya,” tutur Att. 

Portal Karoseri

Dikarenakan banyaknya dokumen teknis dan banyaknya jumlah perusahaan karoseri di Indonesia, sehingga dibutuhkan 1 platform yang memudahkan kedua belah pihak untuk bertukar informasi. 

Sehingga pada pameran otomotif, GIIAS 2021 ini, Isuzu Indonesia meresmikan portal Karoseri, yang bertujuan sebagai jembatan komunikasi dan pertukaran informasi serta dokumen-dokumen antara APM dan karoseri agar lebih cepat dan mudah. 

Karoseri Isuzu Traga

Isuzu Traga jadi ujung tombak jualan PT IAMI di GIIAS 2021

"Dengan adanya portal karoseri ini, diharapkan informasi dan dokumen yang bersumber dari satu pintu akan mengurangi tingkat kesalahan teknis, serta dapat memenuhi kebutuhan masing-masing, baik karoseri maupun Isuzu sebagai APM," kata Arvin Sumbung, yang menjabat sebagai Product Marketing CV & LCV Manager PT IAMI di GIIAS 2021.

Arvin Sumbung pun menambahkan, Isuzu berkomitmen dalam memberikan layanan yang fast & easy process kepada seluruh stakeholder Isuzu, oleh karena itu karoseri portal ini sebagai salah satu bentuk komitmen isuzu demi memberikan kemudahan dan kecepatan baik untuk karoseri maupun konsumen. 

>>> Beli Isuzu Elf Bisa Dapat Diskon Hingga Rp 50 Juta

Portal Karoseri ini juga menjadi salah satu pintu komunikasi yang cepat antara Isuzu dan karoseri, sehingga informasi teknis, seperti cara instalasi yang baik di chassis dan semacamnya dapat menjadi bahan diskusi demi mencapai hasil aplikasi yang baik dari sisi Kualitas, Harga dan Pengirimannya. Ini  untuk mencapai tujuan bersama, yaitu

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, kini ia menjadi Managing Editor Cintamobil.com

About Arfian

Lulusan kampus Trisakti angkatan 2009 ini sebenarnya salah jurusan saat kuliah. Karena ia mengambil jurusan Ekonomi Akuntansi mengikuti kemauan ayahnya dibanding mengambil kuliah teknik maupun komunikasi yang menjadi minatnya. Namun, passion menulis dan ketertarikannya akan mobil membawanya melamar menjadi jurnalis otomotif.

Gayung pun bersambut, pada tahun 2014 di mana sebelum Arfian wisuda, ia sudah diterima bekerja di Motorplus Weekly. Motorplus Weekly adalah sebuah tabloid dwi mingguan yang mengulas tentang sepeda motor. Lho kok sepeda motor? Yes, karena saat Arfian melamar pekerjaan di anak grup Kompas Gramedia tersebut, hanya posisi itu yang tersedia.

Setelah lulus kuliah Arfian bekerja di sana selama tiga tahun sebagai reporter. Bekerja menjadi jurnalis khusus sepeda motor Arfian jalani dengan semangat dan senang hati. Tak terhitung berapa kali ia menemui narasumber, berkunjung ke bengkel maupun sekadar mencoba sepeda motor baru dari jenis scooter hingga motor besar.

Di tengah perjalanan karirnya, Motorplus Weekly memiliki satu anak usaha lagi yakni Otoplus weekly yang berpusat di Surabaya, Jawa Timur. Melihat potensi dan passion yang dimiliki Arfian, Editor in Chief Motorplus saat itu, Alm Achmad ‘Feol’ Riswan menugaskan secara khusus Arfian untuk mengisi kolom otomotif roda empat.

Arfian ditugaskan untuk test drive mobil di tabloid Otoplus tersebut mulai tahun 2016. Sampai saat ini sudah ratusan kendaraan baik berjenis truk, bus, hingga mobil sport yang Arfian coba. Kegemarannya menulis dengan detail, terstruktur dan teknis membuat ia memiliki pembaca setia dan dipercaya untuk menjadi test driver di tabloid tersebut. 

Sejak tahun 2018 Arfian bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer dan menjadi Senior Content Writer setahun kemudian. Di tahun 2021 ia dipromosikan menjadi Editor, dan dengan kinerja yang baik di tahun 2021 ini pula ia dipromosikan kembali menjadi Managing Editor untuk website ini.

Roles

Managing Editor, Cintamobil.com

Workplace

Jakarta, Indonesia

Education

2009 - 2014 Trisakti University, Bachelor Degree, Accounting

2006 - 2009 54 Senior High School

2003 - 2006 109 Junior High School

Experience

2014 - 2016 Motorplus & Otoplus, Kompas Gramedia

2018 Content Writer Cintamobil.com

2019 Senior Content Writer Cintamobil.com

2021 Managing Editor Cintamobil.com

Awards

2020 - 3rd Winner, Best Online Write Up Activity & Industry News, Warta Citra Adiwahana

2020 - 2nd Winner, Mitsubishi Journalist Writing Competition - Artikel Online Terbaik

2021 - 1st Winner, Best Online Product Review, Warta Citra Adiwahana

 
back to top