Review Mercedes-Benz CLA-Class 2019: A-Class yang Lebih Sporty dan Berteknologi

09/01/2019
editor rate: 4,6 user rate: 4,0
Tak pernah kehabisan ide untuk memberikan kenyamanan maksimal bagi konsumennya, Mercedes kembali mengeluarkan Mercedes-Benz CLA-Class 2019 serba baru yang diresmikan pada pameran teknologi terbesar dunia di Las Vegas, Consumer Electronic Show 2019, mengisyaratkan penambahan besar-besaran pada teknologi berkendara CLA.

PENGANTAR Mercedes-Benz CLA 2019

Review Mercedes-Benz CLA-Class 2019 - Mercedes-Benz CLA-Class 2019 merupakan mobil eksekutif subkompak generasi kedua dari iterasi pertama yang diproduksi Mercedes-Benz sejak 2013. Generasi pertama mulai dijual di Eropa pada April 2013 kemudian diperkenalkan di Amerika pada September 2013, pasar terbesar tentu saja Eropa Barat dan Amerika. Meskipun begitu, penjualan CLA kumulatif global mencapai 100.000 unit pada tahun pertama. Disebut sebagai ‘peluncuran terbaik kami dalam 20 tahun’ oleh Mercedes.

generasi pertama Mercedes-Benz CLA-Class berwarna putih

Generasi pertama Mercedes-Benz CLA-Class 2013

CLA yang diposisikan di atas A-Class tetapi di atas C-Class dalam rentang model Mercedes saat ini memulai debut generasi kedua di CES di Las Vegas, membuat kesan yang jauh lebih baik dibandingkan generasi pertama yang terkesan terlalu kekar dan gemuk. Memiliki tampilan sebagai mini-CLS, tetapi tidak dengan proporsi penggerak roda depan dan detail desain yang lebih agresif namun tidak meninggalkan tampilan premiumnya.

"[Generasi baru CLA] ini mengesankan dengan proporsi sempurna yang mencerminkan sketsa desain pertama: kap mesin yang panjang dan memanjang, rumah kaca yang kompak, trek lebar dengan lengkungan roda yang terbuka dan ujung belakang GT khas kami dengan 'bahu botol Coke’ yang khas," kata Gorden Wagener, Chief Design Officer Daimler AG.

Mercedes-Benz CLA-Class 2019 berwarna hitam di jalan

Dibuat lebih kompak, ini dia Mercedes-Benz CLA-Class 2019

Peluncuran pertama mobil ini pada pameran elektronik menunjukan bagaimana Mercedes memberikan berbagai peningkatan, khususnya pada sektor teknologi berkendara. Meskipun diperkenalkan awal tahun, Mercedes berencana memasarkan mobil ini pada kuartal akhir 2019. Namun sebelum itu, simak review Mercedes-Benz CLA-Class 2019 dari Cintamobil.com berikut ini.

EKSTERIOR Mercedes-Benz CLA 2019

CLA berada pada platform baru yang juga digunakan untuk menopang A-Class. Dan Mercedes mengatakan peningkatan suspensi dan kemudi menjadikannya sebagai penggerak terbaik dari semua model kompak baru Mercedes. Memiliki bentuk umum yang sama dengan generasi terdahulu, eksterior Mecedes-Benz CLA-Class 2019 bisa dibilang merupakan versi yang lebih sporty dibandingkan A-Class.

Review Mercedes-Benz CLA-Class 2019: Eksterior Depan

tampilan depan Mercedes-Benz CLA-Class 2019 berwarna hitam

Eksterior depan Mercedes-Benz CLA-Class 2019

Dibandingkan dengan generasi pendahulunya, eksterior depan Mercedes-Benz CLA-Class 2019 terlihat jauh lebih baik berkap kap yang lebih rendah serta fasia depan baru dengan lampu depan lebih kecil. Lampu depan LED memiliki desain yang terintegrasi. Tambahan maskulin desain depan dengan intake udara yang mendapatkan bilah nan sporty dan aksen orange pada bagian bawah bumper.

