F1 GP Italia: Mercedes Tercecer, Gasly Sensasional

07/09/2020

Pasar mobil

4 menit

Share this post:
F1 GP Italia: Mercedes Tercecer, Gasly Sensasional
Gelaran F1 GP Italia menghadirkan pertarungan menarik. Duo Mercedes terlempar dari persaingan dengan Pierre Gasly mencatat kemenangan pertamanya di Formula 1 bersama Scuderia Alpha Tauri-Honda.

Berbeda dari balapan sebelumnya di mana duo Mercedes-AMG dan Max Verstappen selalu mengisi tiga posisi terdepan, Sirkuit Monza, tuan rumah gelaran F1 GP Italia, menunjukkan magisnya.

Pembalap tim Scuderia Alpha Tauri-Honda, Pierre Gasly, menorehkan kemenangan pertamanya di Formula 1, sekaligus yang pertama bagi tim setelah berganti nama dari sebelumnya Torro Rosso.

>>> Selain kemenangan Gasly, F1 GP Italia juga memiliki arti tersendiri bagi Williams F1. Seperti apa?

Dalam balapan yang diwarnai banyak drama, Gasly berhasil menahan Carlos Sainz dari McLaren di posisi kedua, dengan pembalap Force India asal Kanada, Lance Stroll melengkapi podium.

Jalannya balapan

Paruh awal F1 GP Italia berjalan sebagaimana balapan sebelumnya, Lewis Hamilton start dari pole dan mengatur jalannya awal balapan. Ia dibuntuti oleh Sainz, Lando Norris, Sergio Perez, serta Daniel Ricciardo di posisi kelima.

Valtteri Bottas, justru mengalami start yang buruk alhasil pembalap Finlandia itu turun dari posisi start kedua jadi P6, dengan Max Verstappen yang juga tampak kesulitan dengan mobil menguntit di belakangnya.

Lewis Hamilton pembalap Mercedes-AMG F1

Hamilton melakukan pelanggaran pit-stop sehingga diganjar penalti stop and go

Hamilton sepertinya akan melenggang mulus menuju kemenangan, di mana jaraknya dengan para pembalap di belakang melebar jadi 12,5 detik saat mobil HAAS milik Kevin Magnussen berhenti di depan pit stop dan memaksa Safety Car dikeluarkan.

Hamilton, dan pembalap Alfa Romeo, Antonio Giovinazzi, secara ilegal masuk pit saat fase Safety Car. Alhasil, keduanya mendapatkan stop & go penalti 10 detik dari pengawas balapan. Di sisi lain, pembalap lain yang masuk pit lebih dulu sebelum safety car seperti Kimi Raikkonen, Gasly, Charles Leclerc, dan Stroll, cukup diuntungkan.

>>> Jual mobil bekas & Baru terbaik dan termurah

Baru saja satu lap balapan kembali dimulai, insiden cukup parah terjadi. Leclerc kehilangan kendali atas Ferrari SF1000 nya di tikungan cepat Parabolica, dan menabrak ban pembatas atas kecepatan tinggi. 

Kecelakaan Charles Leclerc Ferrari

Kecelakaan parah Leclerc mengubah peta persaingan balapan

Diduga Leclerc mengalami masalah rem seperti rekan satu timnya, Sebastian Vettel, yang sudah lebih dulu out dari balapan. Beruntungya, pembalap muda asal Monaco itu dapat keluar dari mobil tanpa bantuan. 

Namun, balapan kembali terinterupsi, kali ini dihentikan selama 25 menit-an. Saat balapan kembali dimulai, Hamilton memimpin balapan, diikuti Stroll, Gasly, Raikkonen, Giovinazzi, Sainz dan Norris. 

Pertarungan Pierre Gasly vs Carlos Sainz di Italian GP

Gasly dan Sainz memperebutkan kemenangan pertamanya di Formula 1

Hamilton dan Giovinazzi langsung masuk pit, dan posisi keduanya langsung terlempar ke belakang. Di sisi lain, Stroll memulai dengan tidak ideal. Alhasil pembalap ‘Pink Mercedes’ itu didahului Gasly, Raikkonen, kemudian Sainz di putaran berikutnya.

Gasly langsung menjauh dari Raikkonen, yang perlahan namun pasti jadi bulan-bulanan pembalap di belakangnya. Ban soft yang sudah kehabisan grip ditambah performa mesin Ferrari yang menurun membuat juara dunia 2007 itu tak mampu berbuat banyak, dan menuntaskan balapan di P13.

