Bukan Esemka, tapi KMW AMMDes yang Jalani Ekspor Perdana Ke Nigeria

29/08/2020

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Bukan Esemka, tapi KMW AMMDes yang Jalani Ekspor Perdana Ke Nigeria
Bukanlah mobil Esemka yang sedang ramai diberitakan itu, namun KMW AMMDes yang merupakan hasil karya anak bangsa sukses melakukan ekspor perdana pada minggu ini

Bukanlah mobil Esemka yang sedang ramai diberitakan itu, tetapi PT Senantiasa Makmur (SM) melalui PT Repindo Jagad Raya (RJR) mengekspor KMW AMMDes yang diproduksi oleh PT Kreasi Mandiri Wintor Indonesia (KMWI) ke Nigeria beberapa waktu lalu. Saat ini aplikasi AMMDes yang telah diekspor terdiri dari AMMDes Paddy Husker (Pengupas Padi), AMMDes Cassava Grinder (Penepung Singkong), dan AMMDes Garri Processor (Pengolah Garri). Kedepannya proses ekspor ini akan dilakukan secara bertahap dan berkesinambungan.

Foto logo KMW

Kendaraan rakitan anak bangsa ini berhasil diekspor

>>> Bukan kaleng-kaleng, Inilah rangkaian pengetesan KMW AMMDes sebelum dijual ke pasar

Seremonial Ekspor Perdana Di Bogor, Jawa Barat

“Kami merasa bangga dengan diekspornya AMMDes ke Nigeria. Hal ini menjadi bukti bahwa produk dalam negeri hasil karya anak bangsa juga diminati di luar negeri. Terlebih dalam kondisi Pandemi Covid-19 ini, AMMDes semakin dibutuhkan di sektor pertanian dan perkebunan berskala besar,” ujar Ritha Ermuliana Manik sebagai Direktur Utama PT RJR dalam keterangan resminya dikutip Cintamobil.com.

Gambar Mobil KMW sedang masuk kontainer

Ada tiga varian KMW AMMDes yang diekspor ke Nigeria

Seremonial ekspor perdana ini dilakukan pada Senin, 24 Agustus 2020 di pabrik AMMDes di Citereup, Kabupaten Bogor. Disaksikan secara langsung oleh Dra. Ritha Ermuliana Manik, MM sebagai eksportir, Presiden Direktur KMWI Reiza Treistanto, dan Direktur SM Rio Sanggau. Salah satu unit KMW AMMDes yang diekspor adalah unit dengan aplikasi Garri Processor (Pengolah Garri - ”Garri merupakan makanan pokok di Nigeria yang terbuat dari singkong”).

Gambar Seremonial ekspor KMW AMMDes

Seremonial dilakukan di pabrik AMMDes di Citereup, Kabupaten Bogor

Unit dengan aplikasi ini merupakan bukti nyata AMMDes sebagai alat mekanisasi yang dapat digunakan untuk berbagai fungsi dan disesuaikan dengan berbagai kebutuhan yang ada. Tidak hanya pada sektor pertanian, sejak 2018 KMWI terus berinovasi dan telah berhasil mengembangkan lebih dari 16 aplikasi lainnya yang disesuaikan dengan kebutuhan desa di Indonesia. Diantaranya unit AMMDes Ambulance Feeder pada bidang kesehatan dan unit AMMDes Pemadam Kebakaran untuk kegiatan tanggap darurat.

Mesin AMMDes

Foto mesin Diesel ZS1100 KMW AMMDes

Mesin diesel yang digunakan ini adalah racikan tangan dingin anak negeri

Mesin AMMDes dibuat oleh PT. Sharprindo Dinamika berkapasitas 700 cc dan mampu menelurkan 14 Hp pada putaran mesin 2000 rpm. Namun kalau boleh jujur, dari hasil uji coba tim Cintamobil.com terhadap kendaraan ini, dirasa masih banyak sekali pekerjaan rumah yang harus diselesaikan oleh para vendor pembuat AMMDes ini. Mesinnya terdengar sangat keras, bahkan mobil ini lebih mirip genset atau mesin diesel pertanian yang diberi transmisi, sistem kemudi dan juga jok serta dipaksakan untuk berjalan. 

Spesifikasi Umum KMW AMMDes

Berikut ini adalah spesifikasi umum KMW AMMDes belum termasuk modifikasi sesuai kebutuhan.

Mesin

Seri mesin

ZS1100

Bahan Bakar

Diesel

Tenaga Maksimum

14 Hp @ 2200 rpm

Torsi Maksimum

N/A

Kapasitas Silinder

700 cc

Klaim Top Speed

45 km/jam

Transmisi Tipe

3 Percepatan Manual

Rangka 

Panjang Keseluruhan

3.580 mm

Lebar Keseluruhan

1.900 mm

Tinggi Keseluruhan

1.370 mm

Jarak Poros Roda

1.900 mm

Radius Putar

4 meter

Suspensi/Kaki-Kaki

Ban

Swallow R15

Pelek

Besi

Suspensi

Independen

Share this post:
Penulis
Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, Kini ia menjadi andalan Cintamobil dalam menguji mobil baru di Indonesia

Berita lain

Bukan Kaleng-Kaleng, Ternyata Inilah Rangkaian Pengetesan KMW AMMDes

06/08/2019

Mobil baru

3 menit

Siapa sangka kendaraan berjuluk Alat Mekanis Multiguna PeDesaan atau yang akrab disebut AMMDes ini telah melewati serangkaian pengetesan yang menjamin ketangguhannya saat dipergunakan di lapangan? Ternyata mobil yang jadi 'bahan' Kemenperin AMMDes Digimodz ini bukan kaleng-kaleng, inilah serangkaian pengetesan KMW AMMDes

Lihat juga

Dipakai Sebagai "Bahan" Modifikasi Kemenperin AMMDes Digimodz, Ini Sejarah Perjalanan KMW AMMDes

06/08/2019

Mobil baru

3 menit

Mungkin banyak dari Anda tidak mengetahui keberadaan kendaraan ini. KMW AMMDes merupakan sebuah kendaraan multifungsi aseli buatan putra-putri bangsa Indonesia. Mobil ini digunakan sebagai 'bahan' modifikasi Kemenperin AMMDes Digimodz, inilah sejarah perjalanan KMW AMMDes

Lihat juga

KMW, Kendaraan Desa Asli Pribumi yang Siap Meluncur di GIIAS 2018

11/07/2018

Event - Promosi

Kementrian Perindustrian bersiap untuk meluncurkan mobil pedesaan yang disebut dengan Alat Mekanis Multiguna Pedesaan atau AMMDes bermerek KMW pada ajang Gaikindo Indonesia Internasional Auto Show (GIIAS) Agustus mendatang.

Lihat juga

Esemka Baru Jual Pickup Bima, SUV Garuda Masih Prototipe

28/08/2020

Pasar mobil

3 menit

PT Solo Manufaktur Kreasi (SMK) membantah bahwa akan meluncurkan Esemka Garuda. Saat ini, SMK hanya memproduksi pickup Esemka Bima di pabrik Boyolali.

Lihat juga

Ini Dia Mitra Dealer yang Jual Mobil Esemka di Jakarta

28/08/2020

Pasar mobil

3 menit

PT Solo Manufaktur Kreasi (PT SMK) menyebut mobil pickup Esemka Bima bisa dibeli di mitra dealer yang tersedia di Boyolali dan juga Ibu Kota Jakarta.

Lihat juga
 
back to top