Mobil Listrik Wuling Dijual Rp 60 Jutaan, Ada Lagi yang Lebih Murah?

28/07/2021

Mobil baru

3 menit

Mobil listrik Wuling bakal kedatangan pesaing baru sesama produsen asal China yakni Chery QQ Ice Cream. Akankah harganya lebih murah dari mobil listrik Wuling?

Mobil listrik berukuran mungil tampaknya tengah menjadi tren tersendiri di China. Penjualannya laris manis bak kacang goreng. Hal itu bisa dilihat dari pencapaian Wuling Hongguang Mini EV yang belakangan cukup populer di Negeri Tirai Bambu itu. 

Sejauh ini mobil listrik Wuling yang berukuran mungil itu tengah menjadi sorotan lantaran harga murahnya. Tapi rupanya hal itu menggugah produsen China lain untuk menghadirkan mobil listrik mungil juga.

Adalah Chery yang dikabarkan bakal meramaikan segmen tersebut. Mereka bahkan menghidupkan lagi sebuah nama pada mobil listrik mungil itu. 

mobil listrik Wuling

Chery QQ Ice Cream punya warna menyerupai es krim

>>> Tesla Lewat, Mobil Listrik Mini Wuling Terjual 26.000 dalam Sebulan!

Diharap Bisa Mengulang Kesuksesan Chery QQ

Mobil mungil itu kabarnya akan diberi nama Chery QQ Ice Cream. Ya, Ice Cream rupanya bisa juga dijadikan sebuah nama mobil. Sementara untuk penamaan QQ Anda mungkin sudah lebih akrab. Sekadar pengingat, Cherry pernah memiliki cerita manis dengan QQ. Chery QQ pun pernah masuk ke Indonesia. 

Diharapkan kehadiran Chery QQ Ice Cream ini dapat mendulang kesuksesan yang dulu dicapai oleh QQ hatchback. Sayangnya belum ada penjelasan mendetail soal QQ Ice Cream baik waktu peluncuran dan informasi lainnya. Pun demikian dari besarnya tenaga yang dimiliki serta daya jelajahnya. Kemungkinan besar akan setara dengan Wuling Hongguang Mini EV sang rival utama. 

Dari foto yang dirilis Chery terlihat QQ Ice Cream dibalut warna menyerupai es krim. Wujudnya amat menyerupai Wuling Hongguang Mini EV dari bodinya yang kotak, dua pintu serta ban berukuran mungil. Perbedaan mencolok ada pada lampu depan yang besar dan LED berbentuk huruf 'U'. 

Sekadar gambaran dan bisa menjadi bahan perbandingan, Hongguang Mini EV keluaran Wuling memiliki dimensi panjang 2.917 mm, lebar 1.493 mm, dan tinggi 1.621 mm. Sementara wheelbase-nya hanya 1.940 mm. 

>>> MG HS i-Smart Siap Tantang Wuling Almaz RS, Ini Fitur Canggihnya

Harus Bisa Lampaui Wuling Hongguang Mini EV

Foto mobil listrik Wuling MINI EV tampak samping belakang

Mobil mungil bertenaga listrik tampaknya menjadi tren baru di China

Hongguang Mini EV mengusung motor listrik berkapasitas 13,8 kWh yang bisa memberikan tenaga setara 27 daya kuda. Untuk itu, kecepatan maksimalnya adalah 100 km/jam. Bisa jadi motor listrik di dalam Cherry QQ Ice Cream ini tak berbeda jauh dengan yang diusung Hongguang Mini EV. 

Hongguang Mini EV sanggup memuat empat orang di dalamnya. Namun bila Anda ingin membawa barang banyak, maka dua kursi belakang bisa 'dikorbankan' dengan cara dilipat. Daya jelajah dari Hongguang Mini EV pun bisa mencapai 200 km dalam satu kali pengisian ulang baterai. Atau kalau secara jarak setara dengan Jakarta menuju Bandung. 

Belum lagi harga mobil listrik Wuling berukuran mungil itu cukup terjangkau yakni ditawarkan mulai 28.800 yuan atau setara dengan Rp 61 jutaan. Setidaknya untuk bisa bersaing dengan dengan Hongguang Mini EV, spesifikasi maupun harga Chery QQ Ice Cream harus bisa melampauinya. 

>>> Selain Tesla, 13 Mobil Listrik Juga Dikalahkan Wuling MINI EV

Lulusan Universitas Trisakti ini mengawali karir jurnalis otomotif di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2016. Sebagai jurnalis di bidang otomotif, tentu dituntut untuk mengetahui ragam informasi yang berkaitan dengan mobil, motor, hingga lalu lintas kendaraan. Tidak cuma memiliki pengetahuan soal industri otomotif Tanah Air, bekerja di media mainstream artinya dituntut juga untuk menyajikan berita secara cepat dan akurat. Dengan kemampuan yang dimiliki, sejak saat itu pula mulai dipercaya untuk mengetes ragam mobil baru di Indonesia maupun luar negeri. Tak cuma itu, aneka pameran otomotif berskala nasional dan internasional di berbagai negara juga telah dihadirinya. Pada tahun 2020, memutuskan untuk bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Editor. Roles Sebagai Editor di Cintamobil.com, Dina berperan menulis sekaligus mengedit tulisan agar lebih enak untuk dibaca dan juga mengontrol pemberitaan yang lebih layak. Di samping itu, tetap memantau pergerakan berita di industri otomotif nasional dalam dan juga luar negeri. Specialities Memantau pergerakan berita di industri otomotif sekaligus menulisnya dengan cepat Mengedit berita Experience - GIIAS 2016, 2017, 2018, 2019 - IIMS 2017, 2018, 2019 - IMOS 2016, 2018 - Geneva International Motor Show 2017 - Tokyo Auto Salon 2019

 
back to top