Carlos Sainz Jr Tes Perdana Bersama Ferrari, Jajal SF71H di Fiorano

28/01/2021

Pasar mobil

4 menit

Hari yang ditunggu tifosi Ferrari di seluruh dunia akhirnya terjadi juga, pembalap baru The Prancing Horse, Carlos Sainz Jr, melakukan tes pertama dengan mobil SF71H di Sikuit Fiorano.

Seperti kita ketahui, mulai F1 musim 2021 Carlos Sainz Jr resmi jadi pembalap Ferrari. Pembalap Spanyol itu ditunjuk The Prancing Horse untuk menggantikan Sebastian Vettel yang hijrah ke Aston Martin.

Tes pertama Carlos Sainz Jr bersama Scuderia Ferrari

Sainz Jr direkrut Ferrari untuk menggantikan Sebastian Vettel yang pindah ke Aston Martin

Sejak kepindahan Sainz dari McLaren, Ferrari berencana untuk memberi jam tes untuk pembalap Spanyol itu pada Rookie Test setelah F1 GP Abu Dhabi. Namun usaha tersebut gagal karena Sainz bukanlah seorang rookie.

Apalagi dengan jumlah hari tes yang dibatasi menjadi hanya tiga hari mulai 2021, Ferrari punya waktu terbatas untuk memberi Sainz waktu buat adaptasi. Solusinya, tim yang bermarkas di Maranello itu mengadakan program tes dengan mobil spesifikasi lama agar punggawa barunya bisa cepat beradaptasi dengan tim.

>>> Situasi COVID-19 Belum Kondusif, F1 GP Australia 2021 Terancam Batal

Bagian dari tes lima hari di Fiorano, pakai SF71H

Pekan lalu, Ferrari mengumumkan bahwa mereka melakukan tes lima hari di Fiorano dengan menurunkan tujuh pembalap, termasuk Sainz. Dalam tes tersebut, Sainz Junior dan pembalap lainnya akan mengendarai Ferrari SF71H, yang dipakai oleh tim kuda jingkrak musim 2018.

Carlos Sainz Jr Ferrari SF71H

Sainz mengendarai SF71H, yang hampir mengantarkan Vettel jadi juara dunia 2018

Pada Rabu (27/1) pagi, Carlos Sainz Jr untuk pertama kalinya mengendarai mobil F1 Ferrari dengan nomor #55 yang ikonik dengannya. Tes ini juga menandakan penampilan pertama Sainz dengan mobil F1 setelah balapan di Abu Dhabi bersama McLaren, sekitar dua bulan lalu.

>>> Ferrari 488 GT Modificata, Ketika Mobil Balap GTE dan GT3 Dipadukan

Lakukan tes dua hari, debut dengan mobil 2021 pada tes Bahrain

Meski baru memulai debutnya bersama Ferrari Rabu ini, Carlos Sainz Jr sudah berada di Fiorano sejak awal pekan dan sudah mulai bekerja dengan para teknisi balapnya saat Charles Leclerc tes hari Selasa, di mana pembalap Monako ini sudah menuntaskan lebih dari 100 Lap.

Carlos Sainz Jr tengah berbincang dengan timnya saat tes pertama bersama Ferrari

Sainz butuh waktu untuk adaptasi dengan tim barunya jelang F1 musim 2021 bergulir

Dalam rangkaian tes perdana bersama Ferrari, Carlos Sainz Jr akan turun selama dua hari, yakni pada hari Rabu dan Kamis pagi. Meski bukan mengendarai mobil untuk musim 2021, tes ini diperlukan untuk membantu adaptasi Sainz dengan tim barunya.

“Hari yang tidak akan saya lupakan! Pagi ini, Alarm menyala lebih pagi karena saya harus melakukan briefing awal sebelum turun ke lintasan. Salah satu momen paling spesial bagi saya adalah ketika saya sampai sirkuit, dan saya melihat Ferrari SF71H dengan nomor 55! Saya tak sabar untuk masuk ke dalam mobil, lap pertama mengendarai mobil tersebut terasa sangat menyenangkan,” ungkap Carlos Sainz  Jr mengomentari tes pertamanya bersama Ferrari.

“Kami dapat melakukan program ekstensif, dan bisa lebih familiar dengan setup mobil, mekanik dan insinyur, setir, dan prosedur mobil yang sedikit berbeda dari yang saya kendarai tahun lalu.

“Sangat menyenangkan juga untuk melihat ayah saya di momen yang sangat penting dalam karier saya. Serta saya ingin berterima kasih kepada Mattia, Laurent, dan seluruh kru Ferrari atas sambutan yang hangat dan hari yang positif dengan mobil tahun 2018, saya sangat senang dan tidak bisa berharap awal yang lebih baik dari ini.”

Adapun Sainz Junior dan rekan satu tim barunya di Ferrari, Charles Leclerc baru mendapatkan kesempatan menguji mobil tahun 2021, Ferrari SF21, pada tes pramusim yang dihelat di Sirkuit Sakhir, Bahrain, pada 12-14 Maret mendatang.

>>> Berita otomotif terbaru dan terlengkap bisa Anda temukan di Cintamobil.com

Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.

 
back to top