Lexus Siapkan SUV Berbasis Toyota Yaris Cross tapi Lebih Mewah

30/07/2021

Mobil baru

2 menit

Share this post:
Menyasar padar Jepang dan Eropa, Lexus dikabarkan sedang mempersiapkan SUV kompak berbasis Toyota Yaris Cross namun dengan tampilan yang lebih premium.

Toyota Yaris Cross memang tak populer di Indonesia sejak kedatangan Toyota Raize dan Daihatsu Rocky. Namun mobil ini tetap menjadi salah satu model SUV yang disegani di pasar luar negeri. Terlihat dari bagaimana Lexus akan mengembangkan model barunya mengikuti model SUV kompak hybrid seperti Corolla Cross.

Dibuat lebih premium

Pabrikan mobil mewah milik Toyota ini sedang bersiap untuk memperkenalkan 10 model hybrid, plug-in hybrid, dan mobil listrik bertenaga baterai baru pada tahun 2025. Sebuah laporan terbaru dari majalah Mag-X di Jepang menyebutkan bahwa salah satu mobil premium Lexus akan dibuat berdasarkan Toyota Yaris Cross untuk pasar Jepang, Eropa dan Australia.

Pengembangan baby SUV Lexus ini dimulai pada tahun 2015 dengan dibukanya penelitian mengenai desain LF-SA. Laporan ini semakin menguat pada tahun 2020 setelah Yaris Cross diperkenalkan. Dan beberapa bulan kemudian, Lexus mematenkan merek dagang dengan nama LBX yang disebut akan digunakan untuk model barunya.

platform basis SUV kompak Toyota Yaris Cross
Mobil ini akan menggunakan platform GA-B baru Toyota

>>> Ludes Terjual di IU, Intip Spesifikasi Toyota GR Yaris 2021 Indonesia

Mobil ini nantinya akan menggunakan platform GA-B baru produksi Toyota. Platform berbasis teknologi hybrid yang sama dengan yang digunakan oleh Yaris Cross. Bahkan SUV Lexus LBX dikabarkan akan memiliki dimensi yang hampir sama besar. Mulai dari panjang 4.180 mm, lebar 1.765 mm, dan tinggi 1.560 mm.

Mesinnya kemungkinan besar masih menggunakan model tiga silinder 1,5 liter VVT-i dengan dua motor listrik untuk penggerak roda depan dan tiga motor listrik untuk penggerak semua roda atau AWD-i. Dengan keluaran tenaga 114 hp dan torsi maksimal 120 Nm. Walaupun spesifikasi ini dipercaya masih bisa ditingkatkan untuk model terbarunya.

>>> Penantang Toyota Raize Rilis di China, Meluncur Agustus

Untuk pasar Eropa

Mobil baru Lexus ini dipercaya akan ditempatkan di bawah Lexus UX. Meski tak begitu populer di Indonesia maupun Amerika, segmen ini cukup populer di Eropa. Dimana hampir setiap pabrikan menawarkan satu mobil kompak dengan interior yang lapang dan gaya sporty bagi mereka yang senang berpetualangan.

Selain SUV kompak, Lexus telah mengkonfirmasi bahwa mereka akan meluncurkan versi produksi dari model konsep LF-Z Electrified sebagai mobil listrik pertama mereka. Mobil ini akan berbagi platform dengan Toyota bZ4x dan Subaru Soltera yang akan diperkenalkan nantinya.

>>> Harga mobil Toyota baru dan promo menarik 2021 ada di sini

Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Pertemuannya dengan Cintamobil terjadi pada Oktober 2017, kala Auto Portal sedang mencari penulis-penulis baru untuk mengisi laman berita dan tips di website Cintamobil.com. Masih berkutat dengan kepenulisan, ia mencoba ranah baru; yaitu menulis di bidang otomotif dengan pengetahuan yang bisa dibilang minim.
Mempelajari dunia otomotif memang bukan hal mudah. Tapi sedikit demi menggali informasi dan mulai mengenal penggiat dan media otomotif yang selalu memberi masukan, hingga akhirnya ia mengarungi lebih dalam dunia ‘petrolhead’ ini. Dan bulan demi bulan berlalu. Dari feelance, Padli akhirnya resmi bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Content Writer pada bulan Desember 2018.
Berkenalan dengan nama-nama ‘gaek’ di ranah otomotif Tanah Air, ia mulai ditantang dengan lajur baru; fokus pada SEO (Search Engine Optimization) guna meningkatkan trafik dan kualitas website menjadi ‘mainan’ baru. Sampai saat ini, titelnya sebagai SEO Editor di Cintamobil.com menjadi tantangan terbaru mulai digeluti pemuda yang juga menyukai film dan buku ini.

 
back to top