Mobil Nasional Turki Resmi Diluncurkan, Buah Mimpi Pemerintah

30/12/2019

Mobil baru

3 menit

Share this post:
Mobil Nasional Turki Resmi Diluncurkan, Buah Mimpi Pemerintah
Impian Presiden Tayyib Erdogan agar Turki punya mobil nasional buatan sendiri terwujud, Dan mobil listrik terpilih sebagai mobil nasional Turki pertama.

Sebagaimana negara lain yang memiliki mobil nasional, Turki juga bermimpi punya mobil nasional buatan sendiri. Impian itu akhirnya terwujud, Presiden Turki Recep Tayyib Erdogan meresmikan peluncuran mobil listrik berlabel TOGG sebagai mobil nasional pertamanya pada Jum'at, (27/12/2019).

Foto mobil nasional Turki, TOGG saat diluncurkan

Untuk pertama kalinya pemerintah Turki meluncurkan mobil nasional

Investasi besar

Dikutip dari Reuters, (27/12/2019) mobil nasional sudah lama diimpikan Presiden Erdogan sejak menjabat pertama kali tahun 2014. Tak sekadar sebagai sarana transportasi rakyat, proyek ini juga menjadi salah satu cara pemerintah menunjukkan kepada dunia akan kekuatan ekonomi negeri tersebut.

Terlepas dari apa motif yang melatarbelakangi, proyek mobil nasional Turki menelan investasi yang cukup besar, yaitu sekitar $3,7 miliar atau setara Rp 51 triliun. Biaya tersebut digunakan mulai tahap perencanaan, riset dan pengembangan, penyediaan infrastruktur hingga biaya produksi. Ditargetkan, 13 tahun yang akan datang mobil ini bisa diproduksi sebanyak 175.000 unit per tahun.

Dalam sambutannya saat peresmian, Presiden Erdogan mengatakan mobil nasional Turki ini tidak akan dijual di dalam negeri saja tetapi juga ingin diekspor ke berbagai negara dan menjadi merek global, dimulai dari Eropa. "Kita semua bersama-sama menyaksikan mimpi Turki yang berusia 60 tahun menjadi kenyataan," ujar Presiden merujuk pada rencana yang gagal di masa lalu untuk membangun mobil yang sepenuhnya diproduksi di dalam negeri. "Ketika kita melihat mobil ini di jalan-jalan di seluruh dunia, kita akan mencapai tujuan kita." sambungnya.

>>> Deal, FIAT dan Peugeot Resmi Merger Menjadi Aliansi Otomotif Terbesar Ke-4 di Dunia

Presiden Turki Recep Tayyib Erdogan berpose bersama mobil nasional TOGG

Turki pilih mobil listrik sebagai mobil nasional pedananya

Sebagai kelengkapan, Turki bakal membangun sarana dan infrastruktur pengisian daya mobil atau charging station secara besar-besaran sehingga pada tahun 2022 semuanya sudah siap dioperasikan. Sedangkan untuk model, ada 5 model yang bakal diproduksi dan pemerintah menyatakan bakal membeli sebanyak 30.000 unit pada tahun 2035 untuk digunakan sebagai kendaraan operasionalh.

Label TOGG yang dipakai merupakan akronim dari Turkey's Automobile Initiative Group, yaitu konsorsium yang bertanggung jawab terhadap proyek mobil nasional Turki tersebut. Konsorsium didirikan pada pertengahan 2018 oleh lima perusahaan: Anadolu Group, BMC, Kok Group, operator telepon seluler Turkcell (TCELL.IS) dan Zorlu Holding, induk dari pembuat TV Vestel (VESTL.IS).

Setelah seremoni ini, mobil nasional Turki bakal diproduksi massal pada 2022 dengan model pertamanya adalah SUV kompak.

>>> Memilih MPV atau SUV, Mana yang Lebih Cocok Buat Keluarga?

Pasar mobil di Turki

Turki adalah salah satu negara di Timur Tengah dengan pertumbuhan otomotif yang cukup baik. Dilansir dari Marklines, penjualan mobil di Turki pada November 2019 mencapai 59.565 unit. Dan sepanjang Januari-November 2019 penjualan sudah mencapai angka 399.077 unit. Angka tersebut terbilang cukup baik mengingat populasi penduduk Turki juga jauh lebih kecil dibanding Indonesia. Data dari Woldometers menyebut jumlah penduduk Turki adalah 83.879.497 orang per Desember 2019.

Tidak ada merek yang mendominasi, namun FIAT sukses jadi yang paling favorit dengan penjualan paling tinggi. Disusul di belakangnya ada Renault, ford, VW, Peugeot, Hyundai, Opel, Toyota, Skoda, dan Honda.

>>> Berita mobil terlengkap bisa Anda dapatkan di Cintamobil.com

Share this post:
Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.

Berita lain

Diuji Tabrak, Mobil Nasional Vietnam Dapat Bintang 5 Dari ASEAN NCAP

11/11/2019

Pasar mobil

3 menit

Uji keselamatan yang dilakukan ASEAN New Car Assessment Program (ASEAN NCAP) terhadap mobil nasional Vietnam, Vinfast menghasilkan penilaian terbaik.

Lihat juga

Bukan Hanya Pesawat, Ternyata BJ Habibie Pernah Terlibat Dalam Proyek Mobil Nasional

12/09/2019

Pasar mobil

5 menit

Duka tengah menyelimuti Indonesia, salah satu putra terbaiknya, Bacharudin Jusuf Habibie atau biasa dikenal dengan BJ Habibie menghembuskan nafas terakhirnya dalam usia 83 tahun, Rabu (11/9).

Lihat juga

Mobil Esemka Bukan Mobil Nasional, Lalu?

06/09/2019

Mobil baru

3 menit

Meski jajaran managemen dan pekerja di pabrik diisi oleh orang Indonesia, serta produksinya juga dilakukan secara lokal, PT Solo Manufaktur Kreasi menolak jika mobil Esemka dikatakan sebagai mobil nasional.

Lihat juga

Semester I 2019 Penjualan Mobil Nasional Turun 13 Persen

29/07/2019

Pasar mobil

3 menit

Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) mencatat penjualan mobil nasional di semester I 2019 tidak lebih baik dari tahun lalu, penurunannya mencapai 13 persen.

Lihat juga

Ratusan Pelanggan Dapatkan Vinfast Fadil, Mobil Nasional Vietnam Pertama

21/06/2019

Mobil baru

2 menit

Setelah menunggu sekian lama, Vinfast akhirnya menyerahkan ratusan model terbaru Vinfast Fadil kepada para pelanggan. Sebagai mobil nasional, Vinfast Fadil pun tak kalah dengan pesaingnya dari luar Vietnam.

Lihat juga
 
back to top