Tesla Lewat, Mobil Listrik Mini Wuling Terjual 26.000 dalam Sebulan!

16/05/2021

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Mobil listrik mini Wuling mampu mencatatkan penjualan yang terus meroket. Tercatat sepanjang April 2021, 26.000 unit Wuling Hong Guang Mini EV terjual

Mobil listrik Mini dari Wuling sanggup menyedot perhatian warga di Negeri Tirai Bambu. Nyatanya dari bulan ke bulan, mobil bernama Wuling Hong Guang Mini EV itu mampu mencatatkan peningkatan penjualan yang signifikan. 

Berdasarkan data yang dihimpun China Passenger Car Association (CPCA) seperti dikutip Inside EV, 26.592 unit Wuling Hong Guang Mini EV terjual pada bulan keempat tahun 2021. Angka ini berkali-kali lipat lebih banyak dari merek lain di China. Sebagai perbandingan, Tesla Model 3 yang penjualannya teratas hanya membukukan 6.264 unit penjualan. 

>>> Wuling Hongguang Mini EV Banjir Pesanan, Sebulan Tembus 50.000 Unit!

Penjualan Wuling Hong Guang Mini EV Terus Meroket

Foto Wuling Hong Guang MINI EV tampak di tempat parkir

Penjualannya sanggup lampaui Tesla

Kemudian BYD Han BEV penjualannya hanya 5.746 unit. Pencapaian Tesla pun lebih rendah dibandingkan bulan sebelumnya. Sedangkan BYD Han dengan angka penjualan 5.746 unit justru mencapai rekor terbaru. 

Pada periode empat bulan tahun 2021, mobil listrik mini Wuling garapan SAIC-GM-Wuling itu hampir terjual 100.000 unit. Sementara bila diakumulasikan sejak awal penjualan kurang lebih telah mencapai 230.000 unit pada akhir April. Pencapaian itu bisa diraih padahal peluncurannya belum sampai setahun. Sekadar mengingatkan, Wuling Hong Guang Mini EV perdana mengaspal di ajang Chengdu Motor Show pada Juli 2020. 

Sudah jelas memang bahwa pasar otomotif China cukup haus akan mobil listrik dengan harga terjangkau. Ya, untuk mobil yang sudah ramah lingkungan harga mobil listrik mini Wuling itu dibanderol mulai 28.800 yuan atau kalau dirupiahkan setara dengan Rp 61 jutaan.

Secara dimensi, Hongguang Mini EV ini memang mungil. Diketahui dimensi mobil ini punya panjang 2.917 mm, lebar 1.493 mm, dan tinggi 1.621 mm. Sementara wheelbase-nya hanya 1.940 mm. 

Foto pengaturan Seater Wuling Hong Guang MINI EV

Tanpa angkut barang mobil bisa muat 4 penumpang

>>> Mobil Listrik Wuling Laris Manis di Pasaran, Kapan Masuk ke Indonesia?

Bisa Tempuh Jarak 200 km dalam Satu Kali Pengecasan

Hongguang Mini EV mengusung motor listrik berkapasitas 13,8 kWh yang bisa memberikan tenaga setara 27 daya kuda. Untuk itu, kecepatan maksimalnya adalah 100 km/jam. 

Mobil ini didaulat sebagai 4-seater city car. Perlu dicatat, ketika Anda ingin membawa barang dalam bagasi maka kursi belakang harus dilipat. Dengan begitu, mobil hanya mampu memuat dua orang di depan ketika Anda membawa barang. 

Foto menunjukkan Wuling Hongguang MINI EV tampak dari samping

Wuling Hong Guang Mini EV sasar kaum muda

Mobil listrik mini ini juga punya kemampuan untuk menempuh siklus berkendara hingga 200 km atau setara Jakarta ke Bandung. Ini tentu pas buat menemani kegiatan sehari-hari, baik itu bekerja ataupun berbelanja. Ukurannya yang mungil juga membuat Hongguang Mini EV bisa diajak melintas di jalan sempit sekalipun. 

>>> Penjualan Wuling Hongguang MINI EV Tembus 33 Ribu Unit

Menjadi jurnalis otomotif di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2016 dan telah memiliki ragam pengalaman menguji mobil hingga mengunjungi pameran otomotif tingkat dunia. Bergabung sebagai Editor di Cintamobil sejak tahun 2020.

Lulusan Universitas Trisakti ini mengawali karir sebagai jurnalis di kanal ekonomi di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2015. Kemudian pada tahun 2016, dipercaya untuk mengisi kanal otomotif. Sebagai jurnalis di bidang otomotif, tentu dituntut untuk mengetahui ragam informasi yang berkaitan dengan mobil, motor, hingga lalu lintas kendaraan. Pun demikian dengan aturan lalu lintas yang berlaku saat ini. 

Tidak cuma memiliki pengetahuan soal industri otomotif Tanah Air, bekerja di media mainstream artinya dituntut juga untuk menyajikan berita secara cepat dan akurat. 

Dengan kemampuan yang dimiliki, sejak saat itu pula mulai dipercaya untuk mengetes ragam mobil baru di Indonesia maupun luar negeri. Adapun ragam mobil yang pernah dicoba antara lain di kelas LCGC, Low MPV, SUV, mobil listrik murni hingga Supercar sekelas Ferrari.

Tak cuma itu, aneka pameran otomotif berskala nasional dan internasional di berbagai negara juga telah dihadirinya. Pada tahun 2020, memutuskan untuk bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Editor.

Experience

  • Tokyo Auto Salon 2019
  • Geneva International Motor Show 2017
  • GIIAS 2016, 2017, 2018, 2019
  • IIMS 2017, 2018, 2019
  • IMOS 2016, 2018
 
back to top