Di Indonesia LMPV Sering Jadi Mobil Terlaris, Bagaimana dengan Malaysia?

04/06/2020

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Di Indonesia LMPV Sering Jadi Mobil Terlaris, Bagaimana dengan Malaysia?
Mobil-mobil jenis Low MPV di Indonesia seperti Avanza, Xenia, dan model lainnya kerap menjadi yang terlaris. Bagaimana dengan mobil terlaris di Malaysia?

Setiap negara memiliki selera yang berbeda soal mobil. Di Indonesia misalnya, mobil-mobil jenis Low MPV sangat diminati. Alasannya sederhana, mobil bisa mengangkut banyak orang hingga tujuh penumpang dan bisa digunakan untuk segala fungsi sesuai dengan namanya Multi Purpose Vehicle (MPV). 

Harganya pun terbilang masih ramah di kantong sebagian besar masyarakatnya. Tak heran kalau para pabrikan yang memilih untuk menghadirkan mobil jenis Low MPV sebagai mobil andalannya. 

>>> 20 Mobil Terlaris Bulan April, Penjualan Honda Brio Salip Toyota Avanza

Di Indonesia Low MPV Kerap Jadi yang Terlaris

Tercatat ada tujuh pabrikan di Indonesia yang menghadirkan mobil jenis Low MPV sebagai pilihan bagi masyarakat. 

Ketujuh pabrikan tersebut yakni Toyota dengan Avanzanya, Daihatsu lewat Xenia, Suzuki melalui Ertiga, ada juga Mitsubishi yang meluncurkan Xpander, tak mau kalah Nissan menghadirkan Livina, Honda pun memiliki Mobilio, dan juga Wuling yang mengandalkan Confero. 

Toyota Avanza

Avanza kerap jadi mobil terlaris di Indonesia

Mobil-mobil jenis Low MPV pun kerap menjadi yang paling banyak diburu oleh orang Indonesia. Hal itu bisa terlihat dari data penjualan mobil yang dirilis Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo). 

>>> Ribuan Mobil Toyota Terjual di Tengah Corona, Ini yang Terlaris

Dalam data tersebut juga terlihat Avanza hampir tak pernah absen menjadi yang terlaris, kemudian mengikuti di bawahnya Low MPV model lain. Namun pada April kemarin, Avanza justru tersalip oleh hatchback Brio. 

Berbeda Selera dengan Malaysia

Lain di Indonesia, lain pula dengan di negara tetangga Malaysia. Selera mobil di Malaysia tampaknya lebih beragam. Di Malaysia mobil jenis sedan atau hatchback cukup diminati. 

Mengutip pemberitaan pada situs Paultan, Kamis (4/6/2020) sedan Proton Saga menjadi mobil yang paling diburu di Malaysia sepanjang Mei 2020. Saga cukup konsisten menjadi yang terlaris di atas SUV X70. 

Proton Saga

Saga menjadi mobil terlaris di Malaysia pada Mei 2020

>>> Pilihan Warna Mitsubishi Xpander, Mana yang Anda Suka?

Meski belum ada data resmi yang dirilis, Proton mengklaim Saga menjadi mobil terlaris di Negeri Jiran Malaysia pada Mei. Sebelumnya, mobil terlaris adalah Perodua Myvi atau di Indonesia lebih dikenal dengan Daihatsu Sirion. Apa istimewanya Saga? Saga dibekali mesin empat silinder berkapasitas 1.3 L yang bisa menghasilkan tenaga setara 95 PS dan torsi 120 Nm. Mesin tersebut dikawinkan dengan transmisi manual lima percepatan atau empat percepatan versi otomatis. 

"Sebuah mobil yang melambangkan semangat Malaysia, Proton Saga terus bertahan dan akhirnya dinobatkan menjadi yang terlari di Malasyia," tulis Proton dalam keterangannya. 

Hal ini tentu berbeda dengan di Indonesia dimana mobil sedan justru kian ditinggalkan lantaran harganya yang tinggi. 

Sementara jenis hatchback atau city car masih ada peminatnya meski tak sepopuler MPV. 

>>> Klik sini untuk lanjut simak tips dan trik jual beli mobil yang berguna lainnya

Share this post:
Penulis
Berpengalaman sebagai jurnalis otomotif sejak 2016 di media mainstream ternama di Indonesia, Dina juga pernah menguji beragam jenis mobil dan mengunjungi pameran otomotif dunia. Saat ini Ia dipercaya sebagai Editor redaksi Cintamobil sejak awal 2020
 
back to top