Beli Mobil DP 0 Persen, Ini Tanggapan Perusahaan Pembiayaan

22/08/2018

Pasar mobil
Share this post:
Beli Mobil DP 0 Persen, Ini Tanggapan Perusahaan Pembiayaan
Aturan baru yang bakal diterbitkan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bulan Agustus 2018 ini soal kredit kendaraan bermotor dengan DP 0 persen menuai tanggapan dari perusahaan pembiayaan itu sendiri. Seperti apa komentarnya?

Logo Otoritas Jasa Keuangan

OJK ijinkan leasing tawarkan kredit DP 0% untuk pembelian kendaraan bermotor

Seperti diberitakan sebelumnya pemerintah melalui Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bersiap menerbitkan regulasi revisi POJK No. 29/POJK.05/2014 mengenai penyelenggaraan usaha perusahaan pembiayaan.

Salah satu point yang cukup jadi sorotan adalah kewenangan perusahaan pembiayaan menerapkan kebijakan Down Payment (DP) 0 persen atau tanpa uang muka untuk pembelian kendaraan bermotor baik itu mobil maupun sepeda motor.

>>> Tak Lama Lagi Kredit Kendaraan Bermotor Tidak Harus Pakai Uang Muka

Regulasi yang bakal diberlakukan pada perusahaan pembiayaan konvensional dan syariah ini mengundang banyak reaksi khususnya dari kalangan perusahaan pembiayaan seperti Multi Mandiri Finance (MUF).

Menurut Stanley Setia Atmadja, Direktur Utama Mandiri Utama Finance (MUF) langkah yang dilakukan OJK ini punya sisi positif dan negatif alias ada kelebihan dan kekurangannya.

"Bagi perusahaan multi finance tergantung dari kemampuan apakah operasionalnya bisa menangani uang muka rendah atau tidak," tutur Stanley kepada salah satu media belum lama ini.

Gambar mobil berlogo Mandiri Utama Finance

Menurut Mandiri Utama Finance, Kredit DP 0 % punya sisi positif dan negatif

Stanley memastikan, bakal banyak tambahan pekerjaan buat perusahaan pembiayaan pasca terbitnya aturan baru ini nanti dengan banyaknya pengajuan kredit yang masuk.

"Karena pastinya akan lebih banyak aplikasi yang masuk, tanpa harus membayar uang muka," ucap dia.

Jadi, menurut Stanley siap atau tidaknya menerapkan kebijakan DP 0 persen untuk kredit kendaraan bermotor semua tergantung perusahaan pembiayaan itu sendiri. Jika memang siap silahkan, tapi kalau tidak siap jangan dipaksakan.

OJK sepertinya juga tidak akan memaksa. Kalau memang ada perusahaan pembiayaan yang ingin memberikan DP 0 persen kepada calon konsumen disyaratkan memiliki catatan kesehatan keuangan yang benar-benar sehat serta tidak memiliki tingkat non Profit Performing Finance (NPF) lebih dari satu persen.

>>> Berita terbaru dari dunia otomotif hanya di Cintamobil.com

Gambar foto lampu bemper Wuling Confero

Jika jadi diterapkan kebijakan kredit mobil DP 0%, perusahaan pembiayaan bakal tambah pekerjaan dengan banyaknya aplikasi baru

>>> Tertarik membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

Share this post:
Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top