Memilih MPV atau SUV, Mana yang Lebih Cocok Buat Keluarga?

07/12/2019

Jual beli

3 menit

Share this post:
Memilih MPV atau SUV, Mana yang Lebih Cocok Buat Keluarga?
Meskipun memiliki kapasitas penumpang yang sama, SUV dan MPV masing-masing memiliki perbedaan. Nah, daripada ragu memilih MPV atau SUV yang terbaik untuk keluaga Anda, mari kita bedah beberapa perbedaan yang dimiliki oleh kedua segmen ini.

Pasar otomotif Indonesia saat ini dikuasai oleh dua segmen, Multi Purpose Vehile (MPV) dan Sport Utility Vehicle (SUV). Sebelumnya, hanya mobil MPV yang memiliki kapasitas 7-seater. Tapi dewasa ini, semakin banyak pabrikan yang menerapkan konfigurasi 7 bangku untuk memuaskan kebutuhan konsumen. Untuk Anda yang sudah berkeluarga, sebaiknya memilih MPV atau SUV?

Ketangguhan SUV

SUV pada awalnya merupakan mobil tangguh yang dipersiapkan untuk menerjang semua medan. Mobil kelas ini mampu dibawa berkendara diperkotaan maupun menghadapi jalanan off-road. Pasalnya ground clearance-nya dibuat cukup tinggi sedangkan suspensinya membawa Anda tetap nyaman walaupun melalui jalan bergelombang. Banyak yang menyebutkan bahwa SUV adalah gabungan sedan dan jip.

Sebagian besar SUV memiliki sistem penggerak empat roda (4x4) atau four-wheel-drive untuk memastikan pengendaraan maksimal di jalanan off-road. Namun segmen SUV terus berevolusi. Sehingga Anda bisa mendapatkan SUV berpenggerak dua roda demi meningkatkan kenyamanan dan efisiensi bahan bakar yang lebih baik.

Sebagian besar mesin SUV berada pada kisaran 1.500 cc atau lebih. Mengingat kerasnya perjalanan yang dipersiapkan, seperti mendaki tanjakan yang terjang. Dengan spek yang tinggi, harganya pun bisa dibilang lebih mahal dibandingkan MPV. Contoh SUV yang bisa Anda dapatkan seperti Mitsubishi Pajero Sport, Toyota Fortuner, Honda CR-V, atau Daihatsu Terios.

>>> 7 Mobil Keluarga Murah Terbaik, Siap Tawarkan Kenyamanan Berkendara Mumpuni

Kenyamanan MPV

MPV sedari dulu dipersiapkan untuk mengangkut penumpang dan barang bawaan yang lebih banyak dibandingkan sedan maupun SUV. Biasanya memiliki kapasitas 7 penumpang, mobil jenis memang bukan dipersiapkan untuk menempuh semua medan jalan. Namun pengendaraannya sangat menyenangkan jika disuruh berkeliling kota.

Bisa dibilang, MPV menjadi salah satu produk terlaris di Indonesia. Karena konsep yang diberikan sangat digemari oleh konsumen Tanah Air. Mobil-mobil MPV seperti Toyota Kijang Innova maupun Isuzu Panther memiliki daya angkut yang lebih banyak. Selain itu, efisiensi bahan bakarnya pun bisa menghemat lebih banyak pengeluaran.

Untuk dapur pacu, Anda bisa menemukan mobil kelas ini memiliki kapasitas mesin mulai dari 1.200 cc. Dikarenakan MPV memang tidak dipersiapkan untuk perjalanan yang ‘mendaki bukit lewat lembah’. Deretan MPV yang bisa Anda temui di Indonesia seperti Toyota Avanza, Mitsubishi Xpander, Honda Freed, atau duo Calya-Sigra.

>>> Mencari mobil keluarga yang pas untuk Anda? Dapatkan daftarnya di sini

Memilih MPV atau SUV?

Masih banyak yang bertanya-tanya tentang pilihan SUV atau MPV untuk dijadikan sebagai mobil keluarga. Bisa dibilang, kedua tipe mobil ini cocok untuk membawa Anda beserta keluarga. Tetapi perbedaannya sebagian besar dipengaruhi oleh kebutuhan dan sensasi berkendara yang ingin Anda rasakan.

