Aston Martin Valkyrie Targetkan Rekor Nurburgring

22/06/2019

Pasar mobil

5 menit

Aston Martin Valkyrie Targetkan Rekor Nurburgring
Dapatkah Aston Martin Valkyrie, yang memiliki tenaga 1.160 hp jadi raja baru Nurburgring dengan mematahkan rekor lap tercepat di Nordschleife?

Aston Martin Valkyrie akan mencoba peruntungannya dalam memecahkan rekor mobil produksi tercepat di Nordschleife. Untuk itu, hypercar asal negeri Ratu Elizabeth itu harus mematahkan rekor Nurburgring sebelumnya, 6 menit 44,970 detik yang dicetak oleh Lamborghini Aventador SVJ. Rencana tersebut dibeberkan oleh CEO Aston Martin, Andy Palmer, kepada Motoring.

>>> Aston Martin siapkan Valkyrie untuk WEC 2020-2021

Lamborghini Aventador SVJ, pemegang rekor Nurburgring

Pemegang rekor mobil produksi tercepat di Nurburgring saat ini, Lamborghini Aventador SVJ

Menurut Palmer, membawa Aston Martin Valkyrie menuju sirkuit berjuluk Green Hell itu dinilai perlu untuk pemasaran Internasional. “Di beberapa market, salah satunya Tiongkok, catatan waktu di Nurburgring penting untuk mengukur kehebatan sebuah Supercar,” ujar Palmer. "Kenyataanya, kami tidak mengembangkan Aston Martin Valkyrie untuk itu. Namun pada akhirnya, kami akan mencatatkan waktu di sana.”

>>> Temukan mobil idaman dengan harga terbaik di sini

Aston Martin juga tampaknya akan mengambil pendekatan unik dalam pemecahan rekor dengan Valkyrie. Alih-alih mengadakan sesi pribadi, Palmer mengisyaratkan sesi ini akan bersifat terbuka.

Namun belum jelas kapan Aston Martin Valkyrie akan memecahkan rekor tersebut, apakah saat periode testing di mana banyak spyshot muncul, atau saat Touristenfahrten di mana trek terbuka untuk publik umum.

Aston Martin Valkyrie dipamerkan di Geneva Motor Show 2019

Aston Martin hanya membuat 150 unit Valkyrie

Dipersenjatai mesin V12 6,5 liter Naturally Aspirated dengan bantuan hybrid, Aston Martin Valkyrie memiliki tenaga puncak 1.160 hp dan torsi 900 Nm. Mesinnya sendiri menghasilkan tenaga 1.000 hp dan 740Nm torsi puncak dengan redline 11.100 rpm.

>>> Baca berita pasar mobil terbaru di sini

Aston Martin akan membuat 150 unit Valkyrie dengan harga masing-masing $3,2 juta (setara Rp 45 miliar) dan 25 unit Valkyrie AMR Pro yang dikhususkan untuk trek. Namun, slot pemesanan mobil ini sudah laris terjual.

>>> Baca berita otomotif terlengkap di sini

Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.
 
back to top