Vera, Si Truk Cantik Asal Swedia Lansiran Volvo Yang Mampu Jalan Secara Otomatis

18/06/2019

Mobil baru

3 menit

Share this post:
Vera, Si Truk Cantik Asal Swedia Lansiran Volvo Yang Mampu Jalan Secara Otomatis
Masa depan benar-benar kian dekat, bukan hanya mobil saja yang mempunyai kemampuan autonom, namun alat pengangkut barang seperti truk juga diberikan kemampuan serupa. Perkenalkan si Vera, truk cantik asal Swedia lansiran Volvo yang mampu jalan secara otomatis.

Inilah si cantik Vera, truk dengan kemampuan autonomous driving alias menyetir sendiri. Ia memulai tugas perdanannya di pelabuhan Gothenburg, Swedia sebagai pengantar logistik antar pelabuhan. Truk Volvo Vera ini merupakan hasil kolaborasi Volvo bersama perusahaan kapal feri serta penyedia jasa layanan logistik DFDS yang sama-sama aseli Swedia.

>>> Ini pendapat kami mengenai truk Volvo tercanggih dan termahal yang dijual di Indonesia

Tampak Volvo Vera Concept

Inilah truk cantik tersebut, Volvo Vera

Truk Cantik ini mampu melaju hingga 40 km/jam. Kecepatan maksimumnya pun sengaja dibatasi pada angka tersebut karena memang tugas si cantik Vera ini hanya drop in dan drop out barang dalam pelabuhan saja. Volvo Vera ini pun menggunakan tenaga listrik untuk menghela beban yang diangkutnya. Belum ada spesifikasi resmi dari truk cantik ini, namun kami menduga motor listrik yang digunakan di masing-masing roda berkekuatan lebih dari 1000 Nm.

>>> Penasaran dengan spesifikasi bus transjakarta? Kami buatkan reviewnya untuk Anda

Volvo Vera Truck Concept sedang di jalan

Sosoknya lebih mirip dengan mobil sport dibandingkan truk pengangkut beban

“Saat ini kami memiliki kesempatan untuk mengimplementasikan Vera dalam pengaturan yang ideal dan lebih lanjut mengembangkan potensinya untuk operasi serupa lainnya,” kata Mikael Karlsson, Vice President Autonomous Solutions Volvo Trucks. Truk ini juga memiliki kemampuan otomatisasi yang diatur oleh menara kontrol, sehingga bisa dibilang truk ini adalah truk semi robot.

>>> Punya reputasi sebagai mobil paling aman di bumi, Volvo pakai cara ini untuk mencegah kecelakaan di dunia

Tampak tampilan belakang Volvo Vera

Jika hanya melihat dari sisi ini, kami yakin Anda tak akan mengira ia adalah sebuah truk

Selain itu juga, proyek ini juga merupakan langkah pertama menuju penerapan Vera dalam penugasan transportasi nyata pada jalan umum yang telah ditentukan sebelumnya di kawasan industri. “Transportasi otonom dengan tingkat kebisingan yang rendah dan emisi gas buang nol memiliki peran penting untuk dimainkan di masa depan logistik dan akan bermanfaat bagi bisnis dan masyarakat. Kami melihat kolaborasi ini sebagai awal yang penting dan ingin mendorong kemajuan di bidang ini, ”tambah Mikael Karlsson.

>>> Dapatkan info terbaru seputar mobil hanya di Cintamobil.com

Share this post:
Penulis
Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, Ia menjadi salah satu andalan Cintamobil dalam menguji mobil baru di Indonesia

Berita lain

Volvo Trucks Ungkap Tips Bagi Pengemudi Truk di Seluruh Dunia

16/05/2019

Pengemudian

8 menit

Bekerja sama dengan North Carolina Department of Transportation (NCDOT) dan FedEx, Volvo Truck menjelaskan tentang berbagai fitur mengemudi serta tips bagi pengemudi truk di mana saja.

Lihat juga

Manfaatkan Kamera Dalam Mobil, Volvo Siapkan Sistem Pendeteksi Pengemudi Mabuk

Volvo memiliki reputasi sebagai mobil paling aman, dan pabrikan Swedia itu melakukan inovasi selanjutnya dalam hal keselamatan dengan merancang sistem yang dapat mendeteksi pengemudi mabuk.

Lihat juga

Hilangkan Korban Kecelakaan, Volvo akan Batasi Kecepatan Berkendara Anda

06/03/2019

Pasar mobil

Sebagai bagian dari kampanye keselamatan berkendara, semua model baru Volvo akan dilengkapi dengan pembatas kecepatan tertinggi 180 km/jam mulai dari 2020 dan seterusnya.

Lihat juga

BMW dan Volvo Danai Zūm, ‘Ojek Online’ Khusus Antar-Jemput Anak

05/03/2019

Pasar mobil

BMW dan Volvo secara bersamaan mengumumkan pada hari Jumat bahwa mereka akan berinvestasi dalam Zūm, sebuah layanan kendaraan seperti ojek online yang berbasis di California khusus untuk anak-anak.

Lihat juga

Teknologi Sensor LiDAR Terjauh dari Volvo: Bisa Tangkap Gerakan Sejauh 250 Meter

05/12/2018

Pengemudian

Volvo memang tidak membawa mobil apa pun pada Los Angeles Auto Show 2018, tetapi tidak menghentikan promosi perusahaan memamerkan teknologi yang mereka sebut sebagai sensor LiDAR paling canggih yang ada saat ini.

Lihat juga
 
back to top