Review Mercedes-Benz CLA-Class 2019: Eksterior Samping

tampilan samping Mercedes-Benz CLA-Class 2019 berwarna hitam

Eksterior samping Mercedes-Benz CLA-Class 2019

Menggunakan platform A-Class, CLA tumbuh 48 mm lebih panjang, 50 mm lebih lebar, dan mengendarai wheelbase yang lebih panjang 28 mm. Dilihat dari eksterior samping Mercedes-Benz CLA-Class 2019, mobil ini terlihat lebih rendah dibandingkan generasi sebelumnya dan sedikit lebih besar dari sedan A-Class. Tidak ada lagi lengkungan yang tajam seperti pada generasi pertama, diganti dengan desain samping yang lebih mulus. Fitur eksterior standar memberikan Anda pelek 18 inci sebagai standar, dengan opsi 19 inci tersedia.

Review Mercedes-Benz CLA-Class 2019: Eksterior Belakang

tampilan belakang Mercedes-Benz CLA-Class 2019 berwarna hitam

Eksterior belakang Mercedes-Benz CLA-Class 2019

Pada bagian buritan, Anda bisa melihat perubahan terbesar adalah pada style bodi mobil ini. Dirancang untuk meniru bentuk coupé, CLA mengorbankan ruang kepala di belakang demi memuluskan garis eksterior belakang Mercedes-Benz CLA-Class 2019 dan membuatnya lebih menarik secara visual. Sedangkan untuk lampu belakang, CLA sudah mendapatkan lampu belakang LED yang lebih tipis dan menarik dibandingkan pendahulunya.

>>> Mungkin Anda juga tertarik:

INTERIOR Mercedes-Benz CLA 2019

Seperti desain A-Class yang menjadi basis mobil ini, bagian kabin terlihat memberikan nuansa perpaduan A-Class dipadukan tampilan mewah S-Class. Sedangkan untuk pelengkap, interior Mercedes-Benz CLA-Class 2019 dilengkapi dengan panoramic sunroof.

Review Mercedes-Benz CLA-Class 2019: Dasbor

dasbor Mercedes-Benz CLA-Class 2019 berwarna hitam dan krom

Dasbor Mercedes-Benz CLA-Class 2019

Perubahan terbesar yang dapat ditemukan di dalam, di mana CLA menggunakan teknologi teranyarnya, dimulai dari tampilan layarnya. Sepasang layar 7 inci untuk panel instrumen dan dasbor Mercedes-Benz CLA-Class 2019 merupakan fitur standar. Namun Anda bisa memasang layar opsional 10.25 inci, dua layar yang lebih besar berbagi dan bergabung, terlihat menjadi satu layar besar yang saling melengkapi.

Review Mercedes-Benz CLA-Class 2019: Kemudi

kemudi Mercedes-Benz CLA-Class 2019 berwarna hitam dan krom

Kemudi Mercedes-Benz CLA-Class 2019

Masih menghadirkan berbagai tombol fitur, perbedaan kemudi Mercedes-Benz CLA-Class 2019 dengan generasi sebelumnya terdapat pada aksen krom pada bagian tengah kemudi. Desain baru dari setir berbalut kulit generasi kedua dengan bagian bawah datar atau flat bottom. Bantuan pengemudi yang ditambahkan termasuk bantuan kemudi aktif untuk menjaga kendaraan tetap berada di tengah jalur.

Review Mercedes-Benz CLA-Class 2019: Kursi

Layaknya mobil mahal, kursi bucket memberikan kenyamanan selama berkendara. Salah satu perubahan pada mobil ini terdapat ketika pengemudi mencapai kursi Mercedes-Benz CLA-Class 2019 yang sedang tidak diduduki, mobil mengenali bahwa ia mungkin sedang mencari sesuatu dan menerangi area tersebut secara otomatis.

kursi kulit berwarna hitam pada Mercedes-Benz CLA-Class 2019

Kursi Mercedes-Benz CLA-Class 2019

Masih menjadi masalah bagi CLA adalah dimensi eksterior yang kecil menjadikan kabinnya sempit. Meskipun telah lebih panjang dan lebar dibandingkan pendahulunya, dimensi interior untuk ruang kaki dan ruang kepala hampir tidak berubah. Menunjukan kursi belakang yang masih terlalu kecil untuk penumpang dewasa, terlebih dalam perjalanan panjang.

