Mesin V12 Ferrari Bakal Lebih Hemat Bahan Bakar

25/10/2019

Mobil baru

5 menit

Mesin V12 Ferrari Bakal Lebih Hemat Bahan Bakar
Mesin V12 Ferrari terbaru sudah dipatenkan. Ada beberapa teknologi baru yang diterapkan oleh pabrikan ini. Antara lain perihal sistem pembakaran di ruang mesin yang katanya bisa membuat mesin lebih efisien bahan bakar.

Membaca judul di atas memang sepertinya agak ambigu. Sebuah mesin 12 silinder namun hemat bahan bakar? Mungkinkah itu? Ya. Itulah yang sedang dirancang bangun oleh para tim teknisi Ferrari.

>>> Presiden FIA Jelaskan Kabar Terbaru tentang Kesehatan Michael Schumacher

Pihak United States Patent and Trademark telah mengeluarkan dokumen pegumuman pada 24 Oktober 2019. Dokumen itu berisi jika pihak Ferrari sudah memiliki hak paten untuk desain mesin baru mereka. Yang dipatenkan adalah mesin V12 Ferrari terbaru.

Ada Dua Metode Pembakaran

gambar paten mesin Ferrari

Ada banyak teknologi baru di mesin ini

>>> Promo mobil baru menarik selalu ada disini

Dalam dokumen tersebut terlihat jika mesin V12 Ferrari ini akan menggabungkan dua metode proses pembakaran yang berbeda. Yaitu antara lain dengan menyuntikkan sejumlah kecil bahan bakar tepat sebelum busi menyala.

Ferrari juga terlihat meningkatkan sistem aliran udara melalui ruang bakar. Ini untuk menciptakan pembakaran yang lebih panas. Dengan menggunakan sistem katalitik, maka akan didapat pula panas yang lebih cepat saat mesin dinyalakan.

Pakai Dua Sistem Busi

Ferrari Design Engine

Gambar paten mesin terbaru Ferrari

>>> Pilihan mobil bekas berkualitas paling lengkap ada disini

Mesin V12 Ferrari ini juga terlihat menggunakan dua sistem busi. Sistem busi pertama diletakkan di atas ruang bakar utama. Saat mengemudi normal, maka campuran udara dan bahan bakar akan terbakar dengan bantuan sistem busi tersebut.

Sementara ketika mobil dalam kondisi idle atau memiliki beban kerja yang rendah, maka busi pada ruang bakar utamalah yang bertugas untuk menciptakan pembakaran. Menurut pabrikan Italia tersebut, kondisi ini membuat mesin V12 Ferrari terbaru bisa lebih efisien.

Ferrari memang memiliki tugas besar pada meisn V12 mereka. Ini karena makin ketatnya regulasi tentang efisiensi bahan bakar dan juga emisi gas buang di Eropa. Disisi lain, pabrikan Kuda Jingkrak itu tetap ingin mempertahankan karakter mesin V12 Ferrari yang sangat khas.

>>> Berita otomotif lainnya baca disini

Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top