Auf Wiedersehen! BMW i8 Resmi Berhenti Produksi

16/06/2020

Pasar mobil

4 menit

Share this post:
Auf Wiedersehen! BMW i8 Resmi Berhenti Produksi
Setelah lebih dari 20.000 unit dalam waktu enam tahun, BMW menghentikan produksi sportscar hybrid i8. Adapun mobil terakhir yang dirakit merupakan sebuah roadster berwarna Portimao Blue.

Setelah enam tahun produksi, BMW menghentikan produksi i8 dengan unit terakhir keluar dari pabrik Leipzig, keputusan ini sendiri lebih cepat dua bulan dari rencana awal di Agustus 2020.

>>> BMW iX3 terjepret kamera di jalur produksi

Mobil yang ke-20.500 yang diproduksi adalah sebuah i8 Roadster dengan warna Portimao Blue, dan telah dibeli oleh pemilik pribadi di Jerman. Dengan statusnya sebagai BMW i8 terakhir yang diproduksi, dengan warna yang tidak ada di line-up standar, mobil ini akan jadi salah satu BMW paling menarik untuk dikoleksi

Proyek ambisius pembuka jalan elektrifikasi

Pertama kali diperkenalkan sebagai konsep tahun 2011, BMW i8 adalah game changer dari pabrikan Bavaria. Hadir dengan tampilan futuristis, layout mesin tengah, dan pintu yang membuka ke atas, i8 merupakan proyek paling ambisius yang pernah digarap BMW.

>>> Temukan berbagai pilihan mobil baru dan bekas berkualitas di sini

Menggunakan powertrain plug-in hybrid 1.500 cc inline-3 turbo, mobil ini hadir dengan berbagai inovasi. Mulai dari motor listrik menggerakkan roda depan, sasis carbon fiber-reinforded plastic (CFRP), sampai lampu depan laser yang kini jadi opsi di sebagian besar line-up BMW.

BMW i8 terakhir yang dirakit

Bersama i3, i8 merupakan pelopor dari ambisi elektifikasi BMW

Lebih dari itu, BMW i8 bersama dengan i3 dianggap sebagai proyek awal dari ambisi elektrifikasi BMW yang saat ini sedang gencar-gencarnya. Mulai dari mesin mild-hybrid di line-up terbaru, hadirnya varian plug-in hybrid, sampai line-up BEV yang tengah disiapkan.

>>> Simak berita terbaru seputar pasar mobil di sini

Saat ini, BMW tengah menyiapkan crossover iX3, mobil BEV pertama dari Bavaria yang mulai produksi musim panas ini. Dan juga BMW i4, yang prototypenya sudah diperkenalkan awal Maret lalu.

Nasib suksesor BMW i8

Mobil konsep sportscar BMW Vision M yang diperkenalkan tahun lalu

Namun, belum diketahui kapan BMW menggarap sportscar baru suksesor i8

Tahun 2019, prototype BMW Vision M Next diperkenalkan, dan diplot sebagai suksesor BMW i8. Namun, menurut rumor yang berkembang awal tahun ini, proyek sportscar listrik tersebut dibatalkan akibat pandemi Corona. Apakah akan ada lagi sportscar revolusioner penerus i8 hadir dari Bavaria? Menarik untuk ditunggu.

>>> Berita otomotif terbaru dari dalam dan luar negeri bisa Anda temukan di sini

Share this post:
Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.
 
back to top