>>> Baca juga:

FITUR Mercedes-Benz CLA 2019

Seperti A-Class, CLA tersedia dengan iterasi infotainment terbaru Mercedes yang disebut dengan MBUX (Mercedes-Benz User Experience). Sistem ini akan mempermudah pengemudi untuk menggunakan sebagian besar fitur yang terdapat di dalam mobil melalui perintah suara. Anda hanya perlu mengatakan “Hai, Mercedes” dan membuat perintah suara, seperti pada ponsel cerdas Anda. Singkatnya, sistem ini meniru fitur pada Google Assistant, Siri, atau Amazon Alexa.

Salah satu fitur Mercedes-Benz CLA-Class 2019 yang baru adalah teknologi semi otonom yang pertama kali melakukan perjalanan ke pasar S-Class yang mampu menyesuaikan kecepatan ketika berbelok. Sistem navigasi pintar dari A-Class juga tersedia menggunakan augmented reality yang ditampilkan pada layar 7 inci pada sistem kluster manajemen.

fitur dan ventilasi pada dasbor Mercedes-Benz CLA-Class 2019

Berbagai fitur dalam dasbor Mercedes-Benz CLA-Class 2019

Review Mercedes-Benz CLA-Class 2019: Fitur Keselamatan Aktif

Seperti layaknya peningkatan kendaraan Mercedes sebelumnya, pabrikan asal Jerman ini meletakkan berbagai fitur keselamatan aktif Mercedes-Benz CLA-Class 2019 sebagai standar. Misalnya rem otomatis tabrakan depan, bantuan kemudi crosswind, dan monitor untuk perhatian pengemudi menjadi standar. Tetapi perkembangan menarik di bagian keamanan depan CLA adalah opsional, yaitu Parking Assistance Package yang memasukan sistem kamera 360 derajat dan Driver Assistance Package.

Driver Assistance Package telah ditingkatkan, seperti pada fungsi kamera dan radar. Mercedes mengatakan sistem sekarang bisa melihat hingga 500 meter di depan mobil. Termasuk lane keep assist, pengereman aktif dengan peringatan lalu lintas depan, pembacaan rambu batas kecepatan, blind spot assist, dan kontrol jelajah aktif yang bisa dikaitkan dengan navigasi untuk membaca tikungan di depan, pintu masuk dan keluar tol, serta menyesuaikan kecepatan mobil secara otomatis.

>>> Mungkin Anda ingin baca:

OPERASI Mercedes-Benz CLA 2019

Untuk mendukung tampilan sporty CA dan membedakannya dari kelas A yang lebih rendah, model baru hanya akan ditawarkan dalam bentuk CLA250. Sedangkan sistem operasi Mercedes-Benz CLA-Class 2019 mengusung turbocharged 2.0 liter empat segaris yang menghasilkan tenaga 221 daya kuda dan torsi 350 Nm. Lebih kuat 33 daya kuda dan 50 Nm dibandingkan Mercedes-Benz A220.

mesin 2.0L Turbo Inline 4-Cylinder Mercedes-Benz CLA-Class 2019 berwarna hitam

Mesin Mercedes-Benz CLA-Class 2019

Penggerak roda depan merupakan pilihan standar, plus kehadiran versi penggerak semua roda 4Matic. Kopling ganda tujuh kecepatan otomatis merupakan satu-satunya pilihan transmisi. Mercedes tidak memberikan perkiraan kinerja untuk CLA baru, tetapi percepatan seharusnya lebih baik dibandingkan 6.1 detik yang didapatkan pada A220.

>>> Tak Ragu Kemanapun, Mercedes Kembangkan Teknologi Pendeteksi Area Berbahaya

spesifikasi Mercedes-Benz CLA 2019

Baru saja diluncurkan Rabu, (9/1) di Amerika, CLA yang akan dipasarkan diprediksi hanya CLA 250. Untuk itu, lihat kembali spesifikasi Mercedes-Benz CLA-Class 2019 berikut ini.

