Hanya Audi dan Scania Yang Jualannya Naik di Tengah Pandemi

21/05/2020

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Semua pabrikan mobil merasakan jualannya di Indonesia pada bulan April merosot. Namun tidak dengan Audi dan Scania, penjualan kedua merek Eropa tersebut justru naik.

Sedih dan kecewa, itu yang diungkap Ketua III Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO), Rizwan Alamsjah mengomentari penjualan mobil di Indonesia bulan April 2020 yang merosot tajam.

"Kami cukup kecewa sebenarnya dengan hasil itu karena turun jauh dari perkiraan. Tapi kita akan coba lihat lagi mengapa bisa sangat tertekan," tutur Rizwan dalam diskusi virtual, Kamis (14/5/2020) lalu.

Tapi, tentu bukan dia saja, pabrikan juga kecewa atas hasil yang didapat karena penjualannya merosot. Dan rata-rata semua merek mengalami penurunan lebih dari 50 persen dengan detail bervariasi. Toyota, Daihatsu, Honda yang memimpin pasar mengalami penurunan lebih dari 90 persen dibanding bulan Maret. Nissan dan Wuling yang selalu beriringan juga turun lebih dari 90 persen.

Mitsubishi Motors dan Mitsubishi Fuso turun 89 persen, Isuzu, KIA dan Mercedes-Benz PC turun 74 persen, DFSK turun 75 persen, Lexus turun 76 persen, MINI turun 77 persen, serta yang lain.

>>> Ambyar, Penjualan Mobil Bulan April Terjun Bebas

Foto menunjukkan tampilan lawas situs Cintamobil.com

Penjualan mobil secara online tak berpengaruh besar

Hanya Hyundai dan Peugeot yang mengalami penurunan di bawah 50 persen, namun persentasenya masih tetap besar. Hyundai turun 36,4 persen, dan Peugeot turun 37,1 persen. Jika ada merek yang penjualannya justru naik di tengah pandemi adalah dua merek Eropa, Audi asal Jerman dan Scania asal Swedia.

Penjualan Audi dan Scania

Secara kuantitas penjualan Audi dan Scania sangat sedikit, kalah dibanding merek-merek Jepang. Sepanjang April Scania hanya terjual sebanyak 12 unit, terdiri dari 4 unit P360CB, 7 unit P460LA, dan 1 unit R620. Sementara Audi terjual 4 unit, terdiri dari 2 unit Audi Q3 1.4 dan 2 unit Audi Q8 3.0.

>>> Review All-new Audi Q3 2020: Generasi Kedua yang Lebih Dewasa

Angka-angka tersebut jauh lebih baik dibanding bulan sebelumnya. Penjualan Scania naik 33,3 persen dibanding bulan Maret yang hanya terjual 9 unit, sementara penjualan Audi naik 300 persen dibanding bulan Maret yang hanya terjual 1 unit.

3 merek tanpa penjualan

Selain penjualan Audi dan Scania yang naik disaat penjualan merek lain anjlok, ada juga merek yang sama sekali tidak mencatatkan penjualan (dari pabrik ke diler), yaitu Mercedes-Benz CV, Datsun, dan MAN Truck. Mercedes-Benz CV di bulan Maret terjual 103 unit, Datsun 27 unit, dan MAN Truck 2 unit.

Foto menunjukkan Scania P460 tampak dari samping depan

Pasar kendaraan niaga juga terpengaruh COVID-19

>>> Temukan berbagai pilihan mobil baru dan bekas berkualitas di sini

Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top