Mesin V12 Ferrari Bakal Lebih Hemat Bahan Bakar

25/10/2019

Mobil baru

5 menit

Share this post:
Mesin V12 Ferrari Bakal Lebih Hemat Bahan Bakar
Mesin V12 Ferrari terbaru sudah dipatenkan. Ada beberapa teknologi baru yang diterapkan oleh pabrikan ini. Antara lain perihal sistem pembakaran di ruang mesin yang katanya bisa membuat mesin lebih efisien bahan bakar.

Membaca judul di atas memang sepertinya agak ambigu. Sebuah mesin 12 silinder namun hemat bahan bakar? Mungkinkah itu? Ya. Itulah yang sedang dirancang bangun oleh para tim teknisi Ferrari.

>>> Presiden FIA Jelaskan Kabar Terbaru tentang Kesehatan Michael Schumacher

Pihak United States Patent and Trademark telah mengeluarkan dokumen pegumuman pada 24 Oktober 2019. Dokumen itu berisi jika pihak Ferrari sudah memiliki hak paten untuk desain mesin baru mereka. Yang dipatenkan adalah mesin V12 Ferrari terbaru.

Ada Dua Metode Pembakaran

gambar paten mesin Ferrari

Ada banyak teknologi baru di mesin ini

>>> Promo mobil baru menarik selalu ada disini

Dalam dokumen tersebut terlihat jika mesin V12 Ferrari ini akan menggabungkan dua metode proses pembakaran yang berbeda. Yaitu antara lain dengan menyuntikkan sejumlah kecil bahan bakar tepat sebelum busi menyala.

Ferrari juga terlihat meningkatkan sistem aliran udara melalui ruang bakar. Ini untuk menciptakan pembakaran yang lebih panas. Dengan menggunakan sistem katalitik, maka akan didapat pula panas yang lebih cepat saat mesin dinyalakan.

Pakai Dua Sistem Busi

Ferrari Design Engine

Gambar paten mesin terbaru Ferrari

>>> Pilihan mobil bekas berkualitas paling lengkap ada disini

Mesin V12 Ferrari ini juga terlihat menggunakan dua sistem busi. Sistem busi pertama diletakkan di atas ruang bakar utama. Saat mengemudi normal, maka campuran udara dan bahan bakar akan terbakar dengan bantuan sistem busi tersebut.

Sementara ketika mobil dalam kondisi idle atau memiliki beban kerja yang rendah, maka busi pada ruang bakar utamalah yang bertugas untuk menciptakan pembakaran. Menurut pabrikan Italia tersebut, kondisi ini membuat mesin V12 Ferrari terbaru bisa lebih efisien.

Ferrari memang memiliki tugas besar pada meisn V12 mereka. Ini karena makin ketatnya regulasi tentang efisiensi bahan bakar dan juga emisi gas buang di Eropa. Disisi lain, pabrikan Kuda Jingkrak itu tetap ingin mempertahankan karakter mesin V12 Ferrari yang sangat khas.

>>> Berita otomotif lainnya baca disini

Share this post:
Prasetyo Adhi
Penulis
Prasetyo Adhi
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Ia menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

Berita lain

Ferrari Enzo “Orange” Dibanderol Rp 49 M

10/05/2017

Pasar mobil

Menurut informasi yang ada supercar tersebut dilepas dengan harga mencapai 3,7 juta dolar Amerika Serikat (AS) atau setara dengan Rp 49,2 miliar.

Lihat juga

Aneh banget! Punya Uang Banyak Belum Tentu Bisa Beli Ferrari

25/04/2017

Pasar mobil

Salah satu sebab yang tidak bisa dibeli dengan uang yang melimpah yakni beberapa mobil Ferrari adalah edisi terbatas. Oleh karena itu Ferrari menjadilah mobil impian bagi banyak orang.

Lihat juga

Ferrari 488 Pista, Kuda V8 Paling Bertenaga Maranello Sarat Nuansa Balap

11/03/2018

Mobil baru

Seri terbaru Ferrari 488 Pista pertama kali diperkenalkan pada Geneva Motor Show tahun ini. Mobil sport seri khusus Ferrari ini mendapatkan pasokan tenaga terkuat dalam sejarah mesin V8 Maranello

Lihat juga

Review Ferrari F12berlinetta 2012: Raungan Mesin Yang Buat Bulu Bergidik

17/01/2019

Editor rate:

Untuk Ferrari F12berlinetta, tak ada lagi kata yang bisa kami sampaikan selain mengesankan. Segala hal detail tentangnya membuat kami terkesima berulang kali, lagi dan lagi. Apalagi raungan mesinnya yang menggelegar bisa membuat semua orang terdiam dan berdecak kagum. Seperti apa sosoknya? Inilah dia review Ferrari F12berlinetta 2012.

Lihat juga

Harga Audi Q5 : Daftar Harga mobil Audi Q5 terbaru September

01/09/2020

Audi

Di jajaran Sport Utility Vehicle (SUV), pihak Audi Indonesia merilis jagoan terbarunya yang dinamai Audi Q5. Diperkenalkan pada ajang GIIAS 2017, Audi Q5 Crossover mengadopsi desain bodi Audi’s Modular Longitudinal pada sedan Audi A5. Kira-kira seperti apa tampilannya? Berapa harga Audi Q5 ini?

Lihat juga