Mercedes-Benz CLA VS Mercedes-Benz A-Class Sedan: Lima Hal Pembeda Mobil Kompak Mercedes-Benz Terbaru

24/10/2019

Mobil baru

3 menit

Mercedes-Benz CLA VS Mercedes-Benz A-Class Sedan: Lima Hal Pembeda Mobil Kompak Mercedes-Benz Terbaru
Sekilas Mercedes-Benz Mercedes-Benz CLA maupun Mercedes-Benz A-Class Sedan berada dalam konsep yang hampir serupa sama dan saling bersinggungan. Namun nyatanya ada beberapa perbedaan antara kedua keluarga baru Mercedes-Benz ini.

Semenjak adanya famili New Generation Compact Cars di keluarga Mercedes-Benz, konsep mobil kompak semakin digalakkan demi menggaet segmen pasar generasi millenials, yang secara tidak langsung agak keluar dari pakem utama Mercedes-Benz yang menggaet pangsa pasar eksekutif dan keluarga sukses nan premium.

Kalau bicara model sedan, di keluarga NGCC Mercedes-Benz sudah hadirnya Mercedes-Benz CLA, dimana mobil ini menjadi representasi hadirnya Mercedes-Benz di segmen sedan kecil premium. Kesuksesan CLA yang dianggap sebagai versi kompak dari Mercedes-Benz CLS memang terbukti dari angka penjualan yang signifikan, sejak 2013 tercatat terjual sekitar 750 ribu unit di seluruh dunia.

Peluncuran Mercedes-Benz CLA di CES 2019

Peluncuran Mercedes-Benz CLA (C118) di CES 2019 siap melanjutkan kesuksesan CLS generasi awal

Dan pada ajang CES 2019 yang baru saja bergulir Rabu (8/1) lalu, Mercedes-Benz menghadirkan kembali generasi kedua Mercedes-Benz CLA yang kini menggunakan basis struktur MFA2 (Modular Front Architecture 2). Hanya saja, debut Mercedes-Benz CLA bagi kami agak sedikit terganjal satu hal. Kami meyakini bagi para penikmat Mercedes-Benz pasti akan kebingungan melihat Mercedes-Benz CLA generasi kedua ini, yang nyatanya identik dengan Mercedes-Benz A-Class Sedan.

Meski keduanya sama-sama satu basis MFA2, plus sama-sama merupakan keluarga baru NGCC fase kedua, namun baik CLA dan A-Class Sedan memiliki pendekatan berbeda. Dalam rilis resmi Mercedes-Benz, CLA tetap diposisikan sebagai four-door compact coupé, sedangkan A-Class sedan diposisikan four-door sedan. Singkat kata, Mercedes-Benz CLA adalah versi ‘mini’ dari CLS, dan A-Class Sedan adalah versi ‘mini’ dari C-Class.

Penampilan Serupa Mercedes-Benz CLA & A-CLass Sedan

Kemiripan Mercedes-Benz CLA dan Mercedes-Benz A-Class Sedan

Kalau mau diulas lebih detil, ada beberapa hal yang  bisa menjadi pembeda antara kedua model kompak yang diluncurkan di akhir 2018 (A-Class Sedan) dan awal 2019 (CLA) ini. Dan berikut adalah perbedaan Mercedes-Benz CLA dan Mercedes-Benz A-Class Sedan.

>>> Review Mercedes-Benz CLA-Class 2019: A-Class yang Lebih Sporty dan Berteknologi

1. Dimensi

Perbedaan dimensi Mercedes-Benz CLA & A-Class Sedan

Salah satu perbedaan antara Mercedes-Benz CLA (C118) dan A-Class Sedan (V177) ialah dari segi dimensi

Berdasarkan data spesifikasi, Mercedes-Benz CLA generasi kedua berkode C118 memiliki dimensi 4.688 x 1830 x 1439 mm (panjang x lebar x tinggi). Jika mengacu pada capaian dimensi tersebut, maka Mercedes-Benz A-Class Sedan berkode V177 sejatinya lebih mungil karena lebih pendek lebih pendek 139 mm, kurang lebar 34 mm, dan lebih tinggi 7 mm. Menariknya, secara wheelbase justru sama antara kedua mobil ini sama persis 2729 mm.

>>> Tak Ragu Kemanapun, Mercedes Kembangkan Teknologi Pendeteksi Area Berbahaya

2. Eksterior

Kalau melihat dengan kacamata awam, kami yakini Anda akan merasa bentuk kedua model ini sama. Padahal jika diperhatikan secara mendetail dari sektor eksterior ada beberapa detil yang bisa membedakan kedua model ini.

Beda muka depan Mercedes-Benz CLA vs A-Class Sedan

Eksterior Depan Mercedes-Benz CLA dan Mercedes-Benz A-Class Sedan

Dari eksterior depan, sekalipun jika diperhatikan bentuk grille serupa, dengan detil bumper yang mirip2, tapi ada 2 desain yang membedakan kedua model ini. Pertama adalah area kap mesin, dimana untuk kap mesin A-Class Sedan dibuat lebih clean dan CLA memiliki dua garis vertikal di tengah kap mesin yang lebih dikenal sebagai ‘powerdome’ untuk menampakkan kesan performa tinggi dari CLA. Di sisi lain headlight CLA dibuat lebih besar dan sensual ketimbang A-Class Sedan, di mana di area dalam headlight CLA terdapat detil DRL di bawah headlight yang mempertegas lekuk headlight ini.

