Daihatsu Xenia RWD Pakai Bodi Lama, Tetap Menarik?

28/10/2021

Pasar mobil

2 menit

Share this post:
Baik Toyota Avanza maupun Daihatsu Xenia terbaru nanti sudah pakai penggerak roda depan atau Front Wheel Drive (FWD), lantas apa Xenia RWD masih menarik?

Baik Toyota Avanza maupun Daihatsu Xenia terbaru nanti sudah pakai layout penggerak roda depan atau yang lazim disebut dengan Front Wheel Drive (FWD). Meski demikian, Xenia berpenggerak roda belakang atau Rear Wheel Drive masih tetap ada. Lalu seberapa menarik sih Daihatsu Xenia RWD?

Konsumen Ragu Kecanggihan FWD Terbaru Toyota & Daihatsu?

Karena harus diakui, secanggih apapun teknologi yang dibuat agar Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia FWD itu kuat nanjak, tapi bagi konsumen di daerah masih ada saja yang membutuhkan mobil berpenggerak roda belakang. Makanya dipertahankan Daihatsu Xenia varian RWD dengan bodi lama.

Gambar Daihatsu Xenia 1.3 X MT 2021

Beginilah tampang Xenia yang terakhir mendapat facelift tahun 2019

Hanya saja, hingga artikel ini diturunkan, belum diperoleh informasi apakah Xenia penggerak belakang ini masih bisa dibeli oleh konsumen umum atau hanya menyasar pasar fleet (pesanan dengan spesifikasi khusus) maupun memenuhi kebutuhan ekspor.

Hasil Survey Mengagetkan!

Tapi yang mencengangkan adalah hasil survey yang dilakukan tim riset dan pengembangan terhadap mobil ini, "Hasil survey membuktikan konsumen tidak peduli FF (penggerak depan) atau FR (penggerak belakang), Yang penting bertenaga, irit, dijual lagi (harganya) masih tinggi," kekeh narasumber 'rahasia' kami ini.

>>> Ada Apa dengan Daihatsu Xenia?

Masih menurutnya yang sudah cukup lama malang melintang di dunia otomotif ini, disebutkan bahwa survey dilakukan di beberapa daerah di Indonesia dengan jangka waktu yang lama. "Survey marketing waktu itu saya ikutan di berbagai daerah dari Jawa, Bali, Sumatera," ungkap pemegang nomor induk karyawan Astra ini.

Eksterior belakang Daihatsu Xenia 1.3 X MT 2021

Daihatsu Xenia RWD akan tetap diminati?

Apalagi seperti yang sudah tim Cintamobil.com bahas sebelumnya, dengan menggunakan format penggerak depan, maka mobil akan mendapatkan banyak benefit yang bisa dirasakan secara langsung.

Mesin 1NR-VE Daihatsu Xenia

Mesin 1NR-VE disempurnakan

Seperti bobot kendaraan yang lebih ringan karena tidak ada differential gear yang berat, lalu tidak ada propeller shaft yang membuatnya, "Less Noise vibration, Getaran dari propeller shaft dan differential gear itu merambat ke body dan bergema," ungkap pria yang namanya beneran ogah ngetop ini.

>>> Tertarik beli Xenia RWD dalam keadaan bekas? Coba lirik deretan iklan ini.

Efeknya sudah jelas bobot semakin ringan = irit bbm, suara kabin senyap = konsumen nyaman. Parts lebih sedikit = harga mobil terjangkau walhasil konsumen happy deh. Jadi bagaimana, apakah Anda masih meragukan kemampuan FWD sehingga harus tetap memilih Daihatsu Xenia RWD?

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, kini ia menjadi Managing Editor Cintamobil.com

About Arfian

Lulusan kampus Trisakti angkatan 2009 ini sebenarnya salah jurusan saat kuliah. Karena ia mengambil jurusan Ekonomi Akuntansi mengikuti kemauan ayahnya dibanding mengambil kuliah teknik maupun komunikasi yang menjadi minatnya. Namun, passion menulis dan ketertarikannya akan mobil membawanya melamar menjadi jurnalis otomotif.

Gayung pun bersambut, pada tahun 2014 di mana sebelum Arfian wisuda, ia sudah diterima bekerja di Motorplus Weekly. Motorplus Weekly adalah sebuah tabloid dwi mingguan yang mengulas tentang sepeda motor. Lho kok sepeda motor? Yes, karena saat Arfian melamar pekerjaan di anak grup Kompas Gramedia tersebut, hanya posisi itu yang tersedia.

Setelah lulus kuliah Arfian bekerja di sana selama tiga tahun sebagai reporter. Bekerja menjadi jurnalis khusus sepeda motor Arfian jalani dengan semangat dan senang hati. Tak terhitung berapa kali ia menemui narasumber, berkunjung ke bengkel maupun sekadar mencoba sepeda motor baru dari jenis scooter hingga motor besar.

Di tengah perjalanan karirnya, Motorplus Weekly memiliki satu anak usaha lagi yakni Otoplus weekly yang berpusat di Surabaya, Jawa Timur. Melihat potensi dan passion yang dimiliki Arfian, Editor in Chief Motorplus saat itu, Alm Achmad ‘Feol’ Riswan menugaskan secara khusus Arfian untuk mengisi kolom otomotif roda empat.

Arfian ditugaskan untuk test drive mobil di tabloid Otoplus tersebut mulai tahun 2016. Sampai saat ini sudah ratusan kendaraan baik berjenis truk, bus, hingga mobil sport yang Arfian coba. Kegemarannya menulis dengan detail, terstruktur dan teknis membuat ia memiliki pembaca setia dan dipercaya untuk menjadi test driver di tabloid tersebut. 

Sejak tahun 2018 Arfian bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer dan menjadi Senior Content Writer setahun kemudian. Di tahun 2021 ia dipromosikan menjadi Editor, dan dengan kinerja yang baik di tahun 2021 ini pula ia dipromosikan kembali menjadi Managing Editor untuk website ini.

Roles

Managing Editor, Cintamobil.com

Workplace

Jakarta, Indonesia

Education

2009 - 2014 Trisakti University, Bachelor Degree, Accounting

2006 - 2009 54 Senior High School

2003 - 2006 109 Junior High School

Experience

2014 - 2016 Motorplus & Otoplus, Kompas Gramedia

2018 Content Writer Cintamobil.com

2019 Senior Content Writer Cintamobil.com

2021 Managing Editor Cintamobil.com

Awards

2020 - 3rd Winner, Best Online Write Up Activity & Industry News, Warta Citra Adiwahana

2020 - 2nd Winner, Mitsubishi Journalist Writing Competition - Artikel Online Terbaik

2021 - 1st Winner, Best Online Product Review, Warta Citra Adiwahana

 
back to top