Bukan Hanya Karena BBN, Ini Sebabnya Harga Honda Brio Satya Tinggi

19/01/2021

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Ternyata bukan hanya karena BBN (Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor), tetapi ini yang menjadi sebab harga Honda Brio Satya jadi yang tertinggi di antara rival

Seperti disebut di atas, Honda Brio Satya sebagai mobil murah paling mahal di Indonesia. Dan itu adalah fakta. Harga tertingginya pada bulan ini (Januari 2021) tembus Rp 173,5 juta dengan tipe E bertransmisi CVT. Namun, ternyata bukan karena BBN saja yang menyebabkan harga Honda Brio Satya menjadi tinggi. Tetapi ada beberapa faktor lainnya.

Penentuan Harga Mobil LCGC Tak Sembarangan

Gambar Honda Brio Satya E CVT 2019

Menentukan harga mobil LCGC harus ikuti peraturan pemerintah

Sebab, di kelas Low Cost Green Car (LCGC), pabrikan tidak boleh seenaknya dalam menentukan harga jual. Ada campur tangan pemerintah dalam menentukan harga penjualan mobil LCGC, baik untuk LCGC dengan model hatchback seperti Honda Brio Satya, Daihatsu Ayla, Datsun GO dan Toyota Agya maupun LCGC dengan model MPV 7-penumpang seperti Toyota Calya, Daihatsu Sigra, dan Datsun GO+ Panca.

Foto bagasi Honda Brio Satya

Brio punya bagasi yang cukup lapang di kelasnya

"Dalam menentukan harga LCGC itu harus mendapat persetujuan pemerintah, harga itu ditentukan oleh pemerintah. Ambil contoh waktu itu (pertama kali LCGC heboh tahun 2012-2013) harga mobil LCGC ditetapkan Rp 100 juta dalam kondisi off the road ya, namun kan ada allowance-allowance, safety feature, dan sebagainya," ujar Yusak Billy, selaku Business Innovation and Marketing Sales Director PT Honda Prospect Motor (HPM).

Foto tim Cintamobil.com sedang mengemudikan Honda Brio Satya E CVT 2018

Selain itu Brio terkenal lebih asyik dikemudikan dibandingkan para rivalnya

Pria yang hobi bersepeda ini juga bilang, "Itu tentu enggak bisa dibilang mahal ya, mahal ya enggak juga. Tiap mau naik harga kita musti propose ke pemerintah (untuk kemudian pemerintah yang melakukan approval). Tiap tahun (kalau ada) kenaikkan ya karena kita propose, bahan pertimbangannya juga banyak contoh inflasi, dan lain-lain. Setiap tahun kita dapat approval," ujar Billy sapaan akrab Yusak Billy saat Virtual Media Gathering Honda (Senin, 18/1/2021).

>>> Ternyata 10 hal ini membuat Brio Satya digemari kawula muda

Kenaikan Harga Awal Tahun Itu Wajar

Foto Honda Brio Satya E CVT

Naik awal tahun? Wajar lah...

Dan menurut Cintamobil.com, sebenarnya kenaikan harga mobil itu sudah lumrah terjadi di setiap awal tahun. Untuk itu, Anda jangan heran kalau mobil yang sedang Anda incar harganya naik di awal tahun. Tak jarang ada sebagian orang yang justru mengurungkan niat untuk membeli mobil awal tahun lantaran harganya naik. Tapi tak sedikit juga yang mengincar mobil di awal tahun baru agar mendapat VIN (Vehicle Identification Number) paling baru. 

>>> Mau beli Honda Brio bekas? Cek di sini

Pertanyaan Sering Diajukan

Berapa Harga Honda Brio Satya?
Harga Honda Brio Satya ditawarkan mulai Rp 149 juta untuk tipe S bertransmisi manual
Ada berapa tipe Honda Brio Satya?
Honda Brio Satya ditawarkan dalam dua tipe, yakni tipe E dan tipe S. Tipe E punya dua pilihan transmisi otomatis jenis CVT dan manual 5-percepatan, sementara tipe S hanya manual saja
Berapa harga Honda Brio Satya bekas?
Brio Satya generasi kedua ditawarkan mulai harga Rp 150 jutaan untuk transmisi otomatis CVT

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, kini ia menjadi Managing Editor Cintamobil.com

About Arfian

Lulusan kampus Trisakti angkatan 2009 ini sebenarnya salah jurusan saat kuliah. Karena ia mengambil jurusan Ekonomi Akuntansi mengikuti kemauan ayahnya dibanding mengambil kuliah teknik maupun komunikasi yang menjadi minatnya. Namun, passion menulis dan ketertarikannya akan mobil membawanya melamar menjadi jurnalis otomotif.

Gayung pun bersambut, pada tahun 2014 di mana sebelum Arfian wisuda, ia sudah diterima bekerja di Motorplus Weekly. Motorplus Weekly adalah sebuah tabloid dwi mingguan yang mengulas tentang sepeda motor. Lho kok sepeda motor? Yes, karena saat Arfian melamar pekerjaan di anak grup Kompas Gramedia tersebut, hanya posisi itu yang tersedia.

Setelah lulus kuliah Arfian bekerja di sana selama tiga tahun sebagai reporter. Bekerja menjadi jurnalis khusus sepeda motor Arfian jalani dengan semangat dan senang hati. Tak terhitung berapa kali ia menemui narasumber, berkunjung ke bengkel maupun sekadar mencoba sepeda motor baru dari jenis scooter hingga motor besar.

Di tengah perjalanan karirnya, Motorplus Weekly memiliki satu anak usaha lagi yakni Otoplus weekly yang berpusat di Surabaya, Jawa Timur. Melihat potensi dan passion yang dimiliki Arfian, Editor in Chief Motorplus saat itu, Alm Achmad ‘Feol’ Riswan menugaskan secara khusus Arfian untuk mengisi kolom otomotif roda empat.

Arfian ditugaskan untuk test drive mobil di tabloid Otoplus tersebut mulai tahun 2016. Sampai saat ini sudah ratusan kendaraan baik berjenis truk, bus, hingga mobil sport yang Arfian coba. Kegemarannya menulis dengan detail, terstruktur dan teknis membuat ia memiliki pembaca setia dan dipercaya untuk menjadi test driver di tabloid tersebut. 

Sejak tahun 2018 Arfian bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer dan menjadi Senior Content Writer setahun kemudian. Di tahun 2021 ia dipromosikan menjadi Editor, dan dengan kinerja yang baik di tahun 2021 ini pula ia dipromosikan kembali menjadi Managing Editor untuk website ini.

Roles

Managing Editor, Cintamobil.com

Workplace

Jakarta, Indonesia

Education

2009 - 2014 Trisakti University, Bachelor Degree, Accounting

2006 - 2009 54 Senior High School

2003 - 2006 109 Junior High School

Experience

2014 - 2016 Motorplus & Otoplus, Kompas Gramedia

2018 Content Writer Cintamobil.com

2019 Senior Content Writer Cintamobil.com

2021 Managing Editor Cintamobil.com

Awards

2020 - 3rd Winner, Best Online Write Up Activity & Industry News, Warta Citra Adiwahana

2020 - 2nd Winner, Mitsubishi Journalist Writing Competition - Artikel Online Terbaik

2021 - 1st Winner, Best Online Product Review, Warta Citra Adiwahana

 
back to top