Toyota Land Cruiser 300 Bikin Koleksi Mobil Pejabat Bakal Bertambah

19/01/2022

Mobil baru

3 menit

Share this post:
Koleksi mobil pejabat di Indonesia tampaknya bakal bertambah dengan kehadiran Toyota Land Cruiser 300. Model-model Land Cruiser memang identik dengan pejabat.

Peluncuran Toyota Land Cruiser 300 di Indonesia cukup mencuri perhatian. Koleksi mobil pejabat di Indonesia bisa saja bertambah berkat hadirnya Land Cruiser 300.

Toyota Land Cruiser

Land Cruiser 300 sipa pikat hati pejabat

Ya, kalau bicara model Land Cruiser satu hal yang terlintas di pikiran adalah mobil pejabat. SUV di segmen premium ini cukup identik dengan para pejabat di Tanah Air. Bila diperhatikan, banyak pejabat yang menggunakan Toyota Land Cruiser sebagai tunggangan harian ataupun sekadar koleksi. 

>>> Mengintip Harga Toyota Land Cruiser 300 di Indonesia

Land Cruiser Identik dengan Mobil Pejabat

Mengambil contoh Menteri Pertahanan Prabowo Subianto yang diketahui gemar mengoleksi mobil berjenis SUV. Satu diantaranya merupakan SUV Premium dari Negeri Sakura. Mengutip Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN), Prabowo memiliki Toyota Land Cruiser lansiran 1980 senilai Rp 50 juta.

Selain Prabowo, mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok juga diketahui memiliki Land Cruiser lansiran 2012. Berdasarkan LHKPN yang dilaporkan Ahok pada 31 Desember 2020, Land Cruiser miliknya itu ditaksir punya harga Rp 500 juta. 

Mobil Ahok

Ahok gemar mengoleksi SUV, selain Land Cruiser ada juga Jeep Rubicon

Di sisi lain, Land Cruiser juga digunakan sebagai kendaraan dinas untuk perwira TNI. Dari sederet mobil dinas baru TNI tahun anggaran 2020, seperti Toyota Avanza, Mitsubishi Xpander, Toyota Fortuner, Mitsubishi Pajero Sport, Toyota Land Cruiser Prado terbilang yang paling wah. 

Toyota pun mengamini bahwa Land Cruiser memang digemari di kalangan pejabat. Ketangguhan serta fitur yang ditawarkan sanggup menarik perhatian para pejabat. 

"Banyak digunakan oleh kalangan pejabat pemerintah, saya lihat di TNI juga, dan pejabat di perusahaan-perusahaan swasta yang ada di tingkat manajemen atas," ungkap Direktur Marketing PT Toyota Astra Motor Anton Jimmi Suwandy saat peluncuran Land Cruiser 300 belum lama ini. 

Melihat antusiasme tersebut, Toyota Land Cruiser 300 diyakini bisa laris manis. Anton menyebut penjualannya diharapkan bisa mencapai kisaran 300 unit. 

Bila melihat spesifikasi yang ditawarkan, ekspektasi Toyota akan penjualan Land Cruiser teranyar bisa saja tercapai. Sekadar informasi, Toyota Land Cruiser 300 hadir dengan desain eksterior dan interior yang lebih fresh semakin menegaskan jati dirinya sebagai Premium SUV. 

Toyota Land Cruiser

Untuk yang lebih elegan ada Land Cruiser VX-R

>>> Mercedes-Benz GLE vs Land Cruiser 300 2022: Adu SUV 7-Seater Premium

Spesifikasi Toyota Land Cruiser 300

Untuk Land Cruiser anyar yang dijual di Indonesia ini terdapat Exclusive 70th Anniversary Emblem pada sisi samping-belakang bodi dan pada door scuff plate yang dilengkapi lampu iluminasi mewah. Termasuk di Floor Mat dengan aksen bordir senada yang di desain secara eksklusif untuk menemani perjalanan bersejarah bersama Land Cruiser sejalan dengan perayaan 70 tahun hadirnya Land Cruiser di tahun 2021. 

Toyota Land Cruiser

Emblem 70 tahun pada Land Cruiser 300

Toyota juga melengkapi dilengkapi Premium SUV legendaris ini dengan fitur kenyamanan terbaik seperti New Expansive Luggage Room, di mana tipe VX-R mendapatkan tambahan Power Back Door with Kick Sensor. Selain itu, terdapat juga fitur New Digital Video Recorder, New Wireless Charger, New Rear Seat Entertainment serta Electronic Parking Brake with Brake Hold. 

Toyota Land Cruiser

Land Cruiser GR-Sport

Land Cruiser 300 kini mengadopsi mesin V6D-turbo yang dikembangkan dengan 3.346 cc untuk mencapai performa berkendara terdepan di kelasnya, serta mampu mengurangi konsumsi bahan bakar. Dapur pacu berkode F33A-FTV ini sanggup menghasilkan tenaga 305 PS pada 4.000 rpm dan torsi ‘brutal’ 71,4 Kgm pada 1.600 – 2.600 rpm. Performa mesin bertenaga ini didukung oleh transmisi 10-speed Direct Shift-10AT yang dapat menyalurkan tenaga mesin lebih efektif dan efisien pada berbagai kondisi berkendara.

Sebagai off-roader sekaligus penjelajah jalan raya, Premium SUV ini telah dilengkapi perangkat keamanan berkendara terbaik seperti rem yang dilengkapi Anti-lock Braking System + Electronic Brake-force Distribution + Brake Assist dan 8-airbags. Fitur safety lainnya adalah Blind Spot Monitor (BSM), Vehicle Stability Control (VSC), Hill-start Assist Control (HAC), dan Traction Control (TC). Khusus untuk kebutuhan off-road, tersedia juga fitur Downhill Assist Control (DAC), Crawl Control, Multi-Terrain Select (MTS), ditambah Tire Pressure Monitor (TPM).

Untuk menambah keamanan dan keselamatan di jalan, Land Cruiser anyar ini juga sudah dilengkapi dengan Toyota Safety Sense (TSS)  seperti Pre-Collision System (PCS), Lane Departure Alert (LDA), Rear Camera Detection (RCD), Adaptive High-Beam System (AHS), dan Dynamic Radar Cruise Control (DRCC). 

Itu tadi spesifikasi dan fitur yang terdapat pada Land Cruiser 300. Untuk harga, ada empat varian Land Cruiser 300 yang dijual di Indonesia dengan rincian sebagai berikut. 

  • Land Cruiser VX-R 4x4 A/T Non Premium Color : Rp 2.327.800.000
  • Land Cruiser VX-R 4x4 A/T Premium Color : Rp 2.330.800.000
  • Land Cruiser VX-R GR-S 4x4 A/T Non Premium Color : Rp 2.378.800.000
  • Land Cruiser VX-R GR-S 4x4 A/T Premium Color : Rp 2.381.800.000

>>> Review Land Cruiser 300 2021: Dandanan Elegan SUV Legendaris Toyota

Menjadi jurnalis otomotif di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2016 dan telah memiliki ragam pengalaman menguji mobil hingga mengunjungi pameran otomotif tingkat dunia. Bergabung sebagai Editor di Cintamobil sejak tahun 2020. Lulusan Universitas Trisakti ini mengawali karir sebagai jurnal
 
back to top