Tesla Model S 2020 Jadi Mobil Listrik Pertama Dengan Range 400 mil

17/06/2020

Mobil baru

4 menit

Share this post:
Tesla Model S 2020 Jadi Mobil Listrik Pertama Dengan Range 400 mil
Tesla selalu berada di depan pasar untuk soal elektrifikasi, kali ini soal jarak tempuh di mana Model S 2020 jadi mobil listrik pertama dengan jarak tempuh 400 mil, atau 645 km.

Seiring berkembangnya teknologi mobil listrik, populasi mobil nol-emisi itu semakin banyak di jalan raya. Namun, untuk jarak tempuh rata-rata mobil masih berkisar di 200 mil (322 km), itupun masih bergantung pada beberapa hal lain.

>>> Ingin punya Tesla Cybertruck? Coba artikel ini deh

Sebagai salah satu pionir dan pemain utama di segmen mobil listrik, Tesla memperkenalkan update pada Model S 2020, di mana model flagship itu bisa menembus jarak 402 mil (645 km) dengan trim Long Range Plus.

Lebih irit 20% dibandingkan model 2019

Angka ini tidak sekadar klaim belaka, melainkan rating resmi yang dikeluarkan Environmental Protection Agency (EPA). Selain itu, Tesla Model S 2020 juga diklaim 20% lebih irit dibandingkan Model S 100D dengan spesifikasi baterai serupa.

>>> Temukan berbagai pilihan mobil baru dan bekas berkualitas di sini

Peningkatan jarak tempuh ini tentu tidak terlepas dari berbagai ubahan, pertama bobot Model S 2020 dipangkas dengan menggunakan kursi yang didesain khusus, dan juga material lebih ringan untuk baterai dan powertrain.

Rating resmi EPA untuk Tesla Model S 2020

Varian Long Range Plus dapat menempuh jarak sampai 402 mil

Pelek baru dengan desain lebih aerodinamis juga mempengaruhi jarak tempuh Tesla Model S 2020, yakni sekitar 2% dibandingkan model lalu. Begitu juga dengan modifikasi girboks yang memberi dampak serupa.

>>> Jangan lewatkan kabar seputar mobil terbaru di sini

Selain itu, Tesla juga menerapkan mode Hold, yang mengaktifkan regenerative braking yang bekerja di kecepatan rendah dan saat deselerasi.

“Pencapaian besar ini menggambarkan obsesi Tesla terhadap efisiensi dan penghematan energi, dan dilakukan melalui beberapa ubahan, baik secara iteratif ataupun transformasional. Begitu juga pengembangan perangkat keras inti dan arsitektur oleh tim teknik, desain dan produksi Tesla,” ujar pabrikan Amerika ini dalam rilisnya.

“Berbagai ubahan ini sudah mulai diproduksi awal tahun ini saat kami mulai memproduksi Model S Long Range Plus di Fremont, California. Dan saat ini, seluruh Tesla Model S Long Range Plus hadir dengan jarak tempuh 402 mil (645 km)," bunyi keterangan tersebut.

Melaju lebih jauh, harga justru turun

Sebuah Model S sedang dicharge di Tesla Supercharge

Meski jarak tempuh mobil semakin tinggi, harga yang ditawarkan justru lebih murah

Menariknya, improvement yang dihadirkan justru membuat harga Tesla Model S 2020 lebih murah $5.000 (setara Rp 70 juta), dengan Model S Long Range Plus kini dijual di Tesla Configurator mulai dari $69.940 (setara Rp 990 juta).

>>> Berita mobil dari dalam dan luar negeri bisa Anda simak di sini

Share this post:
Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.
 
back to top