Rumor Kehadiran Toyota Fortuner GR Sport Makin Kencang, Pengganti TRD?

03/08/2021

Mobil baru

3 menit

Belakangan ini, rumor bahwa Toyota Fortuner tipe GR Sport akan segera diluncurkan semakin santer terdengar. Apakah mobil ini akan menjadi pengganti tipe TRD?

Rumor ini berkembang usai foto-foto sebuah SUV berbalut kamuflase yang memiliki siluet seperti Toyota Fortuner beredar luas di dunia maya. Jurnalis dan masyarakat pun mulai berspekulasi bahwa mobil tersebut adalah Fortuner GR Sport.

Toyota Thailand diprediksi menjadi yang pertama untuk meluncurkan tipe terbaru SUV populer ini pada akhir 2021. Lantas, bagaimana dengan Indonesia sebagai salah satu pasar terbesar Fortuner?

Tipe-tipe Fortuner Saat Ini

Jika melihat tipe-tipe Toyota Fortuner yang dipasarkan di Tanah Air, rasanya mubazir jika PT Toyota Astra Motor tetap mempertahankan tipe TRD sebagai flagship SUV bermesin bensin dan diesel ini.

>>> Menolak Punah! Toyota Kembangkan Sistem Hybrid untuk Mesin Diesel

Gambar Fortuner SRZ

Tipe SRZ merupakan satu-satunya varian mesin bensin Fortuner

Opsi para calon pembeli Fortuner terbagi menjadi tiga, varian SRZ, VRZ, dan G. Toyota Fortuner 2.7 SRZ dibekali mesin bensin berkode 2TR-FE 2.693 cc dengan konfigurasi 4-silinder segaris Dual VVT-i.

Dikawinkan dengan transmisi otomatis 6-percepatan, Toyota Fortuner SRZ memiliki tenaga 161 HP di putaran 3.400 rpm serta torsi puncak 245 Nm pada 4.000 rpm yang disalurkan ke roda penggerak belakang.

Tipe SRZ menjadi satu-satunya yang menggunakan mesin bensin, karena tipe G dan VRZ dibekali dengan mesin diesel. Dapur pacu yang digunakan sama, yakni mesin diesel 2GD-FTV 2.393 cc dengan tenaga 148 HP dan torsi 400 Nm. Keduanya juga memiliki opsi penggerak roda 4x4.

Yang membedakan tipe G dan VRZ adalah beberapa fitur seperti lampu DRL LED, Smart Entry, Power Back Door, dan kamera parkir. Selain itu, Toyota Fortuner 2.4 G menjadi satu-satunya yang diberikan opsi transmisi manual. Selain itu, semuanya menggunakan transmisi otomatis 6-percepatan.

>>> Lexus Siapkan SUV Berbasis Toyota Yaris Cross tapi Lebih Mewah

Gambar Spyshot Fortuner GR Sport

Salah satu spyshot Fortuner GR Sport yang beredar

Baik Fortuner VRZ dan SRZ memiliki tipe TRD yang dibekali dengan berbagai peningkatan visual seperti body kit dan velg yang sporty. Sepertinya, tipe GR Sport akan menggantikannya dalam waktu dekat.

Kapan Diluncurkan di Indonesia?

Jika PT Toyota Astra Motor sedang menunggu momen yang tepat, GIIAS 2021 bisa menjadi ajang yang menarik untuk memperkenalkan jajaran produk Toyota GR Sport di Indonesia.

GIIAS 2021 sendiri terus diundur sampai kondisi pandemi lebih baik di Tanah Air. Berdasarkan rilis terakhir, November menjadi bulan diadakannya pameran otomotif internasional ini.

Melihat linimasanya, masih banyak waktu bagi Toyota untuk terus mengetes dan mempersiapkan tipe GR Sport jajaran produknya termasuk Fortuner sebelum pelaksanaan GIIAS. Sekarang, kita tunggu saja tanggal mainnya.

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com.

Taufan merupakan lulusan Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya. Lulus di tahun 2017, ia langsung mengejar passion dan ketertarikannya sebagai seorang jurnalis otomotif.

Tak butuh waktu lama, Taufan diterima bekerja di GridOto.com. GridOto.com merupakan kanal berita yang mengulas berbagai hal yang berkaitan dengan otomotif, dari mulai review dan test, berita dalam dan luar negeri, serta tips & trick sebagai panduan bagi para pengguna kendaraan bermotor.

Selama dua tahun bekerja di GridOto.com, Taufan diplot untuk menjadi jurnalis yang serba bisa. Dari mulai mengisi artikel news, tips & trick, test drive & review, menjadi host untuk kanal YouTube GridOto.com, hingga menjadi editor pengganti.

Mengunjungi berbagai pameran otomotif nasional dan internasional, menemui narasumber ATPM, dealer mobil bekas, hingga ke bengkel-bengkel spesialis sudah pernah ia jabani. Taufan pun kerap dipercaya menghadiri ajang media test drive untuk mencoba mobil-mobil baru. Dari LCGC seperti Datsun Go, hingga ke Supercar seperti McLaren 720S.

Di sela-sela pekerjaannya, Taufan adalah petrolhead tulen yang gemar mengoleksi mobil (baik dalam bentuk die cast atau mobil asli) dan mengikuti dunia motorsport roda empat. Hobi membacanya juga membuat Taufan memiliki pengetahuan yang cukup dalam terhadap sejarah dan perkembangan mobil di dunia.

Setelah dua tahun berkarya di GridOto.com, Taufan pun memutuskan untuk rehat di tahun 2019. Selama vakum menjadi jurnalis, ia sempat membuka bisnis detailing dan cuci mobil bersama dengan sahabatnya. Selama berbisnis, ia pun memperdalam pengetahuannya terhadap perawatan mobil.

Di tahun 2021, ia memutuskan untuk kembali ke industri yang ia cintai dengan bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer. Anda akan banyak menemukan tulisan Taufan mengenai berita otomotif dalam dan luar negeri, tips & trick, ulasan teknis mengenai mobil, serta hal-hal yang berkaitan dengan dunia motorsport di website ini.

 
back to top