Dishub DKI Jakarta Wajibkan Truk Pakai Stiker Reflektor

05/12/2019

Pasar mobil

5 menit

Share this post:
Dishub DKI Jakarta Wajibkan Truk Pakai Stiker Reflektor
Truk pakai stiker reflektor kini diwajibkan oleh pihak Dishub DKI Jakarta. Jika lalai mematuhinya maka truk dilarang beroperasi dan ada denda administrasi maksimal Rp500 ribu.

Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta telah mengumumkan bagi para pengusaha agar memasang stiker reflektor pada armada truk mereka. Kebijakan ini demi menekan angka kecelakaan di jalan raya yang melibatkan kendaraan niaga berat seperti truk.

>>> Vera, Si Truk Cantik Asal Swedia Lansiran Volvo Yang Mampu Jalan Secara Otomatis

Khusus Truk Bersumbu

truk dengan stiker

Stiker reflektor wajib untuk truk bersumbu

Syafrin Liputo, Kepala Dishub DKI Jakarta menuturkan peraturan tentang truk pakai stiker reflektor seberanarnya sudah tertuang dalam Peraturan Kementerian Perhubungan. Yaitu dalam Peraturan Nomor KP.3996/AJ.502/DRJD/2019 tentang Pedoman Teknis Alat Pemantul Cahaya pada Kendaraan Bermotor, Kereta Gandengan dan Kereta Tempelan.

>>> Promo mobil baru menarik ada disini

Dalam peraturan tersebut di Pasal 21 menjelaskan jika kendaraan yang wajib memasang alat pemantul cahaya adalah mobil barang yang mempunyai jumlah berat yang diperbolehkan, paling sedikit 7.500 kilogram. Atau paling sedikit memiliki konfigurasi sumbu depan tunggal, serta sumbu belakang tunggal, dan ban ganda.

Peraturan mengenai truk pakai stiker reflektor tersebut demi tujuan keselamatan di jalan raya. "Khususnya menurunkan angka kecelakaan yang melibatkan truk ketika malam hari," ucap Syafrin.

Ancaman Denda Rp500.000

pasang stiker di belakang truk

Jika tidak pasang dilarang beroperasi dan kena denda

>>> Pilihan mobil bekas berkualitas terlengkap ada disini

Sementara itu masih dari peraturan yang sama di Pasal 21 Ayat 2 disebutkan Syafrin ada denda yang harus dibayar jika truk tidak dilengkapi alat pemantul cahaya berupa stiker. "Dinyatakan tidak lulus uji produksi untuk truk baru dan tidak lulus uji berkala untuk yang sudah beroperasi," kata dia.

Selain itu ada juga sanksi yang lainnya jika lalai truk pakai stiker reflektor. Yakni sanksi denda administratif hingga Rp500.000 serta dilarang untuk beroperasi di jalan. "Karena tidak lulus uji laik jalan," tukas Syafrin.

>>> Berita otomotif paling update ada disini

Share this post:
Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Ia menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

Berita lain

Mirip Perang, Korban Meninggal Kecelakaan Lalu Lintas 81 Orang Setiap Hari

25/11/2019

Pasar mobil

3 menit

Angka kecelakaan lalu lintas di Indonesia tergolong tinggi dengan rata-rata 81 orang meninggal dunia setiap hari. Korlantas Polri menyebut mirip perang.

Lihat juga

Memprihatinkan, 6 Rambu Lalu Lintas Ini Paling Sering Diabaikan

01/06/2019

Pengemudian

4 menit

Bukan hanya skill yang dibutuhkan untuk berkendara di jalan raya, tapi juga mengerti dan mematuhi aturan yang berlaku. Sayang, meski sudah mengerti maksud dan tujuannya masih banyak yang melanggar aturan berlalu lintas. Dan berikut 6 rambu lalu lintas ini sering diabaikan dan tidak dipatuhi.

Lihat juga

Menhub: Kecelakaan Lalu Lintas Jadi Pembunuh Paling Mematikan Setelah Stroke

26/10/2018

Pasar mobil

Hampir tak berbeda antara kecelakaan lalu lintas dengan penyakit jantung dan stroke. Keduanya sama-sama penyebab kematian terbesar di dunia alias pembunuh paling mematikan.

Lihat juga

Review Mitsubishi Colt Diesel FE 71 2018, Si Truk Entry Level Untuk Pengusaha

05/04/2019

Editor rate:

Ini dia truk entry level untuk pebisnis dari Mitsubishi, seperti yang kita tahu Mitsubishi adalah pabrikan yang sudah sangat berpengalaman di dunia truk. Ini pendapat kami mengenai Mitsubishi Colt Diesel FE 71 2018 yang merupakan sasis truk termurah dari Mitsubishi Fuso yang ditawarkan untuk para pebisnis di tanah air.

Lihat juga

Update/ Pembaruan harga mobil Isuzu Traga terbaru Oktober Di Indonesia

01/10/2020

Isuzu

Berdiri dalam kategori mobil komersial, Isuzu Traga resmi dipasarkan pada tahun 2018 lalu, yang semakin melengkapi segmen Medium Pick-Up di Tanah Air. Apakah ada promosi menarik untuk Isuzu Traga? Berapa harga Isuzu Traga terbaru?

Lihat juga
 
back to top