Begini Penjualan Mobil 'Murah' di Tengah Pandemi COVID-19

22/05/2020

Pasar mobil
Share this post:
Begini Penjualan Mobil 'Murah' di Tengah Pandemi COVID-19
Pasar mobil di Indonesia bulan April 2020 mengalami penurunan drastis terdampak pandemi virus Corona (COVID-19). Bagaimana dengan penjualan mobil murah?

Prediksi jadi kenyataan, penjualan mobil di Indonesia merosot tajam terdampak virus Corona (COVID-19). Hanya ada 7.871 unit kendaraan yang terkirim ke diler sepanjang April 2020, turun sebesar 89,8 persen dibanding bulan sebelumnya dan hanya terjual 24.276 unit ke konsumen, turun sebesar 59,8 persen dibanding bulan sebelumnya.

Toyota Avanza yang biasanya terjual ribuan unit, di bulan April hanya terjual 277 unit. Mitsubishi Xpander terjual 380 unit, Daihatsu Gran Max PU hanya laku 327 unit, dan yang lain. Semuanya model tidak ada yang terjual sampai angka 1000 unit. Lantas berapa penjualan mobil murah di Indonesia alias si mobil Low Cost Green Car (LCGC)?

Penjualan mobil murah

Dikenal sebagai mobil murah karena memang harganya murah. Mobil ini paling terjangkau dibanding mobil-mobil jenis lain seperti MPV maupun SUV. Meski demikian, ternyata tidak semua mobil murah membuat banyak orang tertarik.

>>> Hanya Audi dan Scania Yang Jualannya Naik di Tengah Pandemi

Foto menunjukkan Honda Brio Satya warna kuning tampak dari samping depan

Honda Brio Satya merajai pasar LCGC

Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) mencatat sepanjang April 2020 penjualan mobil murah hanya sebanyak 1.435 unit, itupun didominasi Honda Brio Satya yang terjual sebanyak 489 unit dan Daihatsu Sigra 479 unit. Rincian lengkapnya sebagai berikut:

  • Honda Brio Satya 489 unit
  • Daihatsu Sigra 479 unit
  • Toyota Agya 250 unit
  • Daihatsu Ayla 148 unit
  • Toyota Calya 62 unit
  • Suzuki Karimun Wagon R 7 unit
  • Datsun Go dan Go+ 0 unit

Brio Satya dan Sigra salip Avanza

Ada yang dibanggakan dari hasil penjualan di atas, yaitu keberhasilan Honda Brio Satya dan Daihatsu Sigra menyalip Toyota Avanza. Itu merupakan sesuatu yang belum pernah terjadi sebelum-sebelumnya. Dalam kondisi sedang normal tidak banyak yang bisa melakukan hal tersebut selain Mitsubishi Xpander di awal 2018 dimana dalam 4 bulan berturut-turut penjualan Xpander berhasil mengungguli Avanza. Selebihnya, Toyota Avanza kembali bertahta hingga saat ini.

>>> Test Drive Dan Review All New Honda Brio Satya 2018

>>> Temukan berbagai pilihan mobil baru dan bekas berkualitas di sini

Fatchur Sag
Share this post:

Berita lain

Nissan Dikabarkan Bakal Hengkang dari Eropa dan Akhiri Image ‘Mobil Murah'

06/05/2020

Pasar mobil

2 menit

Reuters mengungkapkan arah baru Nissan untuk keluar dari Eropa. Keputusannya sejalan dengan rencana Nissan untuk fokus pada pasar China, Jepang, dan Amerika Serikat.

Lihat juga

Daftar Diskon 'Mobil Murah' Maret 2020

30/03/2020

Pasar mobil

3 menit

Bagi Anda yang saat ini ingin membeli sebuah mobil kami telah merangkum diskon mobil murah yang harus Anda ketahui. Model mana saja yang dapatkan diskon?

Lihat juga

Sejarah Agya Hadir Sebagai Mobil Murah Buat Orang Indonesia

20/03/2020

Pasar mobil

3 menit

Toyota Agya merupakan mobil perkotaan yang dihadirkan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan mobil murah di Indonesia. Tapi apakah Anda mengetahui sejarah Agya?

Lihat juga