Gerbang Tol Ungaran, Akses Utama ke Tempat Wisata Kabupaten Semarang

04/07/2020

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Gerbang Tol Ungaran, Akses Utama ke Tempat Wisata Kabupaten Semarang
Tidak susah untuk menikmati destinasi wisata di Kabupaten Semarang. Anda bisa mengaksesnya melalui jalan Tol Trans Jawa dan keluar di Gerbang Tol Ungaran.

Lewat Tol Trans Jawa? Silahkan mampir sejenak ke Kota Ungaran dan nikmati keindahan Gunung Ungaran. Itu baru salah satu destinasi wisata di Kabupaten Semarang yang bisa Anda akses melalui Gerbang Tol Ungaran.

Gerbang Tol Ungaran

Buat Anda yang melintas di jalan Tol Semarang-Solo Jawa Tengah, baik itu dari Semarang ke Solo atau sebaliknya Anda akan dimanjakan oleh pemandangan alam yang tak ada duanya. Dari hamparan sawah hijau, perbukitan, hingga landscape Gunung Ungaran dan Gunung Merbabu.

Dan jangan salah, keindahan itu tidak hanya bisa dinikmati dari jalan tol, Anda bahkan bisa menghampirinya dengan segera, yaitu melalui Gerbang Tol Ungaran. Di Simpang Susun Ungaran, ambil akses keluar dan Anda akan menemukan gerbang tol tersebut.

>>> Mau Bayar Tol, Perhatikan Tinggi Mobil Biar Tak Nyangkut

Foto Gerbang Tol Ungaran dari udara

Gerbang Tol Ungaran, mudahkan perjalanan menuju Kabupaten Semarang

Gerbang Tol Ungaran merupakan salah satu dari 6 gerbang tol yang berada di sepanjang Tol Semarang-Solo yang dikelola Trans Marga Jateng (TMJ). Keenamnya yaitu Gerbang Tol (GT) Banyumanik, Gerbang Tol (GT) Ungaran, Gerbang Tol (GT) Bawen, Gerbang Tol (GT) Salatiga, Gerbang Tol (GT) Boyolali, dan Gerbang Tol (GT)l Colomadu.

Akses utama destinasi wisata Kota Ungaran dan Kabupaten Semarang

Gerbang Tol (GT) Ungaran satu-satunya akses paling mudah buat Anda yang berada di luar kota untuk mengakses Kota Ungaran. Lokasinya hanya berjarak sekitar 1,5 km dari Rest Area 429A. Setelah melakukan transaksi Anda akan menemukan pertigaan jalan. Silahkan ambil kiri untuk menuju ke pusat kota Ungaran melalui Jalan Letjend Suprapto.

Ada banyak pilihan destinasi wisata yang bisa Anda nikmati di Ungaran dan Kabupaten Semarang dengan dominasi wisata alam pegunungan. Maklum, Kota Ungaran berada persis di tepian Gunung Ungaran. Sejak berada di jalan tol pun nuansa pegunungan sudah terasa. Ada banyak jembatan darat tinggi-tinggi dengan panjang ratusan meter yaitu Jembatan Banyumanik 1 (170 m), Jembatan Banyumanik 2 (384 m), Jembatan Gedawang (470 m), Jembatan Susukan (470 m), dan Jembatan Penggaron (400 m).

>>> Begini Lengkapnya Fasilitas Rest Area KM 429A Tol Trans Jawa

Foto Jembatan Tuntang Tol Semarang-Solo

Ruas Tol Semarang-Solo memiliki banyak jembatan darat yang sangat panjang

Berikut beberapa destinasi wisata Kabupaten Semarang yang bisa Anda akses melalui Gerbang To Ungaran.

  • Benteng Willem II. Dikenal juga sebagai Benteng Ungaran atau Benteng Diponegoro. Lokasi tempat ini berada persis di pinggir jalan raya Semarang-Bawen tepatnya di depan Gedung Kantor Bupati Semarang atau pinggir Bank Jateng Cabang Ungaran. Dari GT Ungaran berjarak 2,8 Km
  • Watu Gunung. Wisata waterpark dengan airnya yang dingin dan sangat jernih. Berada di desa Lerep Kecamatan Ungaran Barat. Dari Gerbang Tol Ungaran berjarak 5 Km.
  • Air Terjun Semirang. Berada di desan Gogik, Kecamatan Ungaran Barat. Dari GT Ungaran berjarak 6 Km.
  • Umbul Sidomukti. Berada di kecamatan Bandungan dengan hawa yang sangat dingin. Tidak ada lagi perkampungan karena lokasi wisata ini benar-benar berada di atas dusun terakhir desa Sidomukti. Siapkan kendaraan prima baik mobil maupun motor karena kemiringan jalan menuju kesana mencapai 30 hingga 40 derajat. Di Umbul Sidomukti Anda bisa menjajal flying fox dengan ketinggian sekitar 75 meter dari dasar jurang. Atau merasakan sensasi berenang di kolam renang yang airnya sedingin es. Jarak lokasi dari GT Ungaran sekitar 14,5 Km.

Foto menunjukkan Kolam Renang Umbul Sudomukti

Kolam renang Umbul Sidomukti diklaim sebagai kolam renang tertinggi di ASEAN

  • Palagan Ambarawa dan Museum Kereta Api. Kedua wisata sejarah tersebut berada di kota Ambarawa dengan jarak saling berdekatan. Dari GT Ungaran n berjarak sekitar 20,5 Km.
  • Rawa Pening dan Kampoeng Rawa. Di sini Anda bisa berkeliling menyewa boat menikmati indahnya waduk terbesar di Kabupaten Semarang sekaligus menikmati berbagai wahana dan kuliner ikan air tawar. Dari GT Ungaran berjarak 19 Km.
  • Candi Gedong Songo. Salah satu Candi paling populer di Kabupaten Semarang dan Provinsi Jawa Tengah ini bisa Anda tempuh dari GT Ungaran . Jarak hanya 21 Km.
  • Kampoeng Kopi Banaran. Wisata kuliner dan perkebunan yang dikelola PT Perkebunan Nusantara IX (Persero) ini berada di sebelah kiri pintu keluar Tol Bawen. Anda bisa mengaksesnya melalui Gerbang Tol Bawen maupun GT Ungaran dengan jarak relatif sama, sekitar 21 Km.

Masih ada banyak destinasi wisata lain di Kabupaten Semarang yang bisa diakses melalui Gerbang Tol Ungaran, seperti Dusun Semilir Eco Park, Saloka Theme Park, Watu Gajah, Bandungan Water Park, Air Terjun 7 Bidadari, dan yang lain.

>>> Refreshing Masa Mudik, Ini 3 Destinasi Wisata Kabupaten Semarang Paling Ngetop

Foto melakukan pembayaran di Gerbang Tol Ungaran

Siapkan saldo yang cukup agar perjalanan lancar

>>> Temukan informasi mobil menarik lainnya hanya di Cintamobil.com

Share this post:
Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.

Berita lain

Dibuka Satu Lajur, Lokasi Longsor Tol Ungaran-Semarang Aman Dilewati

02/06/2020

Pasar mobil

3 menit

Tol Ungaran-Semarang yang sempat tertutup longsoran tanah sudah dibuka satu dan bisa dilalui dengan aman meski hanya satu lajur. Pengendara diminta tetap berhati-hati.

Lihat juga

PKM Kota Semarang Diperpanjang Hingga 5 Juli, Warga Boleh Berwisata

23/06/2020

Pasar mobil

3 menit

PKM Kota Semarang jilid 4 diberlakukan hingga 5 Juli 2020 dengan sejumlah kelonggaran, seperti warga diperbolehkan mengunjungi tempat-tempat rekreasi dan wisata

Lihat juga

17 Isuzu ELF Jadi Feeder Bus Trans Semarang

20/06/2020

Event - Promosi

5 menit

17 unit Isuzu ELF tipe NLR Blx dijadikan feeder bus Trans Semarang dan akan mulai beroperasi di kota tersebut dengan rute Tugu BSB - Terminal Gunungpati - UNNES

Lihat juga
 
back to top