Bukan Hanya Karena BBN, Ini Sebabnya Harga Honda Brio Satya Tinggi

19/01/2021

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Bukan Hanya Karena BBN, Ini Sebabnya Harga Honda Brio Satya Tinggi
Ternyata bukan hanya karena BBN (Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor), tetapi ini yang menjadi sebab harga Honda Brio Satya jadi yang tertinggi di antara rival

Seperti disebut di atas, Honda Brio Satya sebagai mobil murah paling mahal di Indonesia. Dan itu adalah fakta. Harga tertingginya pada bulan ini (Januari 2021) tembus Rp 173,5 juta dengan tipe E bertransmisi CVT. Namun, ternyata bukan karena BBN saja yang menyebabkan harga Honda Brio Satya menjadi tinggi. Tetapi ada beberapa faktor lainnya.

Penentuan Harga Mobil LCGC Tak Sembarangan

Gambar Honda Brio Satya E CVT 2019

Menentukan harga mobil LCGC harus ikuti peraturan pemerintah

Sebab, di kelas Low Cost Green Car (LCGC), pabrikan tidak boleh seenaknya dalam menentukan harga jual. Ada campur tangan pemerintah dalam menentukan harga penjualan mobil LCGC, baik untuk LCGC dengan model hatchback seperti Honda Brio Satya, Daihatsu Ayla, Datsun GO dan Toyota Agya maupun LCGC dengan model MPV 7-penumpang seperti Toyota Calya, Daihatsu Sigra, dan Datsun GO+ Panca.

Foto bagasi Honda Brio Satya

Brio punya bagasi yang cukup lapang di kelasnya

"Dalam menentukan harga LCGC itu harus mendapat persetujuan pemerintah, harga itu ditentukan oleh pemerintah. Ambil contoh waktu itu (pertama kali LCGC heboh tahun 2012-2013) harga mobil LCGC ditetapkan Rp 100 juta dalam kondisi off the road ya, namun kan ada allowance-allowance, safety feature, dan sebagainya," ujar Yusak Billy, selaku Business Innovation and Marketing Sales Director PT Honda Prospect Motor (HPM).

Foto tim Cintamobil.com sedang mengemudikan Honda Brio Satya E CVT 2018

Selain itu Brio terkenal lebih asyik dikemudikan dibandingkan para rivalnya

Pria yang hobi bersepeda ini juga bilang, "Itu tentu enggak bisa dibilang mahal ya, mahal ya enggak juga. Tiap mau naik harga kita musti propose ke pemerintah (untuk kemudian pemerintah yang melakukan approval). Tiap tahun (kalau ada) kenaikkan ya karena kita propose, bahan pertimbangannya juga banyak contoh inflasi, dan lain-lain. Setiap tahun kita dapat approval," ujar Billy sapaan akrab Yusak Billy saat Virtual Media Gathering Honda (Senin, 18/1/2021).

>>> Ternyata 10 hal ini membuat Brio Satya digemari kawula muda

Kenaikan Harga Awal Tahun Itu Wajar

Foto Honda Brio Satya E CVT

Naik awal tahun? Wajar lah...

Dan menurut Cintamobil.com, sebenarnya kenaikan harga mobil itu sudah lumrah terjadi di setiap awal tahun. Untuk itu, Anda jangan heran kalau mobil yang sedang Anda incar harganya naik di awal tahun. Tak jarang ada sebagian orang yang justru mengurungkan niat untuk membeli mobil awal tahun lantaran harganya naik. Tapi tak sedikit juga yang mengincar mobil di awal tahun baru agar mendapat VIN (Vehicle Identification Number) paling baru. 

>>> Mau beli Honda Brio bekas? Cek di sini

Pertanyaan Sering Diajukan

Berapa Harga Honda Brio Satya?
Harga Honda Brio Satya ditawarkan mulai Rp 149 juta untuk tipe S bertransmisi manual
Ada berapa tipe Honda Brio Satya?
Honda Brio Satya ditawarkan dalam dua tipe, yakni tipe E dan tipe S. Tipe E punya dua pilihan transmisi otomatis jenis CVT dan manual 5-percepatan, sementara tipe S hanya manual saja
Berapa harga Honda Brio Satya bekas?
Brio Satya generasi kedua ditawarkan mulai harga Rp 150 jutaan untuk transmisi otomatis CVT
Share this post:
Penulis
Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, Kini ia menjadi andalan Cintamobil dalam menguji mobil baru di Indonesia

Berita lain

Honda Brio Jadi Mobil Terlaris di Indonesia Tahun 2020

17/01/2021

Pasar mobil

3 menit

Dengan penjualan lebih dari 40 ribu unit, Honda Brio berhasil menjadi mobil terlaris di Indonesia tahun 2020, mengalahkan seluruh model dari berbagai merek.

Lihat juga

BBN Naik Bikin Harga Honda Brio Tembus Rp 200 Juta

12/01/2021

Pasar mobil

4 menit

Kenaikan harga mobil sudah lumrah terjadi setiap tahunnya karena BBN. Misalnya harga Honda Brio RS yang kini dijual dengan harga lebih dari Rp 200 juta.

Lihat juga

Jadi Mobil LCGC Termahal, Apa Saja Fitur di Dalam Honda Brio Satya?

14/01/2021

Pasar mobil

3 menit

Gelar mobil LCGC termahal kini disematkan pada Honda Brio Satya E CVT. Dengan banderol harga mencapai Rp 173 jutaan, ini fitur yang ada di dalam Brio Satya.

Lihat juga

Harga Rp 173,5 Juta, Honda Brio Satya Jadi Mobil Murah Paling Mahal

13/01/2021

Pasar mobil

3 menit

Dengan harga mencapai Rp 173,5 juta Honda Brio Satya kembali menjadi mobil murah paling mahal di tanah air. Lantas berapa harga mobil-mobil murah yang lain?

Lihat juga

10 Pilihan Oli Mobil Honda Brio Terbaik

28/12/2020

Perawatan dan service

8 menit

Ada beberapa pilihan oli mobil Honda Brio yang direkomendasikan baik itu Honda Automobile Oil, atau pelumas dari produsen oli aftermarket yang tersedia dipasaran.

Lihat juga
 
back to top