Toyota Glanza, Hatchback Baru Yang Mengadopsi Desain Suzuki Baleno

11/06/2019
Untuk pertama kalinya, Toyota dan Maruti Suzuki berkolaborasi dalam menciptakan sebuah mobil Hatchback yang dinamai Toyota Glanza. Tepat pada tanggal 6 Juni 2019 lalu, Glanza dirilis secara resmi di India.

Dalam bahasa desain, Toyota Glanza menerapkan basis utama dari Suzuki Baleno. Kolaborasi keduanya tak jauh berbeda seperti Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia. Giliran kali ini, Glanza hadir sebagai hasil kolaborasi antara Toyota dan Maruti Suzuki di India.

Peluncuran Toyota Glanza di India tergolong fenomenal mengingat konsepnya yang mirip dengan Suzuki Baleno

Peluncuran Toyota Glanza di India

Perilisannya waktu lalu, Toyota Glanza ditawarkan dalam dua varian utama yakni G dan V. Adapun dua varian tersebut juga menyuguhkan pilihan transmisi baik manual ataupun Continuous Variable Transmission (CVT).
Persamaan antara Glanza dan Suzuki Baleno, bisa diamati pada sisi eksterior dan interior yang nyatanya hampir mirip. Perbedaan hanya didasari pada pernak-pernik Glanza seperti desain Grille dan logo ikonik Toyota pada wajah depannya.

>>> Baca juga: Lamborghini Sterrato Huracan, Supercar ‘Mutan’ Penjelajah Medan Off-Road

Toyota Glanza menerapkan tema utama Let's Go Hatcin' yang cukup fenomenal di India

Tema “Let’s Go Hatchin’” dipilih sebagai semangat utama Glanza

Sedangkan dari sektor interior, Toyota tampaknya tak main-main. Pasalnya, Glanza dibekali fitur unggulan seperti panel Head Unit Touchscreen berukuran 7 inci yang diberi nama “Toyota Smart Playcast”. Adapun panel tersebut sudah didukung format modern layaknya Android Auto maupun Apple CarPlay.

Interior Toyota Glanza dikemas cukup menawan dan memiliki fitur yang serupa dengan Suzuki Baleno

Suasana kabin interior Toyota Glanza

>>> Info menarik: Apakah tertarik dengan mobil Toyota? Coba simak harganya yang terjangkau di sini

Sementara itu, jika berbicara fitur, Toyota Glanza tergolong lebih unggul daripada Suzuki Baleno. Pasalnya, Glanza sudah dibekali fitur sekelas LED Projector Headlight, Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brakeforce Distribution (EBD), sensor parkir mundur, kamera belakang serta Dual Front Airbags.

Cuplikan video resmi Toyota Glanza

Hal spesial lainnya terletak pada jantung pacu. Dalam hal ini, Toyota Glanza menghadirkan dua pilihan mesin yakni K12M dan K12N Mild-Hybrid. Glanza tipe V akan menggunakan mesin K12M yang menghasilkan daya 82 HP serta torsi puncak 113 Nm.

>>> Berita teranyar seputar mobil baru terlengkap hanya ada di sini
Sebaliknya, mesin Toyota Glanza G menerapkan kode K12N Mild-Hybrid yang memanfaatkan tenaga dari motor listrik. Alhasil, daya yang dihasilkan mampu mencapai 89 HP, selisih 7 HP dibanding tipe V. Sedangkan torsi masih serupa di angka 113 Nm.

Mesin Toyota Glanza menerapkan konfigurasi Mild-Hybrid

Kedua pilihan mesinnya masih bergantung pada bahan bakar bensin

Untuk harga Toyota Glanza akan dibanderol mulai INR 722.000 atau setara Rp. 148 jutaan. Adapun varian tertingginya dipatok harga INR 899.000 atau di kisaran Rp. 182 jutaan saja. Namun, perlu digaris bawahi bahwa harga ini masih bersifat perkenalan saja. Ada potensi kenaikan harga di kemudian hari.

>>> Terus ikuti informasi otomotif paling update lainnya hanya di situs Cintamobil.com

Franky Pratama

Ulasan anda

Apakah artikel ini bermanfaat untuk Anda?
1

berita lain