Mazda MX-5 Terbaru Akan Jadi Mobil Hybrid?

02/12/2019

Mobil baru

4 menit

Mazda MX-5 Terbaru Akan Jadi Mobil Hybrid?
Telah menjadi sportscar mungil ikonik selama 30 tahun terakhir, identitas Mazda MX-5 akan berubah menjadi sebuah mobil hybrid dengan rencana pengembangan generasi kelima yang masih berjalan.

Sejak diperkenalkan untuk pertama kalinya pada 1989 Chigago Auto Show, Mazda MX-5 Miata berhasil jadi sportscar favorit dengan dimensi mungil, bobot ringan, serta sensasi berkendara yang mengasyikkan. 30 tahun berselang, teknisi Mazda mulai memikirkan konsep generasi kelima MX-5 untuk menggantikan generasi keempat (ND) yang sudah beredar empat tahun.

>>> Wah, Mazda siapkan penerus RX8, seperti apa?

Berbicara dengan Autocar, R&D Director Mazda, Ichiro Hirose mengatakan hal utama yang membuat Mazda MX-5 sangat menyenangkan untuk dikendarai, dimensi kompak serta bobot ringan, akan tetap dipertahankan untuk generasi kelima. Meski demikian, roadster mungil Mazda ini masih akan mendapatkan beberapa perubahan signifikan untuk menyesuaikan tren di dunia otomotif untuk tetap bertahan, khususnya di segmen niche seperti sportscar.

Salah satunya adalah konsep Mazda MX-5 Miata hybrid, yang bisa dibilang sejalan dengan regulasi emisi yang semakin ketat. Dan juga tren elektrifikasi yang sedang marak beberapa waktu terakhir.

Evolusi Mazda MX-5 dari generasi ke generasi

Mazda MX-5 jadi salah satu sportscar favorit selama 30 tahun terakhir

>>> Sedang cari mobil? Kami punya banyak pilihan untuk Anda

“Kami akan melihat powertrain terbaik untuk membuat mobil ini ringan, namun karena berbagai persyaratan dan preferensi, kami harus melihat berbagai opsi lainnya. Saya belum memiliki jawabannya saat ini, tapi kami harus membuat mobil yang bisa dimiliki orang-orang tanpa khawatir mereka tidak ramah lingkungan,” ujar Hirose kepada Autocar.

Keputusan mengubah pakem Mazda MX-5 menjadi sebuah sportscar hybrid bukan tanpa tantangan, khususnya soal bobot mobil. Dengan powertrain hybrid yang lebih berat dari mesin MX-5 saat ini, teknisi Mazda tentu harus memutar otak untuk memangkas bobot Miata generasi berikutnya.

Dua varian Mazda MX-5 30th Anniversary Edition

Mazda MX-5 30th Anniversary Edition hadir dalam dua model, soft top dan hard top

Sebagai pembanding, Mazda MX-5 generasi kempat yang beredar di pasaran saat ini memiliki bobot paling ringan 1.057 kg. Dan memperingati 30 tahun MX-5, Mazda memperkenalkan edisi khusus 30th Anniversary Edition yang hanya dibuat terbatas 3.000 unit di seluruh dunia.

>>>  Selalu update kabar mobil baru di sini

Hadir dalam dua varian, soft top dan hard top, Mazda MX-5 Miata 30th Anniversary Edition mendapatkan warna khusus Racing Orange dan menggunakan pelek Rays berbahan forged alumunium serta berbagai ubahan lain baik secara interior ataupun eksterior.

>>> Berita otomotif lainnya bisa Anda lihat di sini

Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.
 
back to top