Dimensi Mercedes-Benz CLA-Class 2019

Panjang x Lebar x Tinggi

4.688 mm x 1.830 mm

Jarak Poros Roda

2.729 mm

Bagasi

460 liter

Mesin Mercedes-Benz CLA-Class 2019

Tipe Mesin

2.0 liter Turbocharger 4 silinder segaris

Tenaga Maksimal

221 dk

Torsi Maksimal

350 Nm @ 1.800 – 4.000 rpm

Transmisi

Tujuh Percepatan Otomatis Dual Kopling 7G-DCT

Kaki-Kaki Mercedes-Benz CLA-Class 2019

Suspensi

Adaptive Damping

Velg

18 Inci, dan 19 Inci Opsional

kelebihan & kekurangan Mercedes-Benz CLA 2019

Memang, CLA tak ubahnya sebagai A-Class yang mendapatkan tampilan yang lebih sporty dan berteknologi tinggi. Tapi apa saja perubahan serta kelebihan dan kekurangan Mercedes-Benz CLA-Class 2019?

Kelebihan

Kekurangan

Desain luar yang lebih mulus dan maskulin dibandingkan generasi pertama

Tak ubahnya seperti A-Class

Kucuran teknologi baru yang ditambahkan, terlebih untuk fitur bantuan mengemudi

Tampilan belakang mengorbankan ruang kepala untuk penumpang belakang, meskipun lebih besar dibandingkan pendahulunya

Mesin yang lebih bertenaga dan efisien

daftar harga Mercedes-Benz CLA 2019

Bahkan untuk pasar Amerika saja, harga Mercedes-Benz CLA-Class 2019 masih belum diungkapkan. Tentu saja, dengan penjualan baru dilakukan akhir 2019 nanti, terlalu cepat bagi Mercedes menawarkan harga mobil ini. Meskipun jika dibandingkan dengan harga CLA saat ini di Indonesia yang terpantau Rp 785 jutaan untuk varian CLA 200 AMG Line dan RP 1.3 Miliar untuk Mercedes-AMG CLA 45, bisa dibilang harga mobil ini akan lebih tinggi. Mengingat peningkatan teknologi dan mobil yang dibawa utuh dari luar negeri, Cintamobil.com memprediksi mobil ini akan dijual dengan harga Rp 800 jutaan.

>>> Klik sini untuk update harga dan promo mobil Mercedes-Benz lainnya

Video Mercedes-Benz CLA 2019

CLA 2019 baru diperkenalkan pada perhelatan akbar teknologi CES 2019. Mercedes berbagi debut mobil melalui video streaming pada kanal YouTube mereka. Ingin melihat pengungkapan mobil ini? Lihat kembali video Mercedes-Benz CLA-Class 2019 berikut ini.

KESIMPULAN Mercedes-Benz CLA 2019

Mercedes-Benz CLA-Class 2019 yang serba baru memberikan tampilan desain yang lebih tajam dibandingkan generasi sebelumnya. Dari ujung depan yang dibuat lebih maskulin dan perubahan bagian ekor (meskipun mengorbankan ruang kepala bagi penumpang belakang) membuat CLA 2019 lebih futuristik. Tambahan teknologi pada co-pilot onboard dan kemudahan penggunaan memperkuat gagasan visual generasi kedua.

Mercedes-Benz CLA-Class 2019 berwarna hitam di jalan

Lebih bertenaga dan mulus, Mercedes-Benz CLA-Class 2019

Meskipun begitu, tak salah jika kita melihat bagaimana mobil ini hanya digunakan sebagai tampilan A-Class yang lebih sporty. Sedangkan ruang kepala belakang dan bagasi masih menjadi masalah besar bagi pengemudi yang ingin membawa penumpang dewasa serta barang bawaan yang banyak. Tentu saja, pasalnya mobil ini sedari awal berada dalam segmen coupé empat pintu milik Mercedes. Tetapi untuk kemudahan berkendara dan tampilan menawan, Mercedes-Benz CLA-Class 2019 merupakan pilihan utama.

Padli Nurdin
 

Ulasan anda

Rate
0,0/ 5,0

Cari review mobil