Tak Lama Lagi Kredit Kendaraan Bermotor Tidak Harus Pakai Uang Muka

21/08/2018

Pasar mobil
Share this post:
Tak Lama Lagi Kredit Kendaraan Bermotor Tidak Harus Pakai Uang Muka
Berbagai upaya dilakukan pemerintah dalam menggairahkan bisnis otomotif dalam negeri. Mulai dari mendukung adanya pameran-pameran otomotif, menstandarkan harga jual kendaraan, membuat kebijakan low cost green car (LCGC), hingga menerbitkan regulasi pembiayaan kendaraan bermotor.

Gambar logo OJK

OJK bakal perbolehkan perusahaan pembiyaan terapkan DP 0% untuk pembelian kredit kendaraan bermotor

Melalui Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pemerintah tidak lama lagi bakal menerbitkan aturan revisi POJK No. 29/POJK.05/2014 tentang Penyelenggaraan Usaha Perusahaan Pembiayaan yang bertujuan membangkitkan kembali gairah industri pembiayaan serbaguna atau multifinance.

Salah satu point yang jadi perhatian serius banyak kalangan adalah regulasi yang mengatur implementasi down payment (DP) atau uang muka 0% untuk pembelian kendaraan bermotor yang bakal terbit bulan Agustus 2018 ini. Kebijakan ini berlaku untuk semua jenis perusahan multifinance baik yang menggunakan sistem konvensional maupun sistem syariah.

"OJK memberikan kesempatan ke masing-masing perusahaan pembiayaan untuk mengambil kebijakan dalam menerapkan DP 0%," tutur Kepala Eksekutif Pengawas Industri Keuangan Non Bank (IKNB) OJK, Riswinandi kepada media dalam acara konferensi paket kebijakan di Jakarta, Rabu (15/8) lalu.

>>> Hindari Masalah, Suzuki Hilangkan Balloon Payment Dalam Tawaran Paket Kredit

Kebijakan ini sifatnya adalah payung hukum. Dalam penerapannya sudah barang tentu kembali kepada pelaku industri dalam hal ini perusahaan pembiayaan atau multifinance. OJK hanya menetapkan syarat bagi perusahaan yang ingin menerapkan kebijakan DP 0% ini harus punya tingkat non performing finance (NPF) di bawah atau sama dengan 1%. Lalu kondisi keuangan perusahaan juga harus berstatus sehat.

"Kebijakan ini juga bergantung pada risk management perusahaan," tambah Riswinandi.

Sementara itu Ketua Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia (APPI) Suwandi Wiratno memandang kebijakan baru ini memang bakal menggairahkan perusahaan pembiayaan dan juga bisnis otomotif.

Dari sisi kepemilikan kendaraan bermotor, konsumen bakal mendapatkan kemudahan dibanding sebelum-sebelumnya. Sedang dari sisi perusahaan pembiayaan bakal lebih banyak kendaraan bermotor yang terjual.

>>> Tak Punya Dana Cash? Belilah Mobil dengan Memilih Kredit Mobil Terbaik

Gambar penyerahan kunci mobil

DP 0% diharapkan membangkitkan gairah penjualan mobil di Indonesia

Suwandi sangat menyarankan perusahaan tidak serta merta menerapkan kebijakan ini begitu saja. Harus ada pertimbangan yang tepat meliputi kesiapan menanggung risiko yang mungkin terjadi di masa mendatang seperti adanya kredit macet dan sebagainya.

Sebagai konsumen tentu sangat berharap regulasi pembiayaan yang baru ini diterapkan oleh perusahaan pembiayaan. Karena dengan begitu, konsumen bisa membawa pulang mobil baru atau motor baru yang diinginkan tanpa harus mempersiapkan uang muka alias DP 0 persen.

Bagaimana menurut pembaca?

>>> Terus ikuti perkembangan berita otomotif di situs berita cintamobil.com

Share this post:
Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top