Fitur yang disematkan pun tidak memiliki perbedaan yang signifikan. Dimana beberapa MPV model terbaru pun sudah mendapatkan teknologi yang sama dengan SUV. Namun untuk harga, segmen SUV dibanderol lebih mahal, tentu saja dikarenakan beberapa fitur yang disajikan tidak bisa didapatkan oleh pengguna MPV.

kursi Toyota Avanza Veloz berwarna hitam 
Interior Avanza Veloz yang bisa menampung 7 orang dengan lega

Seperti yang kami jelaskan sebelumnya, memilih MPV atau SUV bergantung pada sensasi berkendara yang Anda inginkan. Bagi Anda yang lebih sering berkendara di dalam kota, sesekali ke luar kota bersama keluarga, mobil MPV bisa menjadi pilihan. Selain harganya yang relatif murah, efisiensi bahan bakarnya cukup tinggi.

Untuk Anda yang menginginkan perjalanan bersama keluarga di hari biasa dan berpetualang ke daerah dengan kondisi jalan yang bergelombang, SUV tepat untuk Anda. Ground clearance cukup tinggi dan mesin bisa mengakomodasi perjalanan menanjak. Tentu saja, Anda harus menyiapkan harga yang lebih tinggi dibandingkan MPV, atau bisa dengan membeli mobil bekasnya.

>>> Ikuti terus tips dan trik menarik dari Cintamobil.com

Share this post:
Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Berita lain

7 Mobil Keluarga Murah Terbaik, Siap Tawarkan Kenyamanan Berkendara Mumpuni

12/11/2019

Jual beli

8 menit

Mobil keluarga murah dengan tampilan modern, rasa-rasanya menjadi impian banyak orang. Apakah mobil seperti itu ada? Tentu saja ada, apalagi jika Anda mencari informasinya di situs Cintamobil.com. Berikut kami sampaikan 7 mobil keluarga murah terbaik.

Lihat juga

Komparasi SUV VS MPV: Isuzu Mu-X I-Series VS Toyota Venturer 2.4 Q M/T, Adu Mobil Keluarga Gagah Harga Rp450 jutaan

30/09/2019

Mobil baru

4 menit

Mencari mobil keluarga di Indonesia bisa dibilang sangat banyak pilihan. Mau jenis SUV, ada. Mau jenis MPV, banyak sekali. Tapi kira-kira jika harus memilih mobil keluarga yang nyaman, bisa mengangkut hingga 7-penumpang, bermesin diesel, serta dana di kisaran Rp450 jutaan, apa pilihannya? Silakan simak ulasan Cintamobil.com kali ini

Lihat juga

Butuh Ruang dan Bertenaga? Ini Dia Mobil Keluarga di Bawah Rp200 Juta Terbaik

21/09/2019

Jual beli

5 menit

Ada banyak pilihan mobil di pasar mobil bekas saat ini, terlebih untuk mobil keluarga. Dan berikut beberapa pilihan mobil keluarga di bawah 200 juta terbaik yang dirangkum oleh tim Cintamobil.com untuk Anda.

Lihat juga

Komparasi Baru atau Bekas: Toyota Voxy Baru VS Toyota Alphard Bekas, Pertarungan Citra Mobil Keluarga Mewah ...

30/08/2019

Pasar mobil

5 menit

Jika bicara soal mobil MPV, nama Toyota bisa dikatakan merupakan salah satu pemain serius dan menjadi benchmark sejauh mana tingkatan status mobil keluarga di Indonesia. Apalagi jika Anda memiliki dana Rp500 jutaan, Anda bisa membeli mobil baru Toyota Voxy yang menawarkan kedinamisan sebuah mobil keluarga. Tapi di sisi lain, Anda juga bisa membeli mobil Toyota Alphard bekas yang merupakan model MPV flagship Toyota dengan kemewahan yang spesial. Kira-kira manakah yang terbaik?

Lihat juga

Mencari Sosok Mobil Keluarga Urban Masa Kini

13/05/2019

Pasar mobil

8 menit

Tuntutan kebutuhan mobil keluarga kini tak sekedar berbicara adu kenyamanan. Elemen prestise, dibalut dalam sentuhan kemewahan dan fitur terdepan jadi parameter penting yang dicari oleh keluarga urban masa kini.

Lihat juga