Beda tampak samping Mercedes-Benz CLA vs A-Class Sedan

Eksterior Samping Mercedes-Benz CLA dan Mercedes-Benz A-Class Sedan

Bergeser ke sisi samping, bisa dikatakan lekuk CLA dibuat lebih lembut dan tidak setegas lekuk A-Class Sedan yang memanjang dari headlight hingga ke sisi taillight. Selain itu, untuk CLA masih menggunakan format kaca pintu frameless, sedangkan A-Class Sedan masih menggunakan format kaca pintu biasa. Di sisi lain, bentuk atap CLA pun lebih didesain layaknya coupé dengan titik melandai ke buritan belakang mulai dari pilar B, sedangkan A-Class Sedan memiliki atap lebih normal dan baru mulai melandai ke buritan belakang dari titik tengah pintu belakang.

Beda tampak belakang Mercedes-Benz CLA & A-Class Sedan

Eksterior Belakang Mercedes-Benz CLA dan Mercedes-Benz A-Class Sedan

Perbedaan signifikan antara kedua model ini baru terasa saat melihat buritan belakang, dimana desain taillight Mercedes-Benz CLA dibuat lebih pipih dan Mercedes-Benz A-Class Sedan dibuat lebih membulat. Posisi plat nomor juga berbeda, untuk Mercedes-Benz CLA ditempatkan di area bumper bawah, sedangkan A-Class Sedan ditempatkan di area pintu bagasi belakang. Dan Mercedes-Benz CLA memiliki detil diffuser yang ada di antara twin tailpipe, sedangkan A-Class sedan hanya sekedar twin tailpipe saja.

>>> Klik sini untuk update harga dan promo mobil Mercedes-Benz lainnya

3. Interior

Beda dashboard Mercedes-Benz CLA vs A-Class Sedan

Desain Dashboard Mercedes-Benz CLA dan Mercedes-Benz A-Class Sedan

Butuh kacamata detil untuk memahami bedanya area dashboard dan setir Mercedes-Benz CLA dan Mercedes-Benz A-Class Sedan. Mulai dari setir, format dashboard, sampai ke dua layar 10.25 inci untuk instrument cluster dan MBUX sama identik antara kedua model ini. Hanya saja, ada beberapa detil yang dibuat berbeda seperti penggunaan detil panel trim, garis dan corak warna ambient light, serta warna interior secara keseluruhan.

Beda Jok Mercedes-Benz CLA vs A-Class Sedan

Bentuk Jok depan Mercedes-Benz CLA dan Mercedes-Benz A-Class Sedan

Dan perbedaan paling signifikan baru terasa di area jok depan, dimana CLA sama seperti generasi sebelumnya menggunakan format jok semi bucket tanpa bisa diatur area headrest, sedangkan A-Class Sedan masih bisa diatur tingkat ketinggian headrest-nya. Sedangkan material yang digunakan bisa berbeda tergantung trim yang digunakan di kedua mobil kompak Mercedes-Benz ini.

>>> Untuk mengetahui informasi harga dan promosi mobil menarik lainnya, silakan klik sini

4. Fitur

Mengingat mobil kompak Mercedes-Benz ini menyasar kalangan generasi muda yang melek dunia digital, soal fitur kedua model ini sangat mengedepankan kecanggihan sistem informasi MBUX (Mercedes-Benz User Experience) yang sudah ditanamkan pada kedua model ini. Namun khusus untuk model Mercedes-Benz CLA sudah dibekali pengembangan MBUX yang lebih canggih dibandingkan MBUX pada Mercedes-Benz A-Class Sedan.

Sistem Mercedes-Benz User Experience

Interface Mercedes-Benz User Experience (MBUX)

Berdasarkan informasi saat peluncuran di CES 2019, sistem MBUX di Mercedes-Benz CLA memiliki kemampuan voice control ‘Hey Mercedes’ yang lebih bisa menerima input pesan linguistik lebih kompleks. Selain itu Mercedes-Benz CLA juga sudah dibekali MBUX Interior Assist yang memungkinkan beberapa fitur di dalam kabin bisa diaktifkan via gestur, semisal pencahayaan di dalam kabin.

>>> Baca informasi review mobil terlengkap di sini

5. Performa

Performa Mercedes-Benz CLA VS A-Class Sedan

Mercedes-Benz CLA menggunakan mesin lebih kencang dibanding Mercedes-Benz A-Class Sedan

Di balik ruang kap mesin, kedua mobil ini ternyata memiliki jantung pacu yang cukup berbeda dari segi performa. Ya. Untuk Mercedes-Benz CLA menggunakan mesin 2.0 liter 4-silinder turbo dengan transmisi 7G-DCT berkekuatan 225 dk dan torsi 350 Nm. Sedangkan untuk Mercedes-Benz A-Class Sedan saat ini masih menggunakan mesin 1.33 liter 4-silinder turbo dengan transmisi serupa 7G-DCT dengan kekuatan 163 dk dan torsi 250 Nm. Kedua model ini sama-sama sudah dibekali teknologi berkendara mutakhir yang diturunkan dari S-Class, seperti Active Distance Assist DISTRONIC, Active Emergency Stop Assist, Active Lane Change Assist, Active Brake Assist, Active Lane Keeping Assist , dan PRE-SAFE® PLUS.

Bertepat di She’s Mercedes, Jakarta Selatan, Mercedes-Benz memperkenalkan varian sedan pertama A-Class di Indonesia. Harga Mercedes-Benz A 200 Sedan Progressive Line saat ini dibanderol Rp799 juta (OTR). Sedan kompak ini pun sudah bisa didapatkan di diler resmi Mercedes-Benz. Sebaliknya, harga Mercedes-Benz CLA 200 AMG Line tentu saja lebih tinggi dibandingkan A-Class, yaitu mulai dari Rp829 juta (OTR).

 
back to top