Hasil balapan F1 GP Italia

Hasil balap F1 GP Italia

Memasuki sepertiga akhir balapan, Gasly unggul 4,1 detik atas Sainz, dan jaraknya terus berkurang sampai berada di range DRS (kurang dari satu detik) pada dua lap tersisa. Namun, Gasly berhasil menahan gempuran Sainz dengan keunggulan 0,4 detik saat melintasi garis finis.

>>> Berita pasar mobil terbaru 2020 di Indonesia

Hasil ini jadi sangat manis bagi Scuderia Alpha Tauri-Honda, mengingat ini adalah kemenangan pertama tim satelit Red Bull yang berbasis di Italia dengan nama baru. Sebelumnya mereka juga telah memenangi satu balapan di Monza saat masih bernama Toro Rosso bersama Vettel tahun 2008.

Scuderia Alpha Tauri memenangi F1 GP Italia

Ini adalah kemenangan pertama Alpha Tauri, atau yang kedua setelah GP Italia 2008 dengan nama Toro Rosso

Stroll finis ketiga, diikuti Norris dan Valtteri Bottas yang tampak kesulitan sepanjang balapan melengkapi lima besar. Di belakangnya menyusul Ricciardo finis keenam, diikuti Hamilton yang memperoleh satu poin tambahan berkat fastest lap. Esteban Ocon, Daniil Kvyat, dan Sergio Perez melengkapi 10 besar.

Bottas rebut posisi kedua dari Verstappen

Untuk pertama kalinya sepanjang musim 2020, podium F1 tidak diisi salah satu dari Hamilton, Bottas, atau Verstappen, tiga pembalap teratas di klasemen. Namun, torehan finis kelima yang didapat Bottas lebih baik dari Hamilton yang finis P7, dan Max Verstappen yang tidak finis lantaran masalah di mobilnya.

Klasemen F1 2020 setelah GP Italia

Bottas merebut posisi kedua klasemen dari Verstappen

Dengan tambahan 7 poin, Hamilton masih betah bertengger di puncak klasemen dengan 164 poin. Pertukaran posisi ada di bawahhnya, dengan tambahan 10 poin dari Monza, Bottas (117) menggeser Verstappen (110) dari posisi kedua. Kejuaraan F1 Musim 2020 masih akan berada di Italia, dengan GP Tucsany pekan depan di Sirkuit Mugello.

>>> Berita mobil baru, event, promosi, informasi pasar mobil baru 2020

Share this post:
Derry Munikartono Ahnas Putra
Penulis
Derry Munikartono Ahnas Putra
Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.

Berita lain

Mercedes-AMG One Mulai Dites, Hypercar Jalanan Bermesin F1

20/08/2020

Mobil baru

4 menit

Mercedes-AMG One sudah memasuki fase akhir development. Hypercar dengan mesin F1 itu sudah mulai dites di jalanan dengan bodykit dan powertrain yang sudah disempurnakan.

Lihat juga

F1 GP Spanyol: Lanjutkan Dominasi, Hamilton Torehkan Kemenangan ke-88

17/08/2020

Pasar mobil

5 menit

Sempat dihentikan Max Verstappen, Lewis Hamilton lanjutkan dominasi dengan memenangi balapan keempatnya musim ini, dan ke-88 sepanjang kariernya di F1 GP Spanyol 2020.

Lihat juga

Mesih Honda Di Balik Kemenangan Max Verstappen di Peringatan ke-70 Tahun GP F1

10/08/2020

Event - Promosi

3 menit

Tim Aston Martin Red Bull Racing yang bermesin Honda F1 kemarin (9/8) berhasil memenangkan balapan historis pada peringatan 70 tahun Grand Prix Formula Satu

Lihat juga

3 Mobil Formula Satu Bermesin Honda F1 Raih Poin di Silverstone

05/08/2020

Event - Promosi

3 menit

Tiga mobil Formula Satu bermesin Honda F1 berhasil meraih poin di seri F1 Grand Prix Britania Raya yang berlangsung di sirkuit Silverstone minggu lalu (2/8)

Lihat juga

F1 GP Inggris: Drama Pecah Ban, Hamilton Tetap Menang

03/08/2020

Pasar mobil

4 menit

Diwarnai drama pecah ban yang melibatkan beberapa pembalap di dua lap terakhir, Lewis Hamilton melintasi garis finis pertama dan meraih kemenangan ketujuh di F1 GP Inggris 2020.

